Pengelolaan Stres di Tengah Pandemi

Jakarta – RumahMillennials.com |Demi meningkatkan pengetahuan dalam manajemen stres yang baik agar masyarakat dapat bertahan dan melewati masa pandemi COVID-19 ini, Rumah Millennials Indonesia mengajak Social Connect untuk bekerja sama dalam kegiatannya yang bernama MPD atau Millennials Professional Development yang mengusung tema “Stress Management di Tengah Pandemi”. Kegiatan webinar ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 3 Oktober 2021 dan diselenggarakan secara online melalui media Zoom Meetings. Dalam kegiatan ini, Putu Rarasati selaku Medical Expert dari Social Connect hadir untuk membagikan materi.

Adapun kegiatan mengangkat topik khusus pada pengelolaan stres dan Raras memberikan materi yang berjudul “Stress Management di Tengah Pandemi”. Penyampaian materi diawali dengan penjelasan terkait definisi kesehatan mental, dilanjutkan dengan pengenalan definisi dari stres, gejala yang dirasakan pada saat mengalami stres, hingga penyebab dan dampaknya. Raras juga menjelaskan beberapa tantangan pada saat pandemi yang sering dihadapi oleh banyak orang, yang juga menjadi pemicu timbulnya stres.

Di akhir penyampaian materi, Raras memberikan beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengelola stres yang dinamai dengan 4M: Mengatasi Masalah, Merawat Diri, Memahami Emosi, dan Membuat Dunia Lebih Baik. Di akhir penyampaian materi, dilakukan sesi tanya-jawab guna memastikan pemahaman peserta terkait materi yang telah disampaikan, serta penyampaian pernyataan penutup oleh Raras yang berisi harapan agar pengelolaan stres dengan 4M tadi dapat diterapkan sehingga dapat memberikan kesejahteraan dalam penyelesaian masalah dan emosional.

“Keren, penyampaiannya jelas dan pembawaannya kalem bikin kita yang dengerin juga nyaman,” ucap salah satu peserta.

“Sangat memberikan insight yang baru dan membantu dalam proses problem solving,” tutur peserta yang lain terkait materi yang disampaikan pembicara dalam webinar.

Kegiatan Millennials Professional Development dari Rumah Millennials Indonesia kali ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan menjaga kesehatan mental masyarakat di tengah pandemi. Penyelenggara kegiatan menilai bahwa Social Connect memiliki kapasitas untuk memberikan edukasi tersebut. Kolaborasi antara Rumah Millennials Indonesia dan Social Connect ini diharapkan dapat mewujudkan generasi muda yang kontributif terhadap lingkungan melalui kesehatan mental.

Penulis
Ditulis oleh Fathurrachman Zuhdi sebagai Media Relations Analyst di Social Connect. Penulis berada di bawah supervisi tim Media & PR Special Project. Tulisan ini sudah di-review secara bahasa dan kesesuaian dengan konteks informasi oleh Jevica Ozora ****sebagai Special Project Lead di Social Connect. Apabila terdapat kesalahan pengejaan nama, tempat, dan lainnya silakan hubungi kami untuk direvisi.

Tentang Social Connect
Social Connect adalah salah satu komunitas kesehatan mental terbesar di Indonesia yang hadir untuk membangun akses terhadap informasi dan pengetahuan kesehatan mental kepada siapa pun! Mimpi kami sangat sederhana, yakni: menciptakan Indonesia yang inklusif, di mana orang-orang bisa bercerita dan berdiskusi tentang kesehatan mental tanpa takut akan stigma dan diskriminasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *