Kemenpora ajak generasi muda untuk diskusi dalam FGD Rakornas 2023

Ditulis oleh: Kinanthi Larasati, Madu Maybelle Von Elwie, dan Muhammad Ali Ramdani

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) melaksanakan  Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepemudaan dan Keolahragaan dan Puncak Peringatan Hari Olahraga Nasional di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Jumat 8 September 2023. Rapat ini dibuka langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi dengan mengangkat tema “Pemuda Tangguh, Olahraga Maju”.

Rakornas merupakan rapat koordinasi pertama kali yang diadakan kemenpora dan salah satu agenda besar dalam memperingati Hari Olahraga Nasional Tahun 2023. Acara resmi dimulai dengan pembukaan oleh MC, kemudian peserta dihimbau untuk berdiri menyanyikan lagu Indonesia Raya. Setelah itu, pembacaan doa bersama yang dipimpin oleh Imam Gunawan, lalu acara berlanjut pada penampilan tarian nusantara yang merepresentasikan Persatuan dan Kesatuan Bangsa Indonesia. Selanjutnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Ario Bimo Nandito Ariotedjo, memberikan kata sambutan.

“Saya minta kepada kita semua untuk jadilah aparatur negara yang tidak anti terhadap ide-ide perubahan yang digalang oleh para pemuda-pemudi kita. Maka dari itu, mari manfaatkan agenda Rakornas ini untuk sebaik-baiknya dan sehormat-hormatnya,” kata Menpora Dito.

Dalam kesempatan ini, Rakornas menggelar prosesi peluncuran laporan Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Tahun 2023 dan pemberian penghargaan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo kepada lima provinsi yang memiliki Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) tertinggi pada 2022. Provinsi dengan IPP tertinggi yaitu Daerah Istimewa Yogjakarta (DIY) dengan nilai IPP (67,50). Berikutnya, provinsi Papua dengan capaian IPP 57,00, Provinsi Lampung dengan nilai 53, Kepulauan Bangka Belitung dengan skor 52,67, dan Banten 52,17.  

Penandatanganan Piagam Komitmen bersama Rencana Aksi Daerah (RAD) antara Kemenpora bersama, Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI), Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI), dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesian (APEKSI).

Kemenpora akan menandatangani pencanangan komitmen pelaksanaan Tridarma Ekakarma di bidang pemuda dan olahraga dengan Tentara Nasional Indonesia (TNI), yang diwakili oleh Panglima TNI Laksamana Yudo Margono, S.E., M.M.

Kemudian, Kemenpora memperkenalkan aplikasi Kawal Pora dan masuk ke inti acara, yaitu FGD tentang isu-isu kepemudaan serta keolahragaan. Peserta aktif berdiskusi mengenai isu-isu ini, memberikan tanggapan, dan mencari solusi untuk permasalahan yang ada dalam ranah kepemudaan dan keolahragaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close