Inspigo, Karya Anak Bangsa Yang Menghadirkan Inspirasi Untuk Nusantara

Inspigo, Karya Anak Bangsa Yang Menghadirkan Inspirasi Untuk Nusantara

JAKARTA – RumahMillennials.com | Sekarang, belajar dan mendapatkan inspirasi itu bisa dimana – mana. Buat kamu yang punya aktivitas padat, sekarang kamu gak perlu khawatir lagi kalau mau belajar dan mendapatkan inspirasi. Karya anak bangsa ini menghadirkan solusi untuk kamu agar bisa belajar dimana saja dan kapan saja. Inilah Inspigo singkatan dari Inspiration On The Go, sebuah karya anak bangsa yang memberikan inspirasi berbentuk aplikasi dengan konten audio podcast seputar skills and knowledge.

Inspigo hadir untuk menjawab tantangan zaman yang sudah memasuki revolusi industri yang keempat atau dalam istilah World Economic Forum disebut Industry 4.0. Industry 4.0 merupakan hasil dari perkembangan digital yang begitu masif dalam 10 tahun terakhir ini. Menurut World Economic Forum, 10 tahun lagi 65% pekerjaan yang ada sekarang akan digantikan oleh teknologi sehingga akan muncul pekerjaan – pekerjaan baru yang belum pernah ada sebelumnya.

Terlebih lagi, dua tahun lagi, tepatnya 2020 Indonesia akan memasuki bonus demografi, dimana usia produktif akan melebihi usia non-produktif. Bahkan, Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan roadmap making Indonesia 4.0 untuk menghadapi revolusi Industri yang keempat dan menyambut bonus demografi 2020.

Salah satu dari 10 prioritas nasional yang sejalan dengan roadmap making Indonesia 4.0 adalah peningkatan kualitas Sumber daya Manusia (SDM) yang juga menjadi fokus pemerintah untuk APBN tahun 2019. Untuk itulah, sebagai generasi muda Indonesia, kita ditantang untuk bisa memanfaatkan bonus demografi untuk memberikan kontribusi nyata kepada Indonesia dalam industri 4.0.

Menjawab tantangan tersebut, salah satu startup Indonesia berkomitmen dalam menciptakan dan menyediakan konten inspiratif yang dapat membantu pengembangan diri para generasi muda yang dapat di akses oleh semua orang Indonesia.

Startup tersebut adalah Inspigo atau Inspiration on the go, yang didirikan oleh Tyo Guritno, Yoris Sebastian, dan Eva Ditasari pada bulan Oktober 2017 dengan versi beta, dan secara resmi diluncurkan ke public pada April 2018.

Yoris Sebastian, salah satu Co-Founder Inspigo Memaparkan Konsep Agile Learning

Tujuan Inspigo adalah menyediakan konten positif yang bermanfaat untuk pengembangan diri generasi muda Indonesia, khususnya millennials Indonesia untuk menuju masyarakat Indonesia yang berkemampuan dan berpengetahuan luas. Inspigo memiliki visi untuk empower millennials Indonesia dengan konten positif yang menginspirasi dimana saja kapan saja.

Inspigo menggunakan audio podcast dalam bentuk mobile apps yang bisa di download di apps store dan play store. Inspigo percaya audio podcast dapat menjadi alat belajar zaman now yang mengisi kebutuhan millennials untuk belajar dan mendapatkan inspirasi tetapi tetap menarik dan menghibur seceara lebih efisien dan hemat dibandingkan dengan format video.

Format audio podcast ini juga merupakan inspirasi dari pengalaman pribadi sang Co-Founder, Tyo Guritno. Tyo mengatakan saat dia berada di mobil, dia memutar video untuk mendapatkan inspirasi selagi menyetir tapi pada akhirnya, dia hanya mendengarkan audionya tanpa melihat videonya.

Pengalaman ini akhirnya memberikan inspirasi pada Tyo, bahwa audio podcast akan lebih efisien untuk pengguna dalam mendapatkan inspirasi. Terlebih lagi, millennials Indonesia merupakan generasi yang sering melakukan sesuatu dengan multi-tasking.

Karena itu, Inspigo tetap menghadirkan inspirasi kepada millennials saat mereka sedang melakukan aktivitas lain seperti berangkat/pulang kerja, berolahraga, mengerjakan pekerjaan kantor atau rumah. Kalau biasanya kamu mendengarkan musik di kereta saat berangkat/pulang kantor, sekarang kamu bisa mendengar obrolan inspiratif dan seru dalam aplikasi Inspigo.

Tyo Guritno, Co-Founder Inspigo Menjelaskan Fitur – Fitur Inspigo

Dalam menyediakan konten inspiratif, Inspigo melakukan riset yang mendalam dan selektif dalam memilih topik dan narasumber. Beberapa topik yang ada di Inspigo saat ini adalah:

  1. Skills for the future: People management, Judgement & Decision Making, Cognitive Flexibility, dll.
  2. Self-Improvement: Financial Awakening, Managing Stress, Energy Management, dll.
  3. Mindfulness: Emotional Healing, Anticiptating Toxic Success, Spiritual Awareness for Happinness, dll.
  4. Career Development: First Time Manager, How To Maximize Your Value, Managing Up, dll.

Topik – topik tersebut dikemas dalam bentuk talkshow antara host (Inspihost) dan narasumber (Inspiguest). Para narasumber yang didatangkan adalah orang – orang dari berbagai kalangan profesi dan background seperti Wishnutama (People Management), Najwa Shihab (Judgement & Decision Making), William Tanuwijaya (Complex Problem Solving), dan masih banyak lagi.

Yoris Sebastian dan Tyo Guritno bersama dua Inspiguest, Aakar Abysa (Founder Jouska.id) dan Angga Puradiredja (Vokalis Maliq n D’essentials)

Inspigo semakin memberikan kemudahan kepada pengguna atau biasa disebut Inspigoers, dengan memberikan fitur download kepada pengguna premium. Jadi saat kamu tidak ada koneksi internet seperti di pesawat atau di pegunungan, kamu tetap bisa mendengarkan obrolan inspiratif dan seru di Inspigo.

Perkembangan digital memberikan kita berbagai alternatif untuk belajar dan mendapatkan inspirasi. Sepadat apapun kegiatan kamu, kamu tetap bisa mendapatkan berbagai inspirasi dari berbagai narasumber keren di Inspigo. Dengan adanya Inspigo, kemudahan dalam mendapatkan ilmu dimana saja dan kapan saja sudah terpenuhi.

Inspigo merupakan karya anak bangsa yang patut diapresiasi dan didukung. Tyo Guritno, Yoris Sebastian, dan Eva Ditasari sudah menunjukan dedikasi mereka terhadap pengembangan diri dan soft skill generasi millennials dengan menghadirkan inspigo dalam smartphone kita. Tinggal kita bagaimana memanfaatkan teknologi smartphone sebaik mungkin untuk mengembangkan diri kita.

Sebagai generasi yang dikenal generasi digital addict, mari kita gunakan aplikasi – aplikasi karya anak bangsa yang memberikan dampak positif kepada Indonesia. Salah satunya adalah mendownload Inspigo dan secara rutin mendengarkan konten – konten inspiratif yang tersaji di dalamnya.(audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *