Pentingnya Mahasiswa Bergabung Dengan Organisasi

Ditulis oleh: Claritauli Angeliana R. S

Bincang-Bincang Millennials (BBM) selalu membawakan topik menarik dari Siblings yang ada di dalam ekosistem Rumah Millennials (RM). BBM kali ini membawakan topik Teknik Informatika dan Penerapannya dalam kehidupan organisasi” pada Minggu, 15 Oktober 2023. Pada umumnya, aktivitas di dalam organisasi terkait dengan ilmu sosial. Namun, dalam sesi BBM kali ini akan mengulik hubungan antara teknik informatika dengan per-organisasian bersama Andre Zuliani.

Andre merupakan mahasiswa semester 5 di Institut PLN yang domisili di Tangerang. Ia merupakan Ketua Talent Volunteer dari organisasi Youth Generation Program, serta bertindak sebagai Ketua dari PDD dalam acara RM mendatang yaitu CRAFT 2024. Beliau juga merupakan bagian dari HIMA Teknik Informatika di kampusnya.

Menurut Andre, jurusan teknik informatika merupakan kegiatan seputar perbaikan software, membuat website dan pengembangan perangkat lunak. Andre sendiri sudah pernah membuat website yang sifatnya HTML, CSL, dan Javascript. Jurusan yang tampak sangat memerlukan logika ini ternyata memang punya kaitan dengan organisasi. Menurut opini Andre, saat memasuki organisasi sebagai mahasiswa jurusan teknik informatika, ia melihat divisi desain (content creating) yang biasa ada di dalam komunitas sejalan dengan prodi web design dari jurusannya.

Jurusan Teknik Informatika sendiri memiliki banyak sekali peminat, serta memberikan prospek kerja di dunia yang semakin hari semakin menjadi digital. Contohnya, e-commerce, e-book, e-learn, maupun Artificial Intelegence (AI) yang semuanya dibuat untuk mempermudah hidup manusia. Sehubungan dengan Teknik Informatika, Andre sendiri sudah pernah masuk ke dalam HIMA Teknik Informatika. IA merasa mendapatkan keuntungan dari berelasi dengan senior dan menambah pengetahuan. Ditambah lagi, Andre lebih cocok dengan gaya kerjanya adalah organisasi diluar kampus seperti Rumah Millennials, sebab di RM hampir semua dilakukan secara remote yang mana memudahkan dan efisien waktu.

Andre sendiri sudah berkecimpung di dunia organisasi sejak semester 3, baik di dalam dan di luar kampus. Semua yang ia ikuti telah memberikan banyak sekali benefits. Seperti mengisi waktu luang dengan aktivitas yang mengembangkan soft-skills seperti public speaking dan menjadi MC, menambah network dan teman-teman dari berbagai daerah, serta tentunya akan menjadi track record untuk CV dan LinkedIn kedepannya.

Selama Andre mengikuti organisasi, ia selalu merencanakan seluruh agenda dan jadwal secara matang. Planning dan time management, seperti memasukkan agenda ke dalam google calendar menjadi kunci utama untuk bisa produktif, dan tidak keteteran dalam mengerjakan banyak tugas (baik yang di dalam kuliah atau dari organisasi). Bagi Andre, mahasiswa perlu selektif dalam menentukan ingin masuk organisasi mana. Sebab, selain organisasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi mahasiswa, mereka harus memberikan manfaat bagi perkembangan organisasi. Penting untuk memahami kemampuan diri sendiri dan komitmen dalam organisasi, terutama bila sudah memutuskan untuk masuk ke dalam organisasi tersebut. Sehingga, sebagai mahasiswa wajib menjalankan tugas belajar dan meraih nilai baik selagi sebagai anggota organisasi yang aktif berkontribusi. Andre dalam penyataan penutupnya mengatakan bahwa ikuti kata hati dan jalani sesuai kata hati aja. Demikian pula mahasiswa harus tahu menempatkan diri, konsentrasi, dan komitmen di bidang manapun kita berada. Ternyata, meski tidak secara langsung berkaitan dengan Teknik Informatika, menurut Andre masuk organisasi itu penting untuk mengasah kemampuan berbicara dan menambah network. Sebab ada orang bijak yang bilang, “your network, determines your net-worth”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close