Perjalanan Lima Pemuda Pembersih Sampah, Patut Jadi Contoh!

Ditulis oleh: Alfin Al Fajr Khoirani

Pandawara Group merupakan perkumpulan lima pemuda Indonesia fokus para kegiatan membersihkan sampah yang menumpuk di sungai dan laut. Pandawara Group terdiri dari lima orang yang beranggotakan Gilang, Agung Rifqi, Rafly, dan Ikhsan. Mereka telah melakukan kegiatan sosial ini selama 6 bulan. Kelima sekawan tersebut telah membersihkan puluhan saluran air mulai dari sungai besar, anak sungai besar, parit, selokan, dan bahkan tangki septik. Perjalanan awal mula dari ide yang sederhana hingga menjadi harapan bagi mereka untuk dapat mengubah indonesia. Mereka terinspirasi dari salah satu kota tempat tinggal mereka yang terus terendam oleh banjir di wilayah Kopo, Bandung, Jawa barat.

Bahkan, video aksi bersih-bersih sampah Pandawara Group berhasil mengantarkan mereka mendapatkan penghargaan TikTok Local Heroes dalam penghargaan Year on TikTok 2022. Pihak TikTok mengapresiasi aksi mereka yang sangat menginspirasi dan membawa dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat. Tidak hanya itu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil turut mengapresiasi aksi Pandawara Group dengan mengunggah kegiatan mereka di akun Instagram pribadinya, @ridwankamil.

“Perkenalkan PANDAWARA. Inilah 5 anak muda Gen Z, anak Korea (Kopo Area) Bandung yang ganteng, bersih, dan rapih, tetapi dengan semangat baja, gak takut kotor untuk turun membersihkan lingkungannya,” tulis Ridwan Kamil di akun Instagramnya.

Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78, Pandawa Group bersama 10.800 volunteers bersama-sama membersihkan pantai Kesenden, Cirebon, Jawa Barat pada 16 Agustus 2023. Para relawan tersebut sebagian besar pemuda yang berasal dari kota Cirebon.

Di sisi lain, salah satu videon, menunjukkan momen titik balik Pandawara Group. Dalam video tersebut, mereka mengatakan “melalui langkah kecil yang mereka lakukan dan tingginya suatu harapan, semua ada dalam satu tujuan. Dari panjangnya sungai hingga luasnya bibir pantai kami terus berusaha melakukan untuk perubahan yang lebih signifikan kami lahir dengan keindahan yang menjanjikan dan jangan sampai mati dalam kerusakan. Tuhan anugerahkan nikmat alam dengan kekayaan, maka dari itu mari kita lakukan suatu pengabdian kepada yang telah menjadi sumber kehidupan. Kami takkan pernah bosan untuk terus menggerakkan hati ribuan orang karena menurut kami, apa yang telah kami lakukan itulah yang menentukan keadaan lingkungan di masa depan. Kami dari Pandawara Group telah berusaha menjadi pioneer dan big on the small screen untuk lingkungan yang terbebas dari kerusakan. Sampah kita tanggung jawab kita.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close