Hari Wayang Nasional Disebut – Sebut Sebagai Warisan Budaya UNESCO, Bagaimana Sejarahnya?

RumahMillennials.com | Hari Wayang diperingati tiap 7 November, simak sejarah singkat Hari Wayang Nasional yang sangat terkait dengan pengakuan UNESCO terhadap wayang sebagai salah satu warisan budaya dunia yang sangat berharga.

Sebagaimana diketahui, wayang adalah salah satu warisan budaya bangsa yang masih lestari hingga sekarang.

Eksistensinya bahkan sudah mendunia hingga UNESCO mengakuinya sebagai warisan budaya yang sangat berharga.

Pada 7 November 2003, UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan dunia. Tujuan dari Hari Wayang Nasional adalah untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan masyarakat terhadap wayang Indonesia.

Diketahui UNESCO merupakan organisasi internasional yang bergerak di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan atau United Nations Educational Scientific and Cultural Organization.

UNESCO juga mengakui wayang sebagai “A Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity” atau Karya Agung Budaya Dunia.

Menurut Menko PMK, Muhadjir Effendi, dengan terbitnya berbagai regulasi tentang Pemajuan Kebudayaan diharapkan kegiatan di bidang kebudayaan dapat lebih masif lagi dilakukan oleh stakeholder, baik pemerintah, akademisi, dan masyarakat umum. “Salah satu contohnya adalah peringatan hari wayang dunia dan nasional yang dilaksanakan oleh ISI ini,” ujarnya.

Wayang, Kata Menko PMK, merupakan salah satu pilar utama seni budaya bangsa Indonesia yang Adi Luhung. Dalam wayang mengandung pelajaran, fatwah, dan simbol-simbol yang menjadi nilai hidup dan moral bangsa Indonesia, terutama masyarakat Jawa.  Sehingga pada tanggal 7 November 2013 UNESCO menetapkan wayang sebagai warisan dunia tak benda. Sedangkan penetapan Hari Wayang Nasional melalui Keppres 30 Tahun 2018. “Karena wayang adalah ekspresi budaya, dan budaya pada dasarnya ada di dalam ide dan pikiran,” jelasnya.

Fitria Handayani

Rumah Millennials Campus Network (RMCN) Member Saya mahasiswa semester 7 Ilmu komunikasi universitas pancasila. Saya memiliki beberapa pengalaman dalam penulisan artikel karena saat semester 3 dan 4 saya mempelajari mata kuliah jurnalis, jadi saya disana memiliki sedikit pengalaman dalam penulisan artikel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close