Cerita Di Balik Sumpah Pemuda Dalam Rangka Memperingati Hari Sumpah Pemuda Yang Ke-94 

Ditulis oleh: Fitria Handayani

RumahMillennials.com | Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati setiap 28 Oktober menjadi pengingat akan rangkaian perjuangan kemerdekaan Indonesia, yang dimulai jauh sebelum tahun 1945.

Nah, generasi Millennial sekarang masih ingat tidak ya soal sejarah Sumpah Pemuda?

Sementara itu, lahirnya Sumpah Pemuda juga identik dengan dikumandangkannya lagu kebangsaan Indonesia, Indonesia Raya.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya untuk pertama kali diperdengarkan di Kongres Pemuda II. Kongres tersebut berlangsung di Gedung Kramat 106, Jakarta, yang kini menjadi Museum Sumpah Pemuda.

Pada tanggal 28 Oktober 2022 kita bersama memperingati Hari Sumpah Pemuda yang ke-94, dengan tema “Bersatu Bangun Bangsa”. Peringatan Hari Sumpah Pemuda adalah upaya kita menghadirkan sejarah masa lalu untuk direnungkan, dipelajari, ditemukan kristalisasi pembelajaran kebaikan untuk dijadikan teladan dan inspirasi penggerak Langkah manuju visi bangsa yang besar.

Sumpah Pemuda memberikan pelajaran kepada kita bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras, dan kultur, serta sebagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan. Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pemuda dalam memolopori membangun visi kebangsaan dengan sumpah pemuda 1928 yang diikuti dengan rangkaian pergerakan-pergerakan telah mengantarkan kepada proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sempanjang masa. 

Jika kita melihat kondisi pemuda Indonesia saat ini, maka terdapat optimisme yang penuh harapan, di samping masih terdapat beberapa tantangan yang tidak ringan. 

Terhadap situasi tersebut, maka upaya pemberdayaan dan pengembangan pemuda menjadi kreatif, inovatif, kolaboratif, dan mandiri serta berkarakter mulia perlu dikembangkan, agar pemuda dapat menghadapi situasi yang tidak menguntungkan dan mampu prestasi tinggi.

Maka dari itu, mari kita jadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke 94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat kita bersama membangun bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close