Inilah Semangat Perjuangan Bung Karno Yang Wajib Kamu Terapkan Dalam Berkarya Dan Kehidupan Sehari-Hari

Bekasi – RumahMillennials.com | Saya yakin sobat millennials terutama yang dari kalangan gen z kalau dengar nama “Soekarno” minimal tahu siapa beliau. Semoga gak ada diantara kamu yang denger kata “Soekarno” langsung ingetnya nama bandar udara internasional, tapi sosok pemimpin luar biasa yang memperjuangkan kemerdekaan bagi Republik Indonesia dengan segala warisan teladan yang ditinggalkan.

Ngomongin soal warisan teladan, kira – kira apa yang kamu teladani dari sosok Ir. Soekarno dalam kehidupan sehari-harimu?

Biar kamu lebih kebayang siapa sih sosok Ir. Soekarno dan kenapa kamu harus meneladaninya dalam hidup sehari-hari, kamu bisa belajar dari empat sosok muda inspiratif dan keren berikut. Dalam sesi webinar bertajuk “Bung Karno as a Youth Inspiration” yang merupakan hasil kolaborasi antara Beri Aku Sepuluh Pemuda (BASP) dan Rumah Millennials Minggu 5 Juni 2022, menghadirkan empat sosok muda luar biasa yang meneladani Bung Karno dalam karya mereka. Keempat pemuda itu antara lain Taufan Teguh Akbari selaku Founder Rumah Millennials, Asep Kambali seorang sejarahwan, Candra Dwiyanto seorang Illustrator & Commission Artist BASP, dan Nyemas Indah Nabila selaku Owner Subeng Klasik.

Karakter Bung Karno yang berani speak up untuk memperjuangkan kemerdekaan dan hak-hak rakyat Indonesia adalah salah satu hal yang perlu ditiru oleh generasi muda saat ini menurut Taufan Akbari. Dalam memperjuangkan mimpi untuk memajukan Indonesia, Taufan mengatakan bawa penting rasanya untuk memiliki semangat pantang menyerah seperti halnya Bung Karno, dengan atau tanpa teman di kanan-kiri kita. Kalau kita meyakini sesuatu yang baik maka lakukanlah karena Bung Karno mempunyai kemandirian, berdiri di kaki sendiri jangan bergantung pada sumber lain.

Sejalan dengan Taufan, Asep Kambali menggambarkan sosok Bung Karno yang benar-benar berkomitmen dalam berjuang untuk menciptakan suatu masa depan yang lebih baik bagi rakyat Indonesia. Asep menjelaskan bahwa Bung Karno bermimpi masa depan itu diwariskan, maka gen z harus melakukan hal-hal keren untuk memperjuangkan masa depannya bukan terjebak dalam kegiatan yang negatif. Termasuk dalam bersosial media, kalau mau masa depannya keren, posting hal-hal yang positif bukan menghina dan menyebarkan kebencian.

Dari sudut pandang gen z yang tengah berkarya untuk Indonesia, Candra Dwiyanto juga mengidolakan sosok Bung Karno yang berani mengambil resiko menjadi sarjana teknik dan tidak sudi bekerja dengan penjajah. Sebagai seorang illustrator dan desainer, Candra memiliki moto yaitu mengenalkan Indonesia melalui karya desain. Dengan klien yang kebanyakan dari luar negeri, Candra kerap memasukan nilai-nilai kebudayaan daerah di Indonesia dalam setiap karya desainnya.

Seperti halnya Candra, Nyemas Indah Nabilla melalui produk tradisi perhiasan di Subeng Klasik, merasa bahwa sosok Bung Karno adalah yang mendorongnya untuk berkarya atas dasar kecintaan bada budaya Indonesia dan ingin berjuang menyambung tali perjuangan founding father Indonesia yakni Ir. Soekarno. Nyemas memasukan sisi-sisi perhiasan yang indah dalam karyanya di Subeng Klasik agar generasi muda tahu kalau ini salah sastu kebudayaan Indonesia.

Keempat sosok muda di atas hanya sebagian kecil generasi muda yang benar-benar meneladani Bung Karno dan menerapkan nilai-nilai nasionalisme yang diturunkan oleh beliau. Kalau kamu gimana? Semangat juang Bung Kanro yang seperti apa yang kamu terapkan dalam berkarya?

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close