6 Tips Yang Bisa Bikin Penampilanmu Sebagai Virtual Public Speaker Menjadi Lebih Optimal!

Bekasi – RumahMillennials.com | Sejak pandemi covid-19 melanda dunia tahun 2020 lalu, public speaking mengalami evolusi besar – besaran dan cukup radikal. Dulu, kalau ngomongin soal public speaking pasti bicara di atas panggung dan di depan ratusan bahkan ribuan orang pakai ada lampu sorot atau kamera TV. Sekarang, public speaker gak ada lagi tampil di panggung, dengan lampu sorot, bahkan ribuan atau ratusan orang di depan mata udah jadi hal yang cukup langka.

Kok gitu? Ya, public speaker mengalami evolusi menjadi virtual public speaker.

Tren yang cukup mendadak ini cukup membuat orang – orang bingung harus apa dan bagaimana. Awalnya, banyak public speaker yang khawatir kehilangan pekerjaan karena acara – acara yang mengundang kerumunan masih dilarang saat ini, pendengar radio juga menurun seiring pembatasan mobilitas masyarakat, dan para MC yang hidup dari membawakan acara dimana – mana harus beradaptasi dengan ‘normal baru’ ini.

Namun, seiring dengan beragam acara virtual di setiap minggunya baik itu webinar, talkshow, online training, dan acara – acara penghargaan secara virtual, public speaker pun mulai beradaptasi. Alhasil, kecakapan dan kemantapan seorang public speaker dalam membawakan acara secara online mengalami kenaikan permintaan di segala sektor sehingga public speaker perlu memahami skills dan tools apa saja yang harus dimiliki agar dapat tampil maksimal.

Kita Progresif lewat acaranya Kopi Dalam Jaringan Hangatkan Diskusi Bareng Opini dan Kopi, mengundang Miss Via, Ketua Bidang Public Speaking Rumah Millennials, untuk sharing soal “Level Up Virtual Public Speaking: 101 Things To Deliver Your Thoughts”, pada Sabtu 31 Juli 2021.

Miss Via mengingatkan bahwa public speaking adalah sebuah seni dalam berbicara atau berkomunikasi di depan lebih dari satu orang. Berdasarkan Dr. Albert Mehrabian’s rule, kesuksesan seorang public speaker ditentukan dari 3V, yakni: Verbal (7%), Vocal (38%), Visual (55%). Dalam virtual public speaking, poin visual dan vocal menjadi sangat penting.

Maka dari itu, Miss Via memberikan 6 tips untuk mengoptimalisasi virtual public speaking:

1. Good Quality of Sound and Voice

Gunakanlah alat – alat yang tepat agar kamu bisa berbicara dengan baik dan pastikan audience dapat mendengarkan suara kita dengan nyaman. Punya microphone usb akan sangat membantu, tapi kalau tidak ada, pastikan earphone yang kamu gunakan microphonenya berfungsi dengan jelas dan koordinasi dengan panitia serta peserta apakah suaramu terdengar jelas atau tidak.

2. Good Quality of Camera and Lighting

Pastikan ruangan tempat kamu tampil memiliki pencahayaan yang bagus. Kamu bisa pakai lampu meja belajar agar pencahayaan tampak lebih baik di kamera. Cek juga apakah kamera laptop kamu atau smartphone kamu cukup bagus kualitasnya

3. Attractive Appearance

Walaupun virtual, memakai pakaian yang sesuai dengan tema acara tetaplah penting. Jangan hanya atasannya saja, bawahnya juga agar saat kamu harus berdiri atau kamu lupa matikan kamera saat mau beranjak dari kursi, bagian bawahmu tetap terlihat professional.

4. Use Several Tools

Ada banyak fitur – fitur pendukung di internet yang bisa membuat penampilanmu menjadi lebih menarik dan atraktif, misalkan jika kamu mau mengadakan quiz maka kamu bisa gunakan quizzes.

5. Invite to Interact with Discuss & Ice Breaking

Gunakan ice breaking yang interaktif agar audience lebih semangat dan fokus selama sesi. Ice Breaking yang mengundang interaksi dengan audience sangat direkomendasikan supaya para peserta lebih panas secara tubuh dan otak. Selain itu, ice breaking juga mampu membua suasana lebih santai dan ceria.

6. Ensure Signal and Prepare Backups

Ini salah satu tantangan terbesar dalam acara – acara virutal adalah stabilitas jaringan internet. Pastikan internetmu bekerja dengan baik dan siapkan back up jika ada apa – apa dengan wifi rumahmu, seperti gunakan wifi portable atau paket data di smartphone kamu. Komunikasi juga ke panitia untuk mem-back up file presentasimu jika ada masalah teknis saat melakukan share screen.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close