Melihat Kembali Perjalanan 4 Tahun Rumah Millennials Dan Menatap Masa Depan

Bekasi – RumahMillennials.com | Tepat hari ini Kamis 22 Juli 2021 Rumah Millennials merayakan hari jadinya yang ke-4. Sejak resmi launching pada 22 Juli 2017, Rumah Millennials telah melakukan berbagai macam karya seperti membuat acara seminar dan talkshow dengan nama “M-Talks”, menjadi media partner untuk acara – acara lain baik dari pemerintah, swasta, maupun komunitas, berkolaborasi dengan berbagai pihak, dan lain sebagainya.

Tak terhitung berapa banyak momen – momen luar biasa, jatuh dan bangun Rumah Millennials selama 4 tahun hadir di Indonesia untuk menjadi rumahnya generasi muda lintas bidang dalam membangun ekosistem pemuda berdaya, berkarya, dan bermakna. Sudah begitu banyak pemuda/i dari latar belakang bermacam – macam hadir di Rumah Millennials baik sebagai bagian dari Rumah Millennials, menjadi pembicara, menjadi tamu, dan menjadi partner.

Bahkan pandemi covid-19 tak menghentikan laju Rumah Millennials. Sejak Maret 2020, Rumah Millennials secara konsisten mengadakan acara – acara yang sifatnya virtual seperti webinar dan live instagram. Bidang – bidang yang dibahaspun sangat beragam mulai dari public speaking, bisnis, social enterprise, komunitas, mental health, dan masih banyak lagi. Meskipun banyak rintangan yang kami hadapi, tapi sebagai perkumpulan pemuda/i Indonesia Rumah Millennials terus konsisten dalam mewujudkan misinya yakni mengakselerasi terbentuknya eksosistem pemuda berdaya, berkarya, dan bermakna melalui pemberdayaan kompetensi dan jejaring lintas bidang.

Sebagai salah satu anggota aktif Rumah Millennials sejak Oktober 2017, saya merasakan betul bagaimana Rumah Millennials bertransformasi dan bertumbuh sampai sekarang. Seperti yang dibahas di atas, ada berbagai pemuda/i dari beragam latar belakang yang sudah hadir menjadi bagian dari Rumah Millennials. Selain itu, kepengurusan Rumah Millennials yang biasa kami sebut “siblings” juga terus melakukan regenerasi. Regenerasi tersebut masih kami lakukan sampai sekarang demi melanjutkan dan meningkatkan kinerja Rumah Millennials yang sudah dibangun sejak 2017.

Di usia yang ke-4, tantangan yang kami hadapi juga tak kalah menantang. Proses regenerasi dikala pandemi benar – benar membutuhkan kemampuan komunikasi agar bisa berkoordinasi dengan baik. Telebih, banyak keluarga baru Rumah Millennials adalah mahasiswa dari universitas dan jurusan yang bermacam – macam. Tentu di saat seperti ini delivering core value Rumah Millennials dari siblings yang sudah terlebih dahulu berada di Rumah Millennials ke anggota baru harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Selain itu, kesibukan dan prioritas hidup yang berubah dari pengurus inti Rumah Millennials juga menjadi sebuah tantangan tersendiri. Maka dari itu, Rumah Millennials sudah mulai melakukan proses regenerasi agar tetap menjaga konsistensi dan terus menjadi lebih baik.

Dalam merayakan hari jadinya yang ke-4, Rumah Millennials mengadakan rangkaian acara virtual mulai dari live Instagram sampai webinar, dengan didukung oleh konten – konten kreatif seperti video ucapan selamat ulang tahun dan postingan twibbon Instagram. Sobat millennials bisa mengikutinya secara gratis, tinggal pantau saja updatenya di Instagram resmi kami di @rumah.millennials.

Harapannya, Rumah Millennials terus bertumbuh dan bertransformasi lebih dari sekedar perkumpulan atau komunitas agar bisa membuat dampak yang lebih positif dan baik lagi ke depannya. Untuk itu, proses regenerasi dan kolaborasi antar pengurus internal sangat penting. Karya yang baik berawal dari tim internal yang solid, maka dari itu koordinasi dan kolaborasi antar pengurus inti apapun divisinya menjadi kunci kesuksesan Rumah Millennials. Selain itu, menjaga hubungan baik dengan ketua & wakil ketua bidang, advisor, dan collaborator lainnya juga menjadi faktor lain yang akan mempengaruhi perjalanan Rumah Millennials ke depannya.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close