Inilah Penyebab Utama Mengapa Ide Kamu Sering Ditolak Padahal Udah Bagus!

Bekasi – RumahMillennials.com | Komunikasi menjadi elemen penting saat terjun ke tengah – tengah masyarakat untuk menyelesaikan suatu masalah. Manusia adalah makhluk sosial, dalam bersosialisasi akan dipenuhi dengan komunikasi yang tentunya setiap orang berbeda – beda gaya komunikasinya. Sering kali orang lain itu menolak suatu ide dan inovasi bukan karena idenya jelek tetapi orang yang menyampaikannya tidak mereka sukai.

Maka dari itu, Rumah Millennials lewat program webinarnya Talkshow RMCN 2021, mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Pemuda Melalui Pengendalian dan pemahaman Sociopreneur Dalam Memperingati Hari Lahirnya Pancasila”, Sabtu 12 Juni 2021. Webinar kali ini mengundang tiga narasumber yang masing – masing memberikan materi sesuai dengan bidang yang sudah mereka kuasai. Salah satunya bidang komunikasi, menghadirkan Karina Soerja, penyiar radio Mustang 88.0 FM, untuk memberikan insight terkait kemampuan berkomunikasi.

Berdasarkan hasil studi akademi di beberapa negara termasuk Indonesia, 75% populasi manusia di dunia mengalami glossophobia, suatu ketakutan dalam melakukan public speaking. Salah satu faktor yang membuat orang mengalami glossophobia menurut Karina adalah self-confident yang rendah. Karina mengatakan, simpel saja caranya untuk meningkatkan self-confident yaitu dengan terbiasa ngobrol dengan beragam orang. Selain itu, temukan jawaban dari salah satu elemen 4W+1H yakni “why” saat menyampaikan suatu ide dan inovasi, karena itu akan menjadi dasar dari suatu isu yang kita sampaikan.

Faktor lain yang bisa meningkatkan kepercayaan dirimu adalah kenali dirimu lebih baik lagi, dengan memahami SWOT; strenght, weakness, opportunities, threats dalam dirimu. Setelah paham, kamu tahu dimana keunggulanmu dalam berkomunikasi dan membangun fleksibilitas saat berinteraksi dengan masyarakat setempat yang memiliki gaya komunikasi berbeda darimu.

Setelah memiliki kepercayaan yang lebih baik, barulah kamu bisa lebih meyakinkan orang untuk kolaborasi denganmu lewat social enterprise yang kamu canangkan. Namun, dalam hal meyakinkan kamu bukan hanya soal menyampaikan ide, tapi mendengar cerita, masalah, dan keluhan yang dialami target stakeholder kamu. Mendengarkan memang terlihat mudah, tapi sebenarnya sangat suli dilakukan karena banyak orang yang tidak mendengar secara mindful. Mindful communication, menurut Karina salah satunya kamu hadir penuh di moment tersebut untuk mendengarkan orang lain dengan kerendahan hati dan berempati. Ini akan menjadi kunci bagaimana kamu bisa memahami masalah yang dialami masyarakat setempat dan solusi apa yang ingin kamu berikan.

Maka dari itu, fondasi awal saat menyampaikan suatu ide dan inovasi adalah kepercayaan diri dalam berkomunikasi. Jangan sampai ide kamu sudah sangat bagus, tapi orang lain malah menolak bukan karena idenya jelek tapi karena kamu yang menyampaikannya kurang baik. Agar bisa menyampaikan suatu pesan dengan baik, kamu harus percaya diri dulu dan mendengarkan secara mindful supaya paham permasalahan apa yang sebenernya dirasakan oleh masyarakat setempat.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close