5 Langkah Jitu Agar Kamu Sukses Dalam Membangun Komunitas Dan Social Enterprise

Bekasi – RumahMillennials.com | Ekosistem sociopreneurhsip di Indonesia semakin lama semakin meningkat nih, sobat millennials. Pandemi covid-19 ternyata malah memberikan jalan untuk membangun social enterprise seiring banyaknya masalah baru yang ada di masyarakat dan tergeraknya hati kaum millennials dan gen z, untuk turun ke masyarakat membuat suatu inovasi dalam karyanya secara berkelanjutan.

Demi mendukung ekosistem social enterprise yang kian maju di Indonesia, Rumah Millennials lewat program Talkshow RMCN 2021, mengangkat tema “Peningkatan Kapasitas Pemuda Melalui Pengendalian dan Pemahaman Sociopreneur Dalam Memperingati Hari Lahirnya Pancasila”, Sabtu 12 Juni 2021. Tiga narasumber yang hadir kali ini, memberikan insight dan wawasan di bidang yang mereka kuasai masing – masing salah satunya Goris Mustaqim yang fokus pada topik community development.

Goris menjabarkan 5 langkah sukses untuk kamu dalam community developmet agar ke depannya social enterprise kamu bisa maju dan bertumbuh secara berkelanjutan:

1. Investasikan Waktumu Dalam Community Engagement

Membangun social enterprise berarti kamu hadir di tengah – tengah masyarakat untuk memberikan solusi atas permasalahannya secara berkelanjutan baik secara proyek maupun finansial. Maka dari itu penting sekali membangun hubungan baik dengan masyarakat setempat dengan cara saling bertinteraksi untuk menyesuaikan nilai – nilai, norma – norma, dan budaya yang dianut masyarakat setempat. Dalam hal ini, kamu harus sering turun ke masyarakat dan membangun community engagement

2. Social Mapping & Potential

Memetakan potensi dari proyek sosial kamu akan menjadi kunci utama dalam kesuksesan social enterprise. Lakukan penelitian secara kuantitatif dan kualitatif seperti wawancara masyarakat setempat, menyebarkan angket, berdiskusi secara grup agar paham apa yang dibutuhkan masyarakat setempat. Libatkan masyarakat, terutama local champion untuk memberikan pengaruh kepada warga lain untuk mau bekerja sama dengan social enterprise milikmu nantinya.

3. Terampil Dalam Mem-validasi Masalah dan Solusi

Jangan takut dengan masalah, sebaliknya kamu perlu memahami masalah apa yang dialami masyarakat setempat, dan apa yang membuat mereka mau bergerak untuk bersama – sama menyelesaikan masalah tersebut dengan social enterprise kamu. Dalam hal ini, kamu ubah asumsi akan masalah tersebut menjadi sesuatu yang tervalidasi sehingga menemukan solusi yang tepat.

4. Exploration: Talk to Your Stakeholders

Ajak diskusi target stakeholders dan market untuk mendapatkan masukan dalam mengembangkan suatu produk dan jasa yang tepat sebagai solusi akan permasalahan. Pahami apa yang mereka rasakan dari solusi yang kamu tawarkan

5. Bikin Project Yang Bisa Diukur

Pastinya project yang kamu canangkan harus bisa diukur perkembangannya. Kamu bisa gunakan konsep SMART yaitu specific, measurable, achievable, relevant, dan time-bound goals.

Itu dia 5 langkah yang bisa kamu ikuti agar social enterprise yang kamu canangkan bisa mencapai tujuan utamamu. Ingat sobat millennials, tidak ada yang instan semua butuh kerja keras, dedikasi, tanggung jawab, dan kerja cerdas. Pastikan kamu berkolaborasi dengan baik bersama tim internalmu maupun masyarakat setempat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *