Bingung Mau Mulai Bisnis Dari Mana? Ikuti Saja 3 Tahap Sederhana Ini

Bekasi – RumahMillennials.com | Dibalik berbagai kesulitan pada masa pandemi covid-19, ada peluang bisnis yang sangat luas dengan memanfaatkan teknologi digital. Selagi banyak toko, mall, dan rumah makan tutup, para pelaku usaha akhirnya beralih ke platform digital seperti media sosial dan e-commerce untuk memaksimalkan penjualan produk – produknya. Tidak hanya pelaku bisnis lama, banyak entrepreneur baru yang hadir meramaikan pasar di platform – platform digital.

Sesi terakhir “Program Pemuda Transformasi Digital Batch 2” Kamis 1 Oktober 2020, menghadirkan Dian Martin, Ketua Asosiasi Digital Marketing Indonesia, dan Dedi Saputra, Trainer and Marketing Officer Maxtron Persada. Fokus sesi ini membahas soal bagaimana memulai bisnis secara online dan memaksimalkan platform digital marketing untuk meningkatkan penjualan produk.

Untuk mengawali bisnis digital, kenali dulu tipe bisnisnya apa. Ada dua tipe bisins, pertama high quantity low price atau jumlah produk tinggi tetapi dengan harga murah. Contohnya seperti mobil Toyota yang diproduksi banyak di seluruh dunia dengan harga yang cukup murah. Tipe kedua yaitu high price low quantity atau harga tinggi jumlah produk rendah. Misalnya mobil Ferrari, tidak diproduksi secara massal namun memiliki kesan prestige dan high class, sehingga harganya tinggi dan hanya orang – orang kelas ekonomi atas saja yang bisa membelinya.

Lalu untuk memulai bisnis dengan aman, kamu bisa lalui dengan 3 tahap. Pertama dropshiper, yaitu kamu tidak punya produk, stok barang, staff, budget atau modal, tapi hanya share atau posting produk di media sosial. Ini tahapan yang fokus pada pemasaran, jadi harus konsisten posting konten. Kedua reseller, yaitu kamu menjual kembali barang yang telah kamu beli dalam jumlah banyak. Ada tiga poin reseller, yaitu little money, little product, pack & delivery. Pada saat melakukan reseller, kamu akan belajar banyak soal operasional bisnis seperti packing, mengirim, dan berkomunikasi langsung dengan customer. Ketiga owner, dimana posisimu sudah memikirkan strategi bisnis lebih matang dan menyiapkan produk, tenaga kerja, proses bisnis, dan strategi marketing.

Kamu juga harus teliti dalam memilih platform digital marketing mana yang akan menjadi tempat kamu menjual produk bisnismu. Ada banyak tempat berjualan online seperti marketplace, search engine & web, social media, dan chatting platform. Jika kamu menjual jasa, maka disarankan untuk menggunakan search engine & web. Tingkatkan traffic website dengan tampilan halaman yang menarik, mudah diakses, dan testimoni dari pelanggan terutama dari influencer.

Jika kamu ingin menggunakan marketplace, maka kamu harus gencar dalam beriklan karena sistem di marketplace menggunakan ranking. Jadi semakin tinggi ranking toko onlinemu, semakin populer dan direkomendasikan dari platform marketplace tersebut.

Namun dalam membangun bisnis, tidak hanya memperhatikan aspek teknis operasional bisnis saja tapi yang paling penting bagaimana kamu membangun percaya diri dalam membuka usaha. Dian Martin menyarankan 3 cara untuk membangun percaya diri sebagai entrepreneur.

Pertama baca buku – buku biografi orang – orang sukses agar mendapatkan banyak inspirasi dari mereka yang sudah merintis duluan. Kedua, banyak bergaul sama orang sukses lewat media sosial. Ketiga, sering – sering ikut program pelatihan baik secara online maupun offline. Selain menambah ilmu, kamu juga bisa menambah relasi dengan orang – orang yang juga ikut program pelatihan sehingga kesempatan berkolaborasi pun menjadi lebih terbuka.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close