Ubah Kebiasaan Gaya Hidup Hedon Di Tahun 2020, Dengan Berinvestasi Lewat P2P Lending

Jakarta – RumahMillennials.com | Tahun baru, biasanya ada aja resolusi baru yang ingin kamu capai agar lebih baik dari 2019. Mungkin kamu mau punya karir yang lebih baik, percintaan yang lebih intim, semakin dekat dengan keluarga, atau finansial yang lebih mapan.

Ngomongin soal finansial nih sob, kan sekarang lagi nge-hits di kalangan millennial terutama yang udah kerja, melakukan investasi di berbagai instrumen finansial seperti saham, emas, reksadana, dan peer to peer lending (P2P lending). Diantara semua instrumen investasi, P2P lending jadi favorit anak – anak muda zaman now buat mengalokasikan dana.

Apa sih P2P lending itu? Sederhananya, P2P lending mempertemukan antara pemodal dan pengusaha seperti UMKM atau startup yang butuh modal. Jadi ibaratnya, kamu mau modalin usaha temen kamu yang masih micro atau startup, nanti jika usaha temanmu sudah besar, kamu akan mendapatkan hasil dari investasi kamu. Kurang lebih mirip – mirip cara kerjanya sama saham.

Ditambah lagi, dengan perkembangan teknologi digital, investasi P2P lending sudah bisa dilakukan lewat internet dalam bentuk aplikasi atau website, biasanya dikenal dengan istilah financial technology atau disingkat fintech. Fintech dan pinjaman online beda ya sob, karena fintech itu cakupannya lebih luas bukan sekedar meminjam uang secara online. Fintech memiliki beberapa kategori, ada yang kategori payment seperti Go-Pay dan OVO, dan ada juga fintech untuk deposit / lending / fundarising. Salah satu fintech yang termasuk kategori lending dan bisa jadi referensi kamu untuk berinvestasi di P2P lending adalah Modal Rakyat.

Co-Founder Modal Rakyat yang juga Ketua Bidang Finansial, Stanislaus Tandelilin mengatakan “Modal Rakyat adalah platform marketplace lending dengan target market startup, micro usaha, SMEs, dengan berfokus pada pinjaman produktif”. Yang paling penting, Modal Rakyat sudah terverifikasi dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jadi kamu gak perlu khawatir soal keabsahannya. Ini yang harus kamu benar – benar perhatikan, banyak orang yang terkena tipu atau dikejar – kejar oleh debt collector karena fintech yang mereka pakai tidak terverifikasi dan diawasi OJK.

Co-Founder Modal Rakyat, Stanislaus Tandelilin menjelaskan Modal Rakyat bareng Rumah Millennials dan Urban Asia

Selain aman, di Modal Rakyat informasi soal kegiatan UMKM dan startup diberikan secara lengkap dan transparan, salah satunya ada video yang memberikan gambaran bagaimana mereka melakukan kegiatan bisnis. Stanislaus menambahkan “tinggal cari mana yang mau kita investasikan, pilih dan lakukan pendanaan pada konsumer tersebut. Hasilnya akan kita tunai secara rill dan jelas, tidak ada naik turun seperti saham dan akan terus berkembang. Bahkan, lebih besar dari pendapatan tetap atau depostio berjangka”.

Di Modal Rakyat, kamu bisa mulai berinvestasi dari dana minimal Rp 25.000,-. Dari gajimu yang jumlahnya jutaan, 25 ribu rupiah tentu jumlah yang sangat kecil. Jadi tunggu apalagi sob? Tahun baru, resolusi baru, investasi baru salah satunya lewat P2P lending. Daripada duitnya dipakai buat menghabiskan hal – hal yang sifatnya konsumtif, akan lebih baik jika diinvestasikan untuk kebutuhan jangka panjang.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close