[REVIEW BUKU] What’s Your Creativity Type?

[REVIEW BUKU] What’s Your Creativity Type?

RumahMillennials.com | Dalam buku “What’s Your Creativity Type?” karya Meta Wagner, kita akan mempelajari tipe – tipe orang kreatif yang berkutat di bidang seninya masing – masing. Di buku ini, Meta Wagner akan memperkenalkan tipe – tipe kreatif melalui analogi dan contoh dari tokoh – tokoh kreatif di bidang seninya mereka seperti seni lukis, karya tulis novel, film, musik, teater, dsb.

Meta Wagner sang penulis adalah kontributor dalam halaman opini The Boston Globe dan mantan kolumnis Pop Matters. Artikel komentar dan fiturnya juga dimuat di Huffington Post, Chicago Tribune, Salon, Boston Globe Magazine, dan Wall Street Journal Custom Studios. Dia mengajar di Emerson College, tempat dia juga menerima MFA (Master of Fine Arts), dan di Boston University dan Grub Street pusat seni sastra terkemuka di USA.

Ada lima jenis kreatif yang dibahas di buku ini. Kelima jenis kreatif tersebut yaitu:

  1. Sang Primadona
  2. Sang Artisan
  3. Sang Pembuat Perubahan
  4. Sang Perasa
  5. Sang Aktivis

Mari kita bahas satu – satu:

1. Sang Primadona
Ego-nya adalah kekuatan yang kuat dan tak terbantahkan. Sang Primadona senang menjadi pusat perhatian. Kamu ingin menebar dampak emosional pada audiens dan sebagai gantinya, kamu akan menerima tepuk tangan, cinta, dan pemujaan dari penggemarnya.

Seorang Primadona akan memiliki “keberanian” untuk percaya bahwa apa yang mereka miliki itu sesuatu yang berharga, dahsyat, menyihir emosi, atau mencerahkan untuk dibagikan. Ego merupakan kekuatan yang dahsyat, dan ini bisa menjelma baling – baling yang membawa kamu membumbung ke langit.

Intinya begini, Primadona itu “banci tampil” dan ingin jadi pusat perhatian. Tipe orang ekstrovert sangat kental akan tipe kreatif yang satu ini. Apakah kamu salah satunya?

2. Sang Artisan
Sebagai Artisan, kamu memiliki ketertarikan pada proses kreatif. Yang terpenting adalah kamu berkarya dan kamu puas akan setiap prosesnya. Kamu tidak terlalu peduli karya kamu akan dilirik atau kamu akan dapat imbalan materi, yang penting kamu senang dengan apa yang kamu kerjakan. Kamu akan melakukan pekerjaan yang kamu cintai: true passion kamu ada dalam bidang kreatif.

Sang Artisan ini kebalikannya dari Primadona. Publikasi bukan hal yang utama bagi Artisan yang terpenting kamu mencintai apa yang kamu lakukan. Apakah ini tipe kreatif kamu?

3. Sang Pembawa Perubahan
Sang Pembawa Perubahan bisa disebut juga sebagai “sang inovator ”. Dia menciptakan inovasi – inovasi baru dalam setiap karya – karyanya dan dampak dari inovasi itu bermanfaat bagi banyak orang. Sang Pembawa Perubahan berusaha menghasilkan sesuatu yang baru dan mengguncang. Pembawa Perubahan campuran antara Primadona dan Artisan: dorongan egonya khas sekali dengan Primadona dan keuletannya khas Artisan.

“Challenge the current rules!” begitulah etos kerja Sang Pembawa Perubahan. Kamu ingin membuat karya dengan visi yang baru dan revolusioner. Kamu bosan kalau begini – begini saja dan cuma ngikutin tren. Kamu bukan ingin mengubah dunia tapi kamu ingin memperluas batas seni dan membuat orang lain melihat dunia dengan cara yang berbeda.

Kepercayaan diri dan keyakinan kamu yang tak terbatas akan membuat kamu tetap teguh dalam usaha kamu untuk menciptakan karya yang inventif dan berani. Apakah kamu salah satunya?

4. Sang Perasa
Tentu kamu sudah bisa menebak tipe kreatif ini seperti apa? Yap, dipenuhi dengan perasaan, emosi, dan sensitivitas . Sang Perasa menggunakan seni untuk mengeksplorasi sejarah dan pengalaman hidup untuk memaknai hidup. Kreativitas bahkan bisa membantu kamu melarikan diri dari kesepian yang terlalu akut.

Sang Perasa mempunyai kemampuan empatik yang kian terasah dalam karya seni. Karya – karya seni kamu tanpa kamu sadari bisa membebaskan diri dari penderitaan bahkan membantu orang lain melepaskan diri dari rasa sakit mereka.

Jadi kalau kamu bisa membuat suatu puisi atau lagu yang didasari atas perasaan kamu sendiri, maka kamu termasuk kategori Sang Perasa. Gak salah kok jadi emosional dalam berkarya.

5. Sang Aktivis
Dari namanya saja sudah tahu kan? Seorang aktivis itu ternyata termasuk salah satu kategori kreatif. Kamu menggunakan kreativitas untuk mengubah dunia. Sangat bersemangat dan siap bertempur.

Photo by: Instagram Annisa Rahmania

Aktivis terutama bergerak, karena setiap harinya ada banyak kesalahan yang perlu diperbaiki. Aktivis sering dituduh sebagai idealis naif dan kebanyakan dari mereka menerima cibiran. Tapi sebagai seorang aktivis kamu yakin karya kamu bisa mengubah pikiran dan menjangkau hati seseorang.

Saat kamu membuat suatu karya seperti film pendek yang mengandung pesan bahwa ada yang salah dalam hidup ini dan kamu menaruh pesan bagaimana seharusnya, kamu adalah seorang aktivis kreatif.

Ada banyak karya – karya seni yang tujuannya untuk menyuarakan gagasan kepada rezim yang ada.

Tidak salah memang, tapi kamu harus bersiap dengan segala resiko yang akan kamu hadapi terutama terkait reputasi kamu sendiri. Sudah siapkah?

Itulah lima tipe kreatif yang dijabarkan oleh Meta Wagner dalam buku “What’s Your Creativity Type?”. Dengan mengetahui tipe kreatif seperti apa kamu ini, kamu akan bisa lebih mengenali potensi kita dan karakter kita saat berkarya. Dengan begitu kamu bisa memaksimalkan potensi kamu dan fokus dalam berkarya.(audi)

Penulis: Meta Wagner
Tahun Terbit: 2017
Kota: California, USA
Penerbit: Seal Press

Public Relation at Rumah Millennials

Content creator on Youtube who share about interesting and unique story of Indonesia and also passionate with public speaking amd youth development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *