Adaptasi atau Mati! Strategi Ekosistem untuk Menang di Era Bisnis yang Dinamis

Dalam dunia bisnis yang terus berkembang, pendekatan ekosistem telah menjadi kunci utama bagi perusahaan yang ingin mencapai kesuksesan jangka panjang. Sebuah survei menunjukkan bahwa 71% top leader perusahaan percaya bahwa keberadaan ekosistem sangat penting untuk meraih kesuksesan. Terlebih lagi, 91% dari mereka yakin bahwa ekosistem telah meningkatkan ketahanan usaha perusahaan mereka.

Mengapa pendekatan ekosistem menjadi begitu vital?

Langkah awal menuju ekosistem dimulai dari pembuatan produk. Sebagai tambahan, langkah-langkah tambahan diperlukan agar mencapai kolaborasi yang optimal. Langkah kedua melibatkan penambahan layanan yang mendukung produk tersebut. Langkah ketiga melibatkan pembuatan platform untuk memfasilitasi kolaborasi maksimal antara produk dan layanan. Terakhir, langkah keempat adalah menciptakan ekosistem untuk mengakomodir kolaborasi lintas platform yang mencakup seluruh rantai proses dari hulu ke hilir.

Ekosistem ekonomi yang merupakan era terkini dalam dunia bisnis, menandakan bahwa perusahaan tidak hanya memproduksi barang atau layanan, tetapi juga berupaya menciptakan ekosistem yang aktif. Contoh nyata keberhasilan pendekatan ini adalah GoTo, sebuah platform terkemuka di Indonesia. GoTo berhasil dengan menggabungkan layanan on-demand, e-commerce, dan layanan keuangan dalam satu platform terintegrasi, menciptakan ekosistem yang memanfaatkan sinergi antarproduk, layanan, dan platform.

Fakta menunjukkan bahwa 7 dari 10 perusahaan terbesar di dunia berhasil karena memiliki ekosistem yang aktif. Ini menunjukkan bahwa tidak hanya produk atau platform yang menjadi fokus, melainkan kemampuan perusahaan untuk berkolaborasi melalui ekosistem yang menjadi kunci keberhasilan jangka panjang. Dalam menghadapi dinamika bisnis yang semakin kompleks, strategi ekosistem menawarkan solusi untuk meningkatkan daya saing dan ketahanan perusahaan. Perusahaan yang dapat mengadaptasi dan memanfaatkan potensi kolaborasi melalui ekosistem akan memiliki peluang lebih besar untuk bertahan dan berkembang di tengah lingkungan bisnis yang terus berubah. Oleh karena itu, memahami dan menerapkan pendekatan ekosistem menjadi langkah penting bagi perusahaan yang ingin tetap relevan dan sukses di era bisnis yang terus berubah dan menuntut fleksibilitas.

Yudha Adyaksa

Penulis adalah Ketua Bidang Pemberdayaan Minat dan Bakat Pemuda Rumah Millenials, Andalan Nasional Komisi Binamuda, Inisiator Ningrum, Learning Forum, dan Wakil Ketua Divisi Digital Content Rumah Millennials

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close