V1MAST Wujud Kreatifitas Pemuda Indonesia Yang Go Internasional

V1MAST Wujud Kreatifitas Pemuda Indonesia Yang Go Internasional

JAKARTA – RumahMillennials.com | Musik merupakan salah satu seni yang disukai oleh semua orang dari kalangan manapun. Bayangkan dunia ini tanpa musik! Pastinya kita akan merasa sepi dan hidup serasa kurang berwarna. Sobat millennials semua suka musik? Aku yakin kamu semua suka dengan musik apapun genrenya.

Ada gak sih musisi Indonesia yang membawakan musik dengan kombinasi music modern dan tradisional? Ada dong, Indonesia kan gudangnya orang kreatif. Adalah V1MAST, grup band asal Yogyakarta yang membawakan musik dengan cara yang tidak biasa, yaitu mengkombinasikan alat musik tradisional seperti gamelan, dengan musik modern seperti drum electric.

V1MAST merupakan solo project berbentuk band yang diprakasai oleh Viza L. Mahasa (vocal, gitar, gamelan, sape, dll.). V1MAST sendiri adalah kepanjangan dari Viza K. Mahasa & team.

Mereka tampil dalam acara Good News From Indonesia yang berkolaborasi dengan Rumah Millennials. Di pembukaan acara menampilkan musik yang beda dari musisi – musisi lainnya. Kalau biasanya lagu cinta dinyanyikan dengan lirik yang puitis, maka V1MAST menyanyikannya dengan menggunakan mata pelajaran IPA dan menjadikannya kata – kata cinta.

Mata pelajaran IPA yang digunakan antara lain KIMIA (Ku Ingin MIliki dIA), FISIKA (FIkiranku iSInya KAmu), BIOLOGI (BIkin Ogah boLOs laGI), MATIMATIKA (MATI MATIan kejar KAmu), dan juga BAHASA (BAHAgia SelamanyA). Lagu ini diberi judul “Kurikulum Hatimu”.

Kemudian, V1MAST melanjutkan ke lagu kedua yaitu “Jogja Love Story”. Liriknya yang mengkombinasikan pesan cinta dan keindahan Jogjakarta menjadikan lagu ini begitu menarik untuk didengar. Yang membuat penonton takjub dengan V1MAST adalah kombinasi antara gamelan dan alat musik modern seperti DJ dan drum elektrik begitu padu dalam satu irama.

Kombinasi antara budaya Indonesia dengan musik modern berhasil menjadikan V1MAST salah satu band yang mengharumkan nama bangsa di dunia music Internasional. Viza sang vokal mengatakan saat mereka konser di Budapest, Hungaria, album mereka laris terjual. Ini menunjukan bahwa budaya Indonesia sangat dihargai di negara – negara maju Eropa.

Penampilan V1MAST di acara GNFI dan Rumah Millennials juga mendapatkan apresiasi dari Jendral Moeldoko. Jend. Moeldoko berkata dalam sharing sessionnya “V1MAST itu contoh yang sangat nyata, bagaimana dia bisa mengkolaborasikan petatonis dengan diatonic. “satu sisi dia bagaimana mengkolaborasikan tradisional dan modern

“Bisa dibayangkan kalau dipertunjukan biasa, butuh 20 orang mungkin untuk memainkan musik seperti itu. Tapi mereka cukup dengan dua orang. Jadi efisiensinya luar biasa”.

“Mungkin orang saat pertama kali lihat mereka berpikir itu tidak mungkin. Tapi saat melihat penampilan mereka, baru orang bisa berkata bahwa itu mungkin”.

V1MAST telah membuktikan alat musik tradisional seperti gamelan bisa dikombinasikan dengan alat musik modern. Dan juga, lagu cinta bisa dimainkan dengan kata – kata dari mata pelajaran IPA. Ini contoh kreatifitas yang otentik dan unik dari V1MAST. Karena otentik inilah, V1MAST bisa sukses sampai kancah Internasional.

Bagaimana dengan karyamu? Sudah cukup otentik dan unik kah? Mari maksimalkan kreatifitas yang ada dalam diri kita menjadi sebuah maha karya yang bisa mengharumkan nama bangsa. (audi)

Public Relation at Rumah Millennials

Content creator on Youtube who share about interesting and unique story of Indonesia and also passionate with public speaking amd youth development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *