Cerita Budy Sugandi, Pemuda Giat Menuntut Ilmu Sampai Mendapatkan Prestasi Berkancah International

JAKARTA – RumahMillennials.com | “Selagi muda, banyak – banyak lah menggali segala potensi dalam dirimu, dan teruslah menuntut ilmu setinggi – tingginya”.

Nasihat itu pernah saya dengar dari seorang guru sewaktu saya masih kuliah di Ritsumeikan APU, Jepang dulu. Saat itu, ia menekankan pada para mahasiswa yang datang dari berbagai negara, bahwa masa muda hanya sekali sehingga jangan sia – siakan waktu yang tak pernah kembali ini untuk melakukan hal yang tidak bermanfaat.

Pemuda adalah masa depan Indonesia, semakin banyak pemuda yang memberdayakan diri mereka, maka semakin kuat fondasi mereka untuk membuat Indonesia mencapai cita – citanya yang tertuang dalam Visi Indonesia 2045.

Salah satu pemuda yang tergabung dalam keluarga besar Rumah Millennials sebagai Ketua Bidang Entrepreneur dan Inovasi, yakni Budy Sugandi kembali menorehkan prestasi membanggakan di level international. Budy meraih Excellent International Student 2019 dari Southwest University, China tempat dia menjalani program PhD jurusan Education Leadership dan Management, dengan beasiswa dari China Government Scholarship (CGS).

Penghargaan tersebut dianugerahkan pada mahasiswa yang berprestasi dari sisi akademik dan non-akademik setiap tahunnya. Di bidang akademik, mahasiswa tersebut harus meraih nilai di atas 80, dan tidak ada pengulangan mata kuliah. Sementara itu, dari bidang non-akademi, mahasiswa yang terlibat dalam aktivitas penunjang seperti menulis di media massa, menjadi pembicara, dan aktif di kegiatan – kegiatan lainnya, akan masuk dalam faktor penilaian. Hadiah dari penghargaan Excellent International Student berupa uang sebesar 5.000 RMB atau sekitar Rp 10 juta.

Sebelumnya, Budy menyelesaikan program master di Turki dan Jerman. Di Turki ia mengambil master Marmara University Istanbul Turkey, dengan beasiswa YTB Turkiye Burslari. Sedangkan di Jerman, dia mendapatkan beasiswa Erasmus+ untuk mengambil master di University Braunschweig . Pada tahun 2016, Budy bertolak ke Australia (Brisbane, Adelaide, Sydney, dan Canberra) sebagai salah satu peraih Australia Awards dalam program leaders, entrepreneurs and innovators of technology.

Di luar itu, Budy merupakan Co-Founder dan CEO Klikcoaching.com, sebuah startup digital yang menghubungkan mahasiswa Indonesia di luar negeri, dengan pencari beasiswa. Sudah lebih dari 100 mentor yang telah meraih beasiswa dan tersebar di berbagai negara yang tergabung dalam Klikcoaching.

Budy juga aktif menjadi pembicara di level nasional hingga international. Dia pun sudah menulis beberapa buku sendiri maupun bersama, antara lain: Kabut Pendidikan Indonesia (2015), Gotong Royong Dalam Politik Uang, Kirmizi Beyaz (2017), Jelajah Hidup Tanpa Batas (2018), Sapere Aude (2018), Kisah 5 Benua (Aura Publishing, 2018). Dia juga menulis jurnal akademik berjudul “Comparative of Turkish and Indonesian Secondary Mathematics Curricula: Reflection of the Paradigms”, dipublish oleh Elsevier Science Direct, 7 Otkober 2014, Vol. 152.

Itulah cerita Budy Sugandi yang giat – giatnya menuntut ilmu dan meraih berbagai prestasi sampai kancah international. Bagaimana denganmu sobat millennials?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *