Lewat Gerakan #BacaJakarta, Para Pemuda Ibu Kota Mengajak Kamu Meningkatkan Literasi Baca Masyarakat

JAKARTA – RumahMillennials.com | Di era digital seperti sekarang ini, membaca menjadi kegiatan yang sebenarnya kita lakuin tiap hari lho. Eits, tunggu dulu! Baca apa dulu nih? Status mantan? Aduh, move on dong sooob. Atau baca Quotes Inspiratif? Wah, super sekali! Asal, jangan sampai baca HOAX! Nah ini nih yang harus kita hindarin.

“Gimana toh caranya?”
Gampang, level literasi baca kita harus tinggi dong. Tapi gak sendirian pinternya, enakan bareng – bareng sama semua lapisan masyarakat.

Maka dari itu, para pemuda pegiat literasi di Jakarta bersama Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi untuk membuat suatu gerakan literasi bernama #BacaJakarta. Kegiatan ini akan diadakan sebulan di 5 kota dan 1 wilayah administratif di kawasan Provinsi DKI Jakarta selama 30 hari, mulai 25 Maret hingga 25 April 2019.

Sebagai  Community Coordinator #BacaJakarta, Fidella Anandita Safitri mempresentasikan gerakan ini pada acara kumpul komunitas pada Jum’at 15 Maret 2019, di JSCHive by CoHive, Jakarta Selatan. Mewakili Pemprov DKI dan penggiat literasi Jakarta, Fidella mengajak kamu sobat millennials yang berada di kawasan Jabodetabek untuk ikut serta menjadi relawan literasi. Ngapain aja tuh? Relawan literasi ada dua tugasnya sob, yaitu Relawan Pendamping dan Relawan Dokumentasi.


Fidella Anandita Safitri – Community Coordinator #BacaJakarta

Relawan pendamping itu kamu akan nemenin peserta yang terdiri dari anak – anak berusia 7 – 12 tahun, di lokasi Taman Baca. Untuk anak usia 7 – 9 tahun, kamu temenin mereka baca selama 15 menit per pertemuan, dan yang berumur 10 – 12 tahun minimal membaca 30 menit per harinya.

Selain nemenin, kamu juga bantu mereka untuk buat ringkasan bacaan di booklet yang udah disiapin sama pihak #BacaJakarta. Nanti peserta yang paling rajin bikin ringkasan dan bagus kualitasnya, akan dapat kesempatan ketemu langsung sama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sedangkan, Relawan Dokumentasi tugasnya mendokumentasikan kegiatan #BacaJakarta. Bisa lewat foto, video, atau tulisan yang nantinya akan di posting ke media sosial #BacaJakarta, dan juga di media sosial kamu. Tujuannya, supaya gerakan ini jadi viral dan banyak orang – orang di luar sana tahu ikhtiar untuk ningkatin literasi baca ini.

Kamu juga bisa berkolaborasi dengan Abang – None setempat loh, buat narik lebih banyak peserta dan relawan dalam gerakan ini. Semua Abang – None di kawasan Jakarta, terutama Abnon Baca akan siap bantu kamu, tinggal hubungin aja mereka.

Yuk, daftarin diri kamu di dispusip.jakarta.go.id.

Sebagai generasi millennial yang akan memimpin Indonesia nanti, penting banget buat kita meningkatkan level literasi. Literasi meningkat, maka kecerdasan bangsa pun menjadi lebih baik. Jika bangsa Indonesia lebih cerdas, tentunya segala inovasi, kreativitas, dan gagasan untuk menghadapi tantangan di era Industri 4.0 ini, akan lebih baik untuk diimplementasi oleh semua lapisan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *