Memaknai Hari Sumpah Pemuda Indonesia Dengan Semangat Berkolaborasi

Bekasi – RumahMillennials.com | Dalam rangka perayaan hari Sumpah Pemuda Indonesia yang ke-92, Museum Sumpah Pemuda berkolaborasi dengan Rumah Millennials mengadakan Pameran Tokoh Sumpah Pemuda, Rabu 28 Oktober 2020. Bertepatan di Museum Sumpah Pemuda, acara kali ini mengangkat tema “Mr. Sartono: Sang Pejuang Demokrasi”.

Pameran kali ini, bertujuan mengenal lebih dekat Mr. Sartono, yang merupakan sosok dibalik kesuksesan penyelenggaraan deklarasi Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928. Melalui koleksi – koleksi baru yang diterima Museum Sumpah Pemuda, sebagai hibah dari keluarga Mr. Sartono, serta dokumentasi foto dan tulisan mengenai sosok Mr. Sartono, pameran yang ditayangkan secara live streaming lewat kanal YouTube Museum Sumpah Pemuda ini, diharapkan menjadi pelajaran serta teladan bagi seluruh pemuda/i Indonesia dalam memaknai hari Sumpah Pemuda.

Acara dimulai dengan upacara pengibaran bendera merah-putih yang diselenggarakan di halaman depan Museum Sumpah Pemuda. Upacara dipimpin oleh Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Yudi Wahyudin. Selesai upacara, rangkaian acara utama digelar di halaman tengah Museum Sumpah Pemuda. Kepala Museum Sumpah Pemuda, Titik Umi Kurniawati, dan Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Yudi Wahyudin membuka acara dengan memberikan sambutan. Ada juga penampilan pembuka dari Jakarta Youth Choir dan Sanggar Svadara. Kemudian, penyerahan secara simbolis koleksi baru dari keluarga Mr. Sartono ke Museum Sumpah Pemuda, serta presentasi logo baru Museum Sumpah Pemuda.

Setelah itu, Direktur Pembinaan Tenaga Dan Lembaga Kebudayaan, Yudi Wahyudin bersama perwakilan dari Museum Sumpah Pemuda berkeliling melihat foto – foto dokumentasi dan koleksi baru yang dipamerkan di galeri Museum Sumpah Pemuda.

Acara dilanjutkan dengan sesi talkshow mengenai makna Sumpah Pemuda bagi generasi muda saat ini dan bagaimana sebagai pemuda memaksimalkan perannya untuk berkontribusi bagi bangsa dan negara. Talkshow kali ini menghadirkan bintang tamu yaitu Dennis Adhiswara dan Hivi. Sebagai seorang actor, Dennis selalu bekerja keras dan berterima kasih kepada banyak orang, karena dalam berkarya kita akan berkolaborasi, seperti halnya pemuda di masa lalu. Sumpah Pemuda mengingatkan pada pemuda akan pentingnya berjuang bersama, seperti itulah Dennis memaknai Sumpah Pemuda.

Sedangkan Hivi, mereka selalu terbuka untuk berkomunikasi dengan fansnya. Hivi sendiri tidak bisa menemukan jawaban soal karya apa yang bisa relate dengan masyarakat, tetapi itulah salah satu alasan Hivi menjaga inklusifitas kepada fansnya lewat mendengarkan masalah, keresahan, dan apa yang membuat fansnya optimis. Bagi Hivi, jika terlalu idealis dalam berkarya, itu akan menyulitkan untuk berkolaborasi, jadi Hivi fokus pada bagaimana menyampaikan karya yang sesuai dengan passion tapi membuka kesempatan untuk berkolaborasi.

Acara ditutup dengan penampilan Hivi yang membawakan empat lagu.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close