Jangan Lakukan 4 Hal Ini Kalau Mau Data Kamu Aman Saat Gunakan Digital Payment

Bekasi – RumahMillennials.com | Teknologi digital semakin mempermudah hidup manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Yang tadinya susah jadi gampang, tadinya ribet jadi simpel, tadinya gak bisa jadi bisa. Digitalisasi benar – benar membuka begitu banyak peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidup, bisnis, dan finansial.

Akan tetapi kecanggihan teknologi kalau tidak dibarengi dengan kecerdasan manusia sebagai penggunanya, bisa menjadi negatif. Misalnya, dengan adanya media sosial jadi marak hoax bertebaran, adanya e-commerce dan online shop memungkinkan terjadinya penipuan dalam transaksi, serta kebocoran data pribadi yang mengakibatkan kejahatan digital seperti perampokan saldo rekening di bank. Maka dari itu, sebagai generasi muda yang dikenal sebagai digital native, millennial dan generasi z harus lebih digital smart atau cerdas dalam menggunakan teknologi digital agar tidak terjadi hal – hal negatif.

Gabriella Sirait, Consumer Business & Corporate Legal Advisor at Dana Indonesia, memaparkan materi terkait “Financial Planning di Era Digital Pada Industri Manufaktur 4.0”, di program pemuda transformasi digital. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pemuda dan Olahraga bersama Rumah Millennials dan Kamtiv, yang diselenggarakan selama tiga hari dari Selasa 20 Oktober 2020 sampai Kamis 22 Oktober 2020, lewat Zoom.

Menurut Gabriella, agar terhindar dari hal – hal negatif selama menggunakan aplikasi digital payment di smartphone, kamu harus memperhatikan 4 prinsip berikut:

1. Jangan Sembarangan Klik Link / Tautan Promo

Jika kamu menerima SMS atau notifikasi dari sumber yang tidak dikenal, sebaiknya abaikan saja! Jangan sekali – kali klik link atau tautan promo sembarangan sekalipun itu terlihat menggiurkan karena bisa jadi itu peluang dari seseorang untuk hacking dan cracking data – data di smartphone kamu untuk hal – hal yang tidak bertanggung jawab seperti penipuan dan pencurian saldo rekening di aplikasi mobile banking.

2. Jangan Memberitahu Password / PIN / Informasi Pribadi

Sekalipun ke kerabat terdekat kamu seperti keluarga, jangan pernah memberitahu kode OTP, password, dan PIN mobile banking atau digital payment. Ini bisa membuka peluang pihak lain untuk membocorkan informasi pribadimu dan mencuri datamu yang beresiko tindakan kriminal secara digital.

3. Jangan Mudah Tergiur Harga Yang Terlalu Murah

Bisa jadi itu hanyalah penipuan, entah barangnya tidak sampai atau kamu akan dipungut biaya – biaya tak masuk akal untuk keperluan yang tidak perlu. Selektif lah dalam melihat promo – promo.

4. Jangan Gunakan Wifi Publik

Memang terkadang kamu ada di tempat umum dan butuh wifi, tapi sebaiknya kamu bermodal sedikit untuk membeli quota internet. Wifi publik memungkinkan seseorang hacking smartphone kamu untuk merusak data atau mencuri data.

Itulah 4 prinsip kehati – hatian dalam menggunakan digital payment menurut Gabriella Sirait. Selama kamu tidak melakukan 4 hal diatas, data kamu akan aman. Teknologi digital memang membuat segala hal jadi praktis, tapi tetap berhati – hati dan cerdas menggunakannya.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close