Pertama Dalam Sejarah! Generasi Muda Indonesia Lintas Bidang Berkolaborasi Mengadakan Upacara Virtual Di HUT RI Ke-75

Bekasi – RumahMillennials.com | Ditengah – tengah wabah covid-19, generasi muda Indonesia lintas bidang yang tergabung dalam Indonesia Community Network (ICN), menyelenggarakan Upacara Virtual HUT ke-75 Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020 via Zoom. Mengusung semangat kolaborasi komunitas untuk bangsa demi mewujudkan #IndonesiaBangkit dan #IndonesiaMaju, beragam komunitas dari berbagai bidang mulai dari sejarah, lingkungan, sepeda, hingga budaya hadir dalam upacara virtual tersebut.

Upacara dimulai dengan mengibarkan bendera merah putih dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dipimpin oleh Founder Komunitas Historia Indonesia, Asep Kambali yang bertindak sebagai Komandan Upacara. Dilanjutkan dengan mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan yang dikomandoi oleh Co-Founder Bike To Work dan Inspektur Upacara, Toto Sugito. Setelah itu, Founder Rumah Millennials Taufan Teguh Akbari membacakan teks proklamasi, dilanjutkan dengan pembacaan pembukaan UUD 1945 oleh Valencia Mieke Randa, Founder Blood for Life Indonesia.

Dalam pidato upacara, Toto Sugiato selaku Instruktur Upacara mengingatkan peran seluruh generasi muda yang tergabung dalam komunitas lintas bidang, untuk terus melanjutkan cita – cita bangsa sebagaimana yang tercantum dalam UUD 1945 yakni memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial. Dalam hal ini, komunitas fokus pada kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa dengan semangat kolaborasi untuk Indonesia bangkit dan Indonesia maju.

Upacara ditutup dengan doa yang dipimpin oleh perwakilan dari Paguyuban Asep Dunia.

Untuk menguatkan rasa cinta tanah air dan memaksimalkan peran pemuda sebagai generasi penerus bangsa, Meutia Hatta yang merupakan putri dari proklamator bangsa yakni Mohammad Hatta, memberikan pesan proklamasi. Meutia mengatakan bahwa generasi muda Indonesia harus melihat UUD 1945 sebagai nilai dan norma kebudayaan nasional. Sebagai bangsa yang merdeka, Pancasila dan UUD 1945 adalah dasar negara yang harus diterapkan dalam hidup berbangsa dan bernegara. Meutia mengajak pemuda/i Indonesia untuk membaca dan memahami kembali makna dari Pancasila dan UUD 1945, agar tahu peran apa yang harus dimaksimalkan dalam pembangunan negara dan bagaimana cara melakukannya.

Menurut Meutia, mengisi ilmu saja tidak cukup, tapi berkontribusi nyata untuk mengarahkan Indonesia yang maju dan jaya jugalah penting. Untuk itu, Meutia berpesan agar pemuda/i Indonesia memaksimalkan kemajuan teknologi digital agar lebih mengenal masyarakatnya sendiri yang multikultural, sehingga tahu kekuatan sosial dan budaya dari Indonesia, serta sumber daya yang diberikan Tuhan untuk kita kelola secara mandiri. Kemajuan teknologi harus selaras dengan perwujudan cita – cita bangsa.

Acara dilanjutkan dengan menyanyikan Lagu Hari Merdeka dari Jakarta Youth Choir, puisi yang dibacakan perwakilan Kisah Perempuan Indonesia, Musikalisasi Puisi oleh Komunitas Peduli Museum dan Sejarah, penampilan Karawitan Tembang Jaya oleh Rumah Budaya Kratonan, penampilan Tarian Daerah dari Grup Tari Turonggo Mudho, menyanyikan lagu nasional oleh Komunitas Hijrah Istiqomah, menyanyikan lagu daerah oleh Maramowe, dongeng cerita rakyat dari Ayo Dongeng Indonesia, dan video merdeka sampah persembahan dari Waste Hub.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close