Sobat Millennials, Ini Dia 6 Tips Agar Kamu Bisa Mendapatkan Pekerjaan Baru Di Tengah Pandemi Covid-19!

Bekasi – RumahMillennials.com | Wabah covid 19 yang telah berlangsung selama kurang lebih dua bulan ini, telah memaksai setiap orang untuk melakukan perubahan dan menciptakan the new normal. Tak terkecuali di sektor bisnis, khususnya bagian rekrutmen untuk pekerja professional.

Lanny Wijaya, Talent Expert LinkedIn dalam sesi “Ngobrol Ramadhan Bareng Siblings RM” memaparkan bagaimana perusahaan – perusahaan merubah cara rekrutmen dan tips mencari pekerjaan di tengah pandemi covid 19.

Selama pandemi covid 19, perusahaan – perusahaan melakukan adaptasi dengan perubahan situasi melalui tiga tahap. Pertama, Immediate term yaitu memastikan keselamatan pekerjanya dan membangun struktur kerja agar bisa work from home. Kedua, medium term dimana perusahaan membangun tactical response dalam membiasakan diri akan new normal. Ketiga, Long term yaitu mendesign strategi bagaimana bisnis tetap relevan dalam situasi ekonomi pasca covid 19. Salah satu fenomena yang akan muncul ketika covid 19 berakhir, akan ada persaingan memperebutkan talenta dimana banyak perusahaan akan membuka lowongan di waktu bersamaan.

Tidak hanya itu, perusahaan kini melakukan penyesuaian terhadap proses rekrutmen dengan gaya baru yang mengandalkan teknologi digital. Kandidat akan melalui tahap pertama lewat wawancara via phone screen, unutk menseleksi kandidat apakah cocok dengan persyaratan perusahaan. Setelah itu, baru akan menjalani video call dengan masing – masing pemegang keputusan dalam perusahaan.

Maka dari itu, Lanny memberikan tips bagaimana pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan ditengah pandemi covid 19:

1. Temukan industri yang tepat dan lakukan riset. Pastikan industri yang kamu tuju sesuai dengan kemampuan dan kompetensimu, serta jangan lupa untuk melakukan riset yang mendalam.

Sumber: Seek

2. Menjaga kesehatan mental. Pandemi covid 19 telah menguras mental banyak orang dengan karantina mandiri di rumah, kebijakan PSBB dari pemerintah, larangan mudik, dan banyak orang yang kehilangan pekerjaan. Tentunya, penting bagimu untuk berusaha mengambil sisi positif dari pandemi ini, sehingga mentalmu tidak sampai nge-drop.

Sumber: Texana Center

3. Perluas network dengan melakukan pendekatan pada hiring manager dan recruiters lewat koneksi di LinkedIn. Dengan lebih pro-aktif, kamu akan lebih mudah dikenal oleh HRD tempat perusahaan tujuanmu melamar.

Sumber: The Balance Career

4. Selalu pantau notifikasi resume kamu dan LinkedIn profile. Bisa jadi ada yang tertarik dengan CVmu di LinkedIn, maka dari itu jangan abaikan notifikasi yang selalu muncul.

Sumber: Surfside PPC

5. Bersiap untuk video interview, dan pelajari alat pendukungnya. Pelajari platform video conference seperti Zoom, Google Hangout, dll agar kamu tidak gagap saat harus interview melalui aplikasi video call.

Sumber: Financial Times

6. Jangan menyerah. Meskipun sedang dalam kondisi sulit, tetap optimis bahwa kamu pasti bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan.

Sumber: The Teenager Today

Selain enam tips diatas, Lanny berpesan agar kamu menemukan ikigai dalam dirimu agar bisa mengambil kontrol akan karirmu dan mampu membangun kepercayaan serta kredibilitas. Ikigai adalah konsep menemukan tujuan hidup dengan meliputi empat elemen yakni passion, mission, vocation, dan profession. Manfaat lain dari menemukan ikigai dalam dirimu adalah kamu bisa fokus terhadap pekerjaan yang jamu cintai sampai benar – benar mencapai level ahli. Kalau sudah sampai di level ahli, kamu bisa memberikan dampak yang lebih positif kepada orang – orang sekitarmu, terutama perusahaan tempatmu bekerja yang pastinya menginginkan karyawannya memiliki kualitas diri yang baik.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close