Mau Bangun Personal Branding Di Media Sosial? Perhatikan Dulu Hal – Hal Penting Ini!

JAKARTA – RumahMillennials.com | Semenjak social media menjadi lebih dari sekedar media untuk bersosialisasi, personal branding menjadi kian penting. Semua orang berusaha membangun citra dirinya melalui personal branding, terutama di social media. Akan tetapi, bagaimana kamu berani membangun personal branding yang bener – bener kamu banget?

Aktor sekaligus Koordinator bidang film Rumah Millennials, Dennis Adhiswara dan Staff Khusus KSP bidang komunikasi, Adita Irawati memberikan tips soal Personal Branding lewat sesi talkshow di salah satu conference Siberkreasi Netizen Fair 2019, dengan tema “Digital Personal Branding”, Sabtu 5 Oktober di Mall Kota Kasablanka.

Baik Adita maupun Dennis menekankan, yang paling penting dari Personal Branding itu soal mengenal siapa diri dan citra seperti apa yang ingin kamu tampilkan. Kamu bebas memilih ingin mencitrakan dirimu seperti apa, terlepas apapun yang orang lain bilang. Namun, Adita dan Dennis mewanti – wanti agar berhati – hati dengan citra diri yang ingin kamu tampilkan, sebab segala yang kamu lakukan akan ada pertanggung jawabannya.

Selain itu, Adita dan Dennis menyarankan agar selalu berikan energi positif dari personal branding yang ingin kamu tampilkan. Tidak apa – apa berani menunjukan sudut pandangmu terhadap suatu isu lalu share di social media karena setiap masalah akan jadi berbeda jika dipikrkan dengan sudut pandang yang lain. Hal ini dipertegas dengan pernyataan Dennis “setiap content creator membicarakan dunia dari masing – masing perspektifnya. Tampilkan saja sudut pandang kita sendiri, lalu sesuaikan dengan interest dan pesan yang ingin kamu sampaikan”.

Coba kamu lihat para content creator baik di YouTube maupun Instagram! Ada kan yang kerjaanya bikin kontroversi terus bikin kesel netizen, tapi tetep followersnya banyak dan watch time videonya di YouTube tetep tinggi yang berakhir orang itu jadi viral. Meskipun ngeselin, tapi tetep aja dia berhasil dengan personal branding yang ia bangun, dengan membuat kontroversi itu. Kemudian ada satu waktu dia tiba – tiba memberikan klarifikasi tentang perbuatannya, dan tobat dari segala tindakan buruknya. Seketika, netizen yang tadinya ramai mengejeknya tiba – tiba balik memuji dan mengagumi.

Menurut Dennis, yang seperti itu salah satu strategi personal branding di social media. Ada kalanya memang benar seperti itu, tapi si content creator itu paling tidak berhasil mencitrakan siapa dirinya dan berhasil disukai orang. Ini merupakan salah satu cara membangun personal branding yang cukup efektif, tapi perlu diingat segala tindakan ada pertanggung jawaban dan segala jejak digital mudah sekali dilacak. Jadi, kalau kamu berniat melakukan kontroversi di social media, tidak apa – apa asal kamu tahu konsekuensinya.

Jadi, bagaimana strategimu dalam membangun personal branding?

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Comments (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close