Bawa Silicon Valley ke Indonesia melalui 1000 Startup Digital

Sejak tahun 2016 yang lalu, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Republik Indonesia bekerja sama dengan KIBAR menggagas “Gerakan Nasional 1000 Startup Digital” dan terus mengawal perkembangannya. Memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke-74 dengan tagline “SDM Unggul, Indonesia Maju”, Kominfo bekerja sama dengan KUMPUL kembali menggelar acara tersebut  dengan memboyong para Game Changer diantaranya CEO Bukapalak Achmad Zaky, CEO Tokopedia William Tanuwijaya, CEO Traveloka Fery Unardi, Erick Thohir, dan Whisnutama untuk berbagi pengalamannya, pada Minggu 18 Agustus 2019.

Pada sesi “1000 Sartup Steercommittee & Ecosystem Builder” bersama Faye Alund sebagai Moderator dari President Coworking Indonesia, dalam diskusinya Lis Sutjiati sebagai Staff Khusus Menkominfo mengatakan “Belajar dari Silicon Valley, bagaiman cara menetaskan startup-startup berkualitas? Ternyata bukan bermula dari ide lalu menjadi Startup, tapi ada proses awal mulai dari menginspirasi, didukung dengan workshop ‘Bagaimana meng-create the first one thousand customer? Bagaimana Design Thinking?’. Kita lihat apa yang bekerja (sistem) di Silicon Valley, kita adopsi di Indonesia”.

Bagi Leonika Sari sebagai Founder dari Reblood menekankan akan pentingnya Ekosistem dalam mengembangkan bisnisnya. Bertemu dengan berbagai mentor yang ahli bisnis model, pitching, product roadmap, hingga teknologi dan infrastruktur.

Tidak sampai disitu, hadirnya coworking space yang mudah ditemui di kota-kota besar seperti Jakarta juga membuka peluang bagi mahasiswa untuk bisa berkolaborasi dengan teman – teman coworking space lainnya yang mungkin sudah Profesional dibidangnya. Tips dari Anjas Pramono sebagai Founder Difodeaf untuk para Enterpreneur Milenial yang ingin membangun Startup Digital adalah melihat permasalahan-permasalahan kecil (sederhana) yang dapat dijadikan ide dasar dalam mebuat Startup Digital.

Nah, apakah kamu sudah mendapatkan idenya? Yuk langsung wujudkan idemu dengan aksi nyata melalui program 1000 Startup Digital 2019 di website resminya. Informasi selengkapnya kunjung 1000startupdigital.id

Verham Teguh Kusuma

Member of Rumah Millennials Campus Network from Raharja University. “Banyak bermain, bukan berarti main-main. Di saat bermain, bermainlah sebagai pemain.” ~ @Verham_T_K #VCOREdotTK #KuKutipDariDiriku #SaatnyaHaveFun Mahasiswa di Universitas Raharja, Fakultas Teknik Informatika - Software Engineering.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close