Mau Sukses Dalam Hidup? Punya Grit Dong!

Mau Sukses Dalam Hidup? Punya Grit Dong!

JAKARTA – RumahMillennials.com | Dunia ini terus berubah tiada henti. Baru satu inovasi muncul, udah ada inovasi lainnya. Belum selesai beradaptasi dengan perubahan lingkungan karena adanya teknologi, udah dateng lagi perubahan yang lain. Di satu sisi, inovasi dan kreatifitas yang tercipta karena berkembangnya teknologi, bisa menawarkan berbagai kemudahan dalam hidup. Namun, jika tidak bijak dan cerdas dalam menanggapi berbagai hal – hal baru tersebut, maka hal negatif yang akan kita dapatkan, seperti stress, tidak percaya diri, sombong, bahkan depresi.

Maka dari itu, konsultan psikologi ternama Indonesia, Personal Growth, bekerja sama dengan Kinokuniya, yang didukung oleh Rumah Millennials, mengajak sobat millennials untuk mengupas tuntas isi buku “Grit: The Power of Passion and Perseverance” karya Angela Duckworth.

Apa itu Grit? Menurut Founder dan CEO Personal Growth, Ratih Ibrahim, Grit adalah attitude untuk tidak mudah atau memiliki daya juang yang tinggi untuk bertahan hidup. Rumus dari Grit sendiri adalah berikut ini:

Grit = Passion + Resilience + Determination + Focus

Seseorang yang memiliki Grit, dia tahu passionnya apa, dan bagaimana memaksimalkannya. Tahu passion saja tidak cukup, karena kita harus terus belajar, mengasahnya, dan mengaplikasinya dalam setiap karya yang kita buat sehingga passion itu menjadi sesuatu yang bermanfaat untuk diri sendiri dan orang lain.

Namun, karena hidup tidak selalu indah, maka butuh resilience atau ketahanan diri dalam menghadapi segala tantangan. Tantangan itu bukan untuk dihindari, tapi dihadapi. Jadi kamu harus tetap bertahan walaupun situasinya sedang tidak enak, karena mereka yang sukses adalah mereka yang bertahan sampai akhir.

Kamu juga butuh determinasi untuk mewujudkan cita – citamu yang ditandai oleh komitmen kuat dan tanggung jawab. Terakhir, fokus akan tujuanmu melakukan aktivitasmu sangat penting. Kalau pikiranmu kemana – mana, tidak senantiasa berada dalam setiap aktivitasmu, maka jangan harap apa yang kamu impikan akan terwujud.

Fokus dan mindful di setiap hal yang kamu lakukan baik itu bekerja, melakukan kegiatan sosial, maupun belajar di institusi pendidikan.

Dua pemuda hebat ini sudah membuktikan bahwa memiliki Grit sangat penting untuk kesuksesan. Mereka adalah Karina Soerja (Radio Announcer Mustang FM & Community Ambassador Rumah Millennials) dan Panji Azis Pratama (Founder Isbanban Foundation & Community Ambassador Rumah Millennials) yang pada acara bedah buku “Let’s Get Grit” hadir untuk berbagi pengalaman mereka.

Dengan Grit, Panji berhasil memberikan dampak positif kepada anak – anak di desa – desa Banten melalui Istana Belajar Banten (Isbanban). Meskipun awalnya kesulitan mencari dana, namun Panji tetap berusaha semaksimal mungkin agar Isbanban bisa menjadi wadah bagi generasi penerus bangsa untuk mendapatkan pendidikan yang lebih layak.

Begitu juga dengan Karin, masa – masa sulit dimana dirinya mengalami sakit yang membuatnya tidak bisa berdiri dan harus mengubur keinginannya untuk tetap bermain rugby, dijadikannya sebagai turning point dalam hidupnya.

Dengan Grit yang dia miliki, dia tetap bisa memberikan dampak positif kepada Indonesia dengan terlibat sebagai bagian dari coach untuk tim rugby Indonesia pada ajang Asian Games 2018 lalu. Dia bangkit dengan pola pikir dirinya tetap memegang teguh pada mimpinya.

Itulah pnetingnya memiliki Grit dalam diri. Generasi muda saat ini dengan berbagai kemudahan yang kamu miliki, harusnya bisa membuat kamu lebih percaya diri dan menunjukan bahwa dirimu punya Grit.(audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *