UPI YAI Mengajak Pemuda Mendalami Peran Media Dalam Acara Festival Komunikasi

UPI YAI Mengajak Pemuda Mendalami Peran Media Dalam Acara Festival Komunikasi

JAKARTA – RumahMillennials.com | Dalam acara bertajuk “Festival Komunikasi”, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Persada Indonesia (UPI) YAI berkolaborasi dengan Rumah Millennials, mengajak para pemuda untuk belajar lebih dalam mengenai peran media dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Mengusung tema “Role of Media and Stereotype”, mereka mengundang dua jurnalis millennials yang sudah berkarir di media selama lebih dari 5 tahun. Mereka adalah Skolastika Sylvia (News Anchor Liputan 6) dan Eko Frima Andani (Produser Program Berita Metro TV).

Di dampingi oleh Ketua Divisi Jurnalistik dan Publikasi Rumah Millennials, Audi Rahmantio sebagai moderator, mereka berdua memberikan pemaparan tentang pengalaman selama meliput berbagai peristiwa nasional dan bagaimana mereka menyampaikannya ke masyarakat melalui berita tertulis maupun visual.

Menurut Eko, pers adalah penyambung lidah masyarakat dan berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial. Namun, tidak bisa dipungkiri pers di Indonesia memang sudah dimiliki oleh pihak – pihak yang mempunyai kepentingan. Meski begitu, seorang jurnalis harus tetap mempunyai idealisme dan independensi dalam menyampaikan berita walaupun terkadang, hal itu terbentur dengan kepentingan pemilik dan pengiklan.

Sebagai jurnalis muda, kebenaran yang terjadi di lapangan harus disampaikan dengan cara komunikasi yang baik kepada masyarakat, karena kesalahan informasi, bisa mengakibatkan konflik dan menurunkan reputasi media sebagai penyambung lidah masyarakat.

Hal itu juga ditekankan oleh Sylvi yang mengatakan media ibarat “sepeda”. Dalam sepeda ada roda dan handle bar yang berfungsi agar bisa dikendarai. Media pun seperti itu, roda diibaratkan sebagai pemilik atau pengiklan, sedangkan handle bar adalah kepentingan publik.

Jadi di satu sisi, media bisa tetap stabil secara bisnis karena ada pemilik atau pengiklan yang mendukung. Namun, publik juga salah satu stakeholder media karena segala informasi yang disampaikan, harus actual berdasarkan fakta sehingga masyarakat tahu apa yang sedang terjadi dalam suatu peristiwa. Sebagai jurnalis muda, Sylvi mengingatkan agar tetap meningkatkan kualitas diri untuk menjaga mentalitas. Sehingga, jurnalis media bisa menyeimbangkan berbagai kepentingan stakeholder.

Acara forum diskusi ini merupakan bagian dari program Rumah Millennials Campus Network (RM CN). RM CN adalah suatu program dari Rumah Millennials yang berfungsi sebagai pemberi platform kepada mahasiswa dari berbagai universitas agar bisa bertemu dan berkolaborasi dalam mengadakan suatu project yang memberikan dampak positif. Sudah ada lebih dari 50 mahasiswa dari berbagai kampus negeri dan swasta dari seluruh Indonesia yang sudah tergabung. Dalam acara Festival Komunikasi di UPI YAI, Rumah Millennials mengambil peran sebagai pengundang narasumber, mengemas acara semenarik mungkin, dan mempublikasikan acara melalui media sosial dan website.

Bagi sobat millennials, yang ingin bergabung dengan Rumah Millennials Campus Network, kamu bisa klik “RM Campus Network” yang ada di bagian bawah website.

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *