[PRESS RELEASE] Yuk Belajar Jadi Wirausaha Muda di Playfest Series: Podcast Day

Jakarta – RumahMillennials.com | Bukan hanya kebiasaan sehari-hari yang berubah karena adaptasi kebiasaan baru, tapi juga sampai ke perekonomian global. Pertumbuhan ekonomi melambat, banyak negara terancam resesi, enggak terhindari juga para wisudawan tahun 2020 yang kesulitan mencari pekerjaan. Tapi, biarpun begitu, peluang berwirausaha di usia muda bisa jadi salah satu alternatif. Saat-saat seperti ini kita semua dituntut untuk mengeksplorasi kreativitas kita dalam beradaptasi agar bisa mendapatkan penghasilan di tengah situasi yang sulit saat ini.

Mengutip Kompas.com, Kepala Bapenas, Suharso Monoarfa khawatir jumlah pengangguran di Indonesia meningkat akibat pandemi COVID-19. Tingkat pengangguran terbuka bisa mencapai 10,7 juta sampai 12,7 juta orang di tahun 2021. Menurut Stephen Warnham, 30% anak muda ingin memulai bisnis sendiri. Padahal, Menurut Kementerian Koperasi UKM, rasio pengusaha Indonesia baru 3,1% dari jumlah penduduk. Selisih jauh kalau dibandingin dengan Malaysia (6%) atau Singapura (7%).

Karena itu, kali ini Narasi kembali mengadakan Playfest Series ke-2 dengan tema “Podcast Day”. Mengangkat pilar “Ideas” dari Playfest, rangkaian Playfest kali ini diadakan dengan konsep podcast huddle. Menghadirkan para kreator podcast, audiens akan mendapat berbagai ide, inspirasi, juga pengalaman yang dibagikan langsung oleh para podcaster untuk melihat peluang dalam berbisnis dan berkarya di dunia kreatif

Direktur Komunikasi Narasi, Elly Husin, menuturkan harapannya agar Playfest Series: Podcast Day bisa memberikan berbagai pengetahuan baru serta mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha anak muda di Indonesia. “Acara Playfest Series: Podcast Day digelar sebagai bentuk kolaborasi antara Narasi dengan Wirausaha Muda Mandiri. Kami ingin mencoba membagikan lebih banyak cerita sukses para wirausahawan muda yang diharapkan bisa menginspirasi anak muda lainnya. Platform podcast kami pilih karena kian diminati dan konten yang dihasilkan timeless sehingga bisa dinikmati untuk jangka waktu yang panjang.”

“Beberapa bahasan yang akan diangkat adalah pengalaman para kreator dalam menjalani proses kreatif, hingga petualangan hidup yang membawa mereka sampai di titik karir saat ini. Pada sesi talks lainnya, para kreator juga akan membahas potensi industri lokal di Indonesia, baik industri kreatif, kuliner, sosial, maupun teknologi, serta berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan generasi muda,” kata Elly.

Setelah sukses dengan Playfest Series pertama bertema “Pass The Mic, Sing It Loud!”, kini Narasi menghadirkan gelaran yang kedua. Kali ini, Playfest Series mengangkat pilar Ideas, dimana penonton dapat mendapatkan pengalaman mendalam dalam konteks kreativitas, kolaborasi, dan inspirasi. Mereka yang akan hadir mengisi acara antara lain: Podkesmas, KinosGina, Obrolan Babibu, Thirty Days Of Lunch, Najwa Shihab, Githa Nafeeza (Founder/CEO Hachi Group), dan Sabda PS (Chief Education Officer Zenius Education).

Playfest Series sendiri merupakan rangkaian pre-event Playfest yang akan digelar pada 20 September 2020 nanti. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar secara offline, kali ini Playfest hadir secara online. Meski berpindah platform, Playfest 2020 tetap mengusung semangat menjadi ekosistem kreatif dengan 3 pilar utama: ideas, art, & entertainment.

Playfest Series: Podcast Day dapat disaksikan gratis secara live streaming pada pukul 18.30-21.00 WIB di laman playfest.narasi.tv, YouTube Channel Narasi, YouTube Channel Najwa Shihab, dan Twitter serta Instagram Live @playfestnarasi.

Tentang Narasi

Narasi adalah media berbasis digital dengan visi memberdayakan ruang untuk berpendapat, memperkaya perspektif, dan mendorong terciptanya gerakan untuk membentuk generasi yang lebih baik. Melalui pilar Konten, Komunitas dan Kolaborasi, Narasi mewujudkan visi tersebut dengan membuat konten-konten berbasis jurnalisme kreatif, manajemen komunitas, off-air event, juga kolaborasi dengan para kreator konten berbakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *