Sinergi Aktif Literasi Digital Siberkreasi Menumbuhkan Kreativitas dan Produktivitas Netizen Indonesia (2)

Selain empat program di atas, salah satu program lain Siberkreasi adalah Siberkreasi Netizen Fair 2019 yang diadakan setiap tahun. Pada tanggal 5 Oktober Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan berlangsung di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta. Kegiatan ini merupakan gelaran ketiga setelah dua tahun sebelumnya Siberkreasi Netizen Fair sukses digelar.

Dengan mengangkat tema “Creator Generation” pada tahun ini, Siberkreasi Netizen Fair 2019 hadir untuk mengajak anak bangsa lebih bebas menuangkan kreativitas dalam berekspresi serta mendorong anak muda agar mampu memanfaatkan teknologi dengan memproduksi konten positif yang bisa berguna bagi banyak orang. Hal ini dikarenakan kurang fasilitas untuk mengembangkan kreativitas baik di sekolah maupun di rumah. Akibatnya, akan melahirkan mentalitas “sumbu pendek” saat melihat berita di media sosial.

Siberkreasi Netizen Fair 2019 akan digelar dalam bentuk :

Konferensi

Konferensi merupakan acara utama yang menghadirkan Presiden Joko Widodo sebagai special keynote speech, dengan tajuk creator generation. Selain itu, terdapat dua konferensi lain dengan tema “beat the negativity with positive mind” dengan pembicara Menteri KKP Susi Pudjiastuti dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Konferensi berikutnya mengangkat tema “Spread Love, Have Fun” yang menghadirkan Arif Muhammad (Mak Beti) dan Bude Sumiyati.

Workshop

Workshop digelar dalam sembilan tema berbeda. Pertama, coding and robotics for kids dengan pengisi Rumah Robotika Indonesia. Kedua, Digital Parenting oleh Diena Haryana, Marcella Zalianty, Rita Nurlita, Nirina Zubir dan Ernest Family. Ketiga, workshop E-Sport Industry oleh NXG dan Onic. Keempat, workshop Hoax and Fact Checking oleh Mafindo dan RTIK Indonesia. Kelima, Social Media and Future Technology oleh Onno Purbo dan Yudho Giri. Keenam, workshop Social Media for Business oleh tim Facebook Indonesia. Ketujuh, workshop Online Platforn for Business oleh Tim Google Indonesia. Kedelapan, workshop Digital Personal Branding oleh Ndoro Kakung, Fathia Izzati, Adita Irawati dan Dennis Adhiswara. Kesembilan, workshop, content Creation oleh Mira Sahid, Enda Nasution Kreator Nongkrong, Kevin Hendrawan, Gemagrafi, Dicky R. Maland, Nex Carlos, dan Rendha Rais.

Siberkreasi Award

Siberkreasi, berkolaborasi dengan Metro TV, akan memberikan penghargaan kepada 12 kreator yang aktif membuat konten positif dari 6 kategori. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi bahwa konten-konten yang mereka buat telah membawa dampak positif di dunia siber. Dengan adanya penghargaan ini, masyarakat juga diharapkan semakin menghargai konten positif beserta kreatornya. Dua belas kreator dipilih berdasarkan keputusan netizen dan juri (Yossi Mokalu dan Dennis Adhiswara). Penerima penghargaan akan diapresiasi langsung oleh Presiden Joko Widodo, dan Rudiantara (Menkominfo).

Music Performance

Gelaran konser musik di penghujung acara akan menghadirkan musisi top tanah air yaitu Cameo Music, Randy Pandugo, Sheryl Sheinafia, Petra Sihombing, Vidi Aldiano dan The Dance Company.

Masyarakat dari berbagai lapisan dapat terlibat aktif dalam menyebarluaskan internet positif agar tercipta netizen Indonesia yang kreatif, inovatif, dan produktif. Para pelaku industri digital pun diharapkan dapat berkolaborasi dan mendukung pemerintah selaku fasilitator dalam upaya menciptakan sumber daya manusia yang mampu bersaing di kancah global dalam industri 4.0.

Siberkreasi Netizen Fair 2019 menjadi wadah yang harus dimanfaatkan dengan baik oleh seluruh lapisan masyarakat. Yosi Mokalu, Ketua Divisi Kreatif GNLD Siberkreasi berpendapat “Siberkreasi Netizen Fair adalah event yang penuh dengan energi positif dari dunia siber. Mulai dari bermacam workshop, entertainment & penghargaan. Orang harus datang untuk mendapatkan inspirasi, ilmu & kreatifitas baru, jika ingin aktif berkontribusi dalam dunia siber. Tapi juga bagi konten kreator yg sudah konsisten membuat konten positif, Netizen Fair adalah rumah mereka, karena karya mereka dihargai di situ.”

Untuk mengikuti Siberkreasi Netizen Fair 2019, masyarakat tidak dikenakan biaya alias gratis. Bagi yang ingin ikut serta, dapat mendaftar di website siberkreasi.id. Pendaftaran ditutup pada tanggal 25 September 2019, pada pukul sebelas malam.

Tidak hanya memberi kesempatan bagi masyarakat yang ingin datang dan meramaikan Siberkreasi Netizen Fair 2019, masyarakat juga bisa berkontribusi dengan menjadi volunteer. Volunteer ini hanya diperuntukkan bagi masyarakat berusia 19-24 tahun yang memiliki ketertarikan di dunia siber terutama seputar literasi digital dan konten positif. Cara mendaftarnya yaitu dengan membuka website siberkreasi.id, lalu mengisi formulir pendaftaran.

<< Previous Page

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close