[BOOK REVIEW] “Rahasia Membangun Bisnis Kuat Dengan SOP Tepat” Penting Untuk Millennials Yang sedang Membuat Usaha Rintisan

[BOOK REVIEW] “Rahasia Membangun Bisnis Kuat Dengan SOP Tepat” Penting Untuk Millennials Yang sedang Membuat Usaha Rintisan

RumahMillennials.com | Buku ini baru saya terima hari rabu kemarin saat saya sedang siap-siap untuk berangkat ke Galeri Indonesia Kaya untuk acara “Membangun Indonesia dari Desa” kolaborasi Rumah Millennials dengan Putra Daerah Membangun dan Rumah Kepemimpinan. Buku ini saya beli saat Lukman Setiawan (penulis bukunya) membuka preorder buku ini sekitar pertengahan bulan februari yang lalu.

Buku ini tidak dijual sendirian, karena Lela Lukman (istrinya) juga menulis buku yang berjudul “Langkah Praktis Bangun Bisnis Online Dari Rumah Hasil Wah”. Nah kedua buku ini dijual dalam satu paket Sejoli Buku Bisnis, yang dicetak mengunakan Hard Cover.

Selain 2 buku itu, buku pak Lukman ini juga dilengkapi dengan 1 CD yang berisi banyak contoh SOP, template SOP, bahkan ada beberapa video yang akan membantu kamu merancang Standard Operating Procedure (SOP) usaha atau dapat diterapkan juga diorganisasi yang kamu buat atau yang kamu ikuti.

Kita kalau mau buat mie instan aja ada SOP nya, sehingga rasa dan tampilan yang dihasilkan bisa sama. Apalagi usaha atau Organisasi yang akan kita bangun, para pendiri dan pengurusnya harus duduk bersama untuk membahas SOP apa saja yang perlu dibuat dan seperti apa SOP-nya.

Dalam buku ini dimulai dengan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan fundamantal tentang pentingnya SOP, dilanjut dengan 22 tips jitu untuk mendiagnosis Sistem Organisasi. Standarisasi akan memperkecil peluang kegagalan, jika semuanya sudah terstandar, akan mempermudah duplikasi usaha yang sama ke lokasi-lokasi yang lainnya. Seperti waralaba luar negeri yang masuk di Indonesia, yang mereka jual salah satunya adalah SOP. Begitu juga waralaba lokal yang sudah memiliki banyak cabang, mereka juga butuh SOP yang baik dan tepat agar cabang-cabangnya tidak perlu mengalami masalah-masalah yang pernah dihadapi sebelumnya oleh tempat usaha pertamanya.

Menurut penulis, SOP itu bukanlah bahan kain yang diserahkan sepenuhnya ke penjahit dan tinggal menunggu proses yang penjahit lakukan yang akan menggubah wujudnya menjadi gaun pengantin. Tetapi SOP itu adalah bibit bulir padi yang harus di tanam sendiri, diberi air dan disiangi mulai pagi hingga petang.

Tak bisa diwakilkan dan tak bisa diserahkan ke-ahli pembuat atau konsultan SOP, karena konsultan adalah pelatih yang memberi saran masukan, membuat target dan jadwal pencapain. Jika SOP sepenuhnya diserahkan ke pihak lain maka akan berat untuk diterapkan sepenuhnya, karena eksternal diluar organisasi tak akan paham sepenuhnya apa yang dibutuhkan.

Apalagi jika proses pembuatan SOP tanpa datang dan melihat langsung ke lokasi, tanpa observasi, tanpa menggali informasi, tanpa diskusi dan verifikasi, hasilnya akan kurang baik.

Dengan buku ini kamu akan dipandu untuk membuat SOP kamu sendiri, dilengkapi kesalahan-kesalahan implementasi SOP sehingga kamu nggak perlu lagi terjebak melakukan itu.

SOP juga tidak paten dimana selamanya akan digunakan, SOP juga dapat diupdate menyesuaikan perubahan zaman. Karena SOP itu karakternya harus dinamis mengikuti dinamika pertumbuhan organisasi, jadi kalo tidak faham cara mengupdatenya, SOPnya tidak membawa dampak yang maksimal bagi perusahaan atau organisasi.

Itu adalah salah satu yang unik dari buku ini dibanding buku SOP yang lain, Lukman Setiawan memasukkan 6 perubahan yang wajib diantisipasi oleh pemilik SOP. Dimana 6 perubahan ini akan berdampak pada update SOP dalam proses/prosedur yang tedah dibangun.

Jangan sampai waktumu habis tambal sulam masalah yang muncul tanpa membuat SOP yang menjadi solusi masalah itu, selain buang waktu, energimu juga akan terkuras habis tanpa sempat untuk menikmati hidup yang bebas. Ketika SOP sudah berjalan, team terbantu dalam mengerjakan tugasnya, kita tinggal jalan-jalan pun usaha akan tetap jalan sesuai dengan yang kita inginkan.

Buku ini diterbitkan secara indie, jadi kamu nggak akan menemukan buku ini di toko buku besar. Kamu bisa beli secara online di www.SejoliBukuBisnis.com, cara pesannya sangat mudah disana. Pesannya via WhatsApp dengan klik tombol order yang ada disana, lalu lengkapi data yang muncul diisian chat kamu sebelum dikirim kenomer yang sudah diset.

Saya ada bocoran buat kamu yang mau dapat harga yang lebih murah. Kamu bisa cari 2 atau beberapa temen kamu yang tertarik memiliki buku ini, lalu tulis di whatsapp kalau kamu mau beli paket reseller paket SejoliBukuBisnis. Nanti kamu akan diberikan keterangan beberapa paket penawaran reseller. Nah ini juga bisa jadi bisnis dagang kamu juga. Kalau kamu jago nyari yang mau beli bukunya, mungkin buku yang kamu miliki malah jadi gratis.

(eFKa)

Daftar Isi Buku
Daftar Isi CD

 

Cover Belakang Buku ‘Rahasia Membangun Bisnis Kuat Dengan SOP Tepat’

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *