Top 10 Tech Skills Yang Penting Dimiliki Millennials

Di era disruptif teknologi saat ini, hampir semua lini kehidupan manusia menggunakan teknologi yang semakin memudahkan dalam melakukan sesuatu. Dan saat ini kita sering dengar istilah Internet of Thing (IoT) , dimana hampir semua prosesnya menggunakan internet. Hal tersebut juga dapat dilihat dari semakin banyak berdiri perusahaan start up yang berbasis teknologi dan sudah familiar dimasyarakat karena sangat memudahkan dalam beraktivitas.

Sebagai generasi millennials kita juga harus dapat beradaptasi dengan perkembangan yang ada saat ini. Yaitu dengan melengkapi diri dengan berbagai skill yang dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan start up atau perusahaan yang sudah established dan berbasis teknologi. Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi yang membutuhkan millennials dengan skill teknologi (Tech skills) yang baik untuk direkrut menjadi karyawan sebagai software engineers, data scientist, data analyze dll. Dengan Tech skill yang baik di era sekarang ini, akan sangat membantu para millennials di dunia kerja dan sangat berpengaruh tehadap akselerasi jenjang karirnya di tempat dia bekerja.

Dikutip dari www.forbes.com 8 Desember 2017, berikut ini adalah beberapa Tech skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi. Data tersebut dikumpulkan dari situs lowongan pekerjaan “indeed” berdasarkan analisa dari ratusan bahkan ribuan lowongan pekerjaan yang di posting indeed dalam beberapa bulan sepanjang tahun 2017. Urutan skill teknologi yang banyak dibutuhkan ini berdasarkan frekuensi kemunculan pada job deskripsi lowongan yang di posting.

  1. Java (30%)

Skill bahasa pemrograman JAVA menjadi skill yang paling banyak muncul di job deskripsi yang di posting oleh situs lowongan pekerjaan Indeed, yaitu sebanyak 30%. Hal ini menunjukkan bahwa skill bahasa pemrograman JAVA sangat banyak diperlukan diperusahaan-perusahaan yang berbasis teknologi atau untuk posisi-posisi yang berkaitan dengan teknologi informasi.  Bahasa pemrograman JAVA pertama kali dirilis tahun 1995 oleh salah satu perusahaan di Silicon Valley yaitu Sun Microsystem. Empat tahun sejak bahasa pemrograman JAVA diluncurkan, beberapa kelompok engineers mulai menggunakan JAVA untuk industri TV kabel di Amerika. Namun kemudian JAVA lebih sesuai untuk internet. Saat ini para engineers menggunakan JAVA untuk banyak hal, mulai dari Gmail sampai Hadoop, program untuk analisa data dan lain-lain. JAVA juga digunakan untuk membuat mobile apps oleh start up company, untuk system operasional bisnis dan untuk keperluan scientific lainnya.

  1. Agile (27%)

Agile adalah tech skill yang lebih mengarah kepada pengembangan software, menduduki peringkat ke-2 dengan 27% dari job deskripsi yang muncul di lowongan yang muncul di Indeed. Agile diperlukan untuk mem-break down sebuah software development project menjadi beberapa bagian yang lebih kecil/ detail. Agile memudahkan para engineers membuat suatu fitur produk baru yang cepat untuk dirilis, tanpa harus membuat produk yg kompleks dan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk dirilis. Dengan agile, para engineers dapat mengetahui bagaiman respon para user dari produk yang diluncurkan, dan juga dapat menerima feedback insight lebih cepat dari para user sehingga lebih dapat mengetahui apa yang di inginkan dan dibutuhkan oleh para user. Untuk start up company, Agile ini sangat dibutuhkan agar tetap dapat terus memenangkan persaingan dibidang yang dijalankan.

Beberapa tech skill lain yang diperlukan untuk mendukung dalam dunia kerja di era disruptif teknologi saat ini adalah sebagai berikut :

  1. JavaScript (26%)
  2. NET (19%)
  3. Python (15%)
  4. Microsoft SQL server (12%)
  5. Oracle (12%)
  6. C or C++ (12%)
  7. Git (11%)
  8. AWS (11%)

Saat ini, tech skill yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kurang sebanding dengan jumlah millennials yang saat ini mencari kerja. Masih banyak para millennials yang tech skill nya masih minim, sehingga masih belum dapat diterima. Namun sebenarnya, posisi-posisi diperusahaan yang membutuhkan tech skill tersebut sangat banyak.

Tech skill ini  tidak hanya bisa dimiliki oleh millennials yang kuliah dijurusan teknologi informasi. Dengan banyaknya media belajar saat ini, mulai dari kursus, atau belajar melalui Youtube, semua bisa mempunyai kesempatan untuk melengkapi dirinya dengan skill-skill yang memang banyak dibutuhkan. Tidak akan ada ruginya bagi para millennials yang melengkapi diri dengan tech skills, karena akan sangat membantu dalam memenangkan persaingan di era disruptif teknologi saat ini.

Source :
https://www.forbes.com/sites/jeffkauflin/2017/12/08/the-top-10-tech-skills-employers-are-hiring-for/#4c8f21d830a7

Author :

Nurianto Kama (Siblings Rumah Millennials)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *