Perjalanan 2 Tahun Rumah Millennials (22 Juli 2019)

“If you want to go fast, go alone. If you want to go far, go together.”

JAKARTA – RumahMillennials.com | Hi Sobat Millennials!

Bersyukur tepat 22 Juli 2019 Rumah Millennials masuk tahun kedua lho!

Perjalanan Rumah Millennials (RM) dimulai sejak April 2017 lalu dideklarasikan secara resmi dalam sesi grand launching RM pada tanggal 22 Juli 2017. Siblings (panggilan anggota dan pengurus) RM berasal dari berbagai latar belakang pekerjaan, minat, cara pandang dan keahlian yang berbeda. Kesamaan kami hanya satu, yaitu hasrat untuk saling belajar, bertumbuh dan berkembang sebagai satu keluarga besar anak muda yang menginkan Indonesia lebih baik dari segala arah melalui peran nyata para pemuda.

Mimpi kamipun sederhana, Rumah Millennials akan terus berusaha menjadi wadah ‘titik temu’ dan ‘panggung karya’ bagi millennials dengan dampak juga karya nyata dari pelosok Indonesia. Mimpi besar Rumah Millennials ialah menghadirkan hadirnya ekosistem anak muda (millennial) berdampak dengan karya nyata dan kebermanfaatan untuk saling terhubung, dikenal dan mengenal satu sama lain. Hadirnya ekosistem inipun, dalam proses perjalanan yang ditempuh secara organik dan alami. Tidak ada paksaan bahkan transaksional kepentingan.

Grand Launching Rumah Millennials 22 Juli 2017

Fokus kami adalah individu muda, yang bukan hanya pintar. Namun peduli, bergerak, demi kebermanfaatan sesama. Pendekatan yang kami kedepankan adalah jejaring lintas bidang yang inkluasi. Siapapun bisa belajar dan kenalan dengan siapapun. Tidak ada strata, senioritas atau peraturan-peraturan baku yang mengikat, memberatkan dan membebankan para siblings. Tujuan utama bergabung menjadi siblings adalah mendengar, mengenal, belajar, bertumbuh, berjejaring dan berkarya. Nilai kekeluargaan dijadikan Rumah Millennials sebagai azas utama dalam menjalankan berbagai project. Semua siblings yang terlibat, terutama pengurus harian, mereka adalah pahlawan sosial yang mengabdi dan berkomitmen tanpa dibayar. Bahkan 90% pengurus harian sudah bekerja, namun mereka menjadikan RM sebagai rumah kedua, kenapa ? Karena motif utama mereka adalah mencari keluarga baru untuk belajar diluar keluarga inti. The work for network!

Saat ini Rumah Millennials sedang dalam proses legal sebagai yayasan. Kepengurusan perdana dimulai periode 2019 hingga 2023. Siblings RM yang masuk dalam struktur kepengurusan terbagi menjadi 4 bagian yang terdiri dari 23 orang dewan penasehat, 18 orang pengurus harian, 50 ketua dan wakil bidang dan 65 orang perwakilan Rumah Millennials Campus Network (RMCN) Batch 1 periode 2018 – 2019 yang mewakili beberapa universitas di Indonesia.

Selain sebagai wadah online/offline millennials berinteraksi, media publikasi, dan event organizer, Rumah Millennials pun memposisikan sebagai ‘centre of talent’, sumber berkumpulnya pemuda/i dengan latar belakang berbeda untuk mendapat kesempatan sebagai pembicara, narasumber dan inspirasi bagi generasi selanjutnya. Bidang yang terdapat dalam kepengurusan RM sangat beragam diantaranya :

  1. Bidang Penguatan Ekosistem Sosial dan Kerjasama
  2. Bidang Pemberdayaan Minat dan Bakat Pemuda
  3. Bidang Pendidikan dan Pelatihan
  4. Bidang Ekosistem Industri Kreatif Rumah Millennials
  5. Bidang Olahraga
  6. Bidang Pemberdayaan Penyandang Disabilitas
  7. Bidang Kesehatan Umum
  8. Bidang Publikasi dan Jurnalistik
  9. Bidang Hubungan Masyarakat
  10. Bidang Hubungan International
  11. Bidang Inovasi dan Teknologi
  12. Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat
  13. Bidang Pelestarian Budaya
  14. Bidang Infrastruktur dan Pengembangan Jaringan – RM Network
  15. Bidang Hukum dan Advokasi
  16. Bidang Relawan (Volunteer) 
  17. Bidang Lingkungan Hidup
  18. Bidang Pertanian dan Agrobisnis
  19. Bidang Strategi Maritim Nasional
  20. Bidang Pariwisata
  21. Bidang Industri Kreatif 
  22. Bidang Seni dan Tari
  23. Bidang Arsitektur 
  24. Bidang Film dan Sinematografi
  25. Bidang Fotografi
  26. Bidang Televisi dan Radio
  27. Bidang Layanan Kecantikan
  28. Bidang Bahasa dan Literasi 
  29. Bidang Teknopreneur 
  30. Bidang Pengembangan Pemuda Wilayah Indonesia Timur
  31. Bidang Kesehatan Mental 
  32. Bidang Musik
  33. Bidang Wirasusaha 
  34. Bidang Penanggulangan Bencana
  35. Bidang Pemberdyaan Perempuan 
  36. Bidang Pembinaan Remaja & Pendidikan Online
  37. Bidang Fashion
  38. Bidang Kebudayaan RM
  39. Bidang Pemberdayaan Sosial RM
  40. Bidang Pengembangan Organisasi & Jaringan Kot

Kami sangat bersyukur ditahun kedua ini, alam semesta mendukung niat dan visi kami. Orang-orang baik pun bermunculan menguatkan dan mewujudkan mimpi kami. Sejak 2017 lalu, Rumah Millennials tengah menyelenggarakan 32 program acara (tahun 2017 ada 6 program, 2018 ada 24 program dan 2019 ada 4 program) yang terbagi kedalam berbagai sesi diskusi, baik dalam format seminar, talkshow atau training dengan total 7500+ millennials yang terlibat diskusi. Kamipun bekerjasama dengan berbagai pihak dari swasta, pemerintah, pekerja seni, konsultan, bank dan insituti pendidikan. Inklusivitas adalah kunci kami dalam berperan sebagai ‘mesin jahit’ sosial. Rumah Millennials percaya bahwa energi positif itu perlu dikumpulkan, disatukan, dijaga dan diduplikasikan.

Rumah Millennials x Parfi 56 X Pusbang Kemendikbud Februari 2018. Salah satu bukti Rumah Millennials terbuka untuk berkolaborasi dengan siapapun dalam bidang apapun demi mengembangkan minat dan bakat para millennials Indonesia

Tahun 2019 ini sahabat baru berdatangan, dalam waktu dekat kolaborasi dengan PPI (Persatuan Pelajar Dunia) dengan akses kepada 80.000 diaspora muda yang ada diseluruh negara belahan dunia. Lalu, berkolaborasi denan Dewan Kerja Nasional Pramuka dengan jumlah pramuka muda sebanyak 8 juta diseluruh Indonesia. Selain itu berbagai pihak lain seperti Putra Daerah Membangun yang memiliki akses terhadap pemimpin – pemimpin muda didaerah. Kami juga aktif dalam mendukung berbagai kegiatan acara dari berbagai pihak yang memiliki nilai dan visi sama tentunya. Semisal, pertengahan tahun ini RM dipercaya sebagai community dan media partner dari Gerakan 1000 Startup Digital hingga akhir 2019 ini.

Perlu hadir banyak tokoh panutan untuk memajukan Indonesia, dan RM mengambil peran tersebut dengan berupaya menghadirkan sosok muda yang bersahaja, rendah hati namun produktif berdaya, bergerak dan berdampak sebagai inspirasi perubahan juga produktivitas karya untuk Nusantara.

Rumah Millennials akan terus berperan aktif bekerjasama dengan media, akademisi, profesional, komunitas dan pemerintah dalam mewujudkan hadirnya ekosistem pemuda/i Indonesia berdaya, berkarya dan bermakna yang terhubung di 34 provinsi.

Perppu No. 2/207 berbunyi bahwa pemerintah menjamin kebebasan berpendapat dan berorganisasi bagi seluruh masyarakat, setiap warga negara boleh berserikat dan berorganisasi dengan mengusung asas Pancasila. Atas dasar ini kami (Rumah Millennials) memulai, masih dan akan terus bertahan dan berkarya untuk Indonesia.

Salam Berdaya, Berkarya dan Bermakna!

Happy 2nd Anniversary Rumah Millennials!
Taufan T. Akbari (@mrtaufanakbari)
Pendiri/Founder dan Chairman Rumah Millennials (2019 – 2023)

Taufan Teguh Akbari

Penulis adalah Founder Rumah Millennials Founder Indonesian Community Network Inisiator Hari Komunitas Nasional (28 Sept) Co-Founder Inspirasi Dosen Direktur Kemahasiswaan LSPR Jakarta Pengurus Pusat Indonesia Forum Penulis Buku "Proud And Rise" Former Mentor YOT (Young on Top Community) Co Founder YOT Campus Ambassador Youth Solidarity Maker & Connector Youth Leadership Enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close