Peran Penting Millennial Dalam Kemajuan Pariwisata Indonesia

JAKARTA – RumahMillennials.com | Coba cek tanggalan deh? 3 minggu lagi libur lebaran nih. Pastinya ada cuti bersama dong. Buat para pekerja keras bagai kuda, yang tiap hari harus menerobos kemacetan dan segala keruwetan deadline kerjaan, mungkin dalam hatinya udah teriak “SYURRGGAAAA”.

Pastinya udah kepikiran dong sama yang namanya M-U-D-I-K dan pastinya jalan – jalan. Liat – liat rekomendasi liburan yang kece dan instagramable, terus ngecek kamera hape masih bagus atau gak, dan yang gak kalah penting adalah budget. Kesempatan banget nih, buat kamu dapetin jutaan likes dan ribuan followers baru (lebay ah).

Pansos banget gak sih? Tapi, justru kelakuan yang kayak begini nih yang bikin pariwisata Indonesia jadi maju. Ramai – ramai millennial Indonesia semakin gemar travelling keliling Indonesia, foto di spot – spot pantai yang eksotis, naik gunung yang memacu adrenalin, atau makan – makanan otentik khas daerah tujuan yang pastinya buat bikin feed Instagram kamu makin syantik.

Makanya, menurut data Kementrian Pariwisata, pariwisata Indonesia saat ini sukses menyumbang devisa ke kas negara sebesar US$ 16,1 juta atau sekitar Rp 232,6 triliun, sehingga membuat negeri kita menempati posisi ke 6 negara pariwisata di dunia yang menyumbang devisa terbesar.

Dengan potensi besar yang dimiliki industri pariwisata serta tren travelling anak – anak millennial Indonesia, maka dari itu sebuah program unggulan yang diinsiasi oleh Kementrian Pariwisata bernama Millennial Toursim mengadakan sharing session dan buka puasa bareng (bukber) barengan sama:

  1. Arief Yahya – Menteri Pariwisata Indonesia
  2. Gabriella Patricia Mandolang – Tim Percepatan Millenial Kemenpar
  3. Marsya Gusman – Ketua Dewan Pariwisata Rumah Millennials, Miss Internet 2017
  4. Gaery Undarsa – Co-Founder Tiket.com
  5. Noudhy Valdryno – Manager Penjangkauan Politik & Pemerintah Facebook Indonesia

Foto: Instagram @milennialtourism_id

Dalam acara bertajuk “Millennial Toursim Corner” yang diadakan di Upnormal Coffee Roaster Wahid Hasyim, 14 Mei 2019, Pak Arief Yahya memaparkan kemajuan sektor pariwisata dan juga Millennial Tourism 4.0. Selain dapat menyumbang devisa negara sebesar US$ 16,1 juta, sektor pariwisata juga dapat menaikan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dari data Kemenpar, sejumlah daerah memiliki peningkatan PAD yang bersumber dari sektor pariwisata, seperti Manggarai Barat Labuan Bajo yang PAD naik hingga 93%, wilayah Samosir serta sekitaran danau Toba Sumatera Utara juga mengalami kenaikan PAD yang cukup pesat sebesar 81%, serta kota Bogor yang sebagian besar 26% PAD datang dari sektor pariwisata.

Tak hanya itu, tagline “Wonderful Indonesia” sudah masuk ke peringkat 47 dunia, melebihi “Amazing Thailand” dan “Truly Asia” milik Malaysia. Karena itulah, sektor pariwisata dapat predikat yang terbaik di regional Asia Pacific, serta Kemenparnya mendapatkan penghargaan yang terbaik di dunia. Dengan kemajuan pesat, sektor pariwisata saat ini menjadi leading industry yang berarti semua elemen pemerintahan seperti kementrian, pemprov, dan pemda harus mendukung.

Melihat prestasi yang membanggakan dari sektor pariwisata, Marsya Gusman selaku Ketua Dewan Pariwisata Rumah Millennials mengajak generasi millennial untuk meng-explore Indonesia lebih dalam lagi dan bagikan momen jalan – jalan di media sosial seperti Instagram.

Kebanyakan anak – anak millennial itu kalo mau liburan, lebih ngeliat rekomendasi destinasi wisata dari postingan Instagram temen atau influencer. Hayo ngaku, kamu juga kan? Tren seperti ini, menurut Marsya tak lepas dari peran influencer yang bahkan lebih powerful dari media convensional saat merekomendasi tempat liburan. Satu quotes yang menarik dari Marsya buat ngajak sobat millennials menjaga, melestarikan, dan mengembangkan pariwisata Indonesia:

Our Tourism reflects our national identity. Kalo destinasi wisatanya bersih, itu mencerminkan pribadi orang – orang di negaranya. Kalo kita ramah, itu juga mencerminkan negara kita”

Bicara soal rekomendasi dari influencer dan temen di media sosial, Co-Founder Tiket.com pun punya pemikiran yang sejalan. Dilihat dari data statistic milik Tiket.com, 72% customers lebih percaya dengan online reviews dan 90% terpengaruh dalam mengambil keputusan liburan.

Hal ini dikarenakan, orang Indonesia punya budaya sharing yang kuat, sehingga saat teman atau kerabat atau influencer favoritnya yang merekomendasikan, serta didukung oleh review netizen konsumen akan lebih percaya.

Biar rekomendasinya semakin kuat, jangan lupa pas kamu foto di spot – spot kece pas lagi jalan – jalan, posting di media sosial dengan konten yang otentik, interactive, consistent, dan posting di waktu yang tepat. Empat konten yang sangat berpengaruh saat ini adalah text, foto, video, Artificial Intelligence / Virtual Reality.

Jadi, siapa bilang narsis dan pansos itu selalu buruk? Kalau dipake buat hal positif, pasti jadinya juga positif kok. Contohnya, dengan foto – foto atau bikin vlog di destinasi wisata Indonesia, terus posting di media sosial dengan caption dan hashtag biar dapet followers dan like nambah. Yang untung bukan cuma kamu lho, tapi Indonesia juga kecipratan untung dengan semakin ramai dan disukai tempat – tempat wisatanya, kulinernya, produk khas UKM, dan lestari budayanya. Kalo dah gitu, devisa negara bakalan nambah soalnya tahun ini Kemenpar nargetin dapet devisa US$ 19 juta.

Perlu diingat ya sob, foto – foto atau bikin konten video sih boleh, tapi jaga ya kebersihan dan kelestarian setiap kali kamu berkunjung ke destinasi wisata. Buang sampah pada tempatnya, kurang – kurangin pakai plastic, jangan ngerusak apapun, karena seperti yang dibilang Marsya “our tourism reflects our nation”. Pariwisata lestari, mencerminkan citra Indonesia pada dunia.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close