Yuk, Mulai Sekarang Kita Investasi

JAKARTA – RumahMillennials.com | Halo, sobat millennials! Hari sabtu kemarin, Rumah Millennials bekerja sama dengan Esta Kapital Fintek serta didukung oleh Kementerian Keuangan dan Bukalapak membuat seminar yang berjudul “Investasi Millennials Zaman Now: Anti Sobat Misqueen Club”.

Acara ini mendatangkan pembicara yang keren dan juga berpengalaman luas di bidang investasi: Ada Pak Yuddy dari Kepala Divisi Investor Relations Kementerian Keuangan; Yefta Surya G, Managing Director PT Esta Kapital Fintek dan juga last but not least, Frisca Devi Founder Investor Saham Pemula.

Apa aja sih yang mereka bicarain disana?
Pak Yuddy menceritakan tentang Surat Berharga Nasional (SBN) yang merupakan produk investasi dengan resiko minim. Panjang lebar beliau menjelaskan tentang ini mulai dari keunggulan sampai cara berinvestasi disana.

Keunggulannya adalah investasi, SBN ini mudah karena bisa lewat online, selama koneksi ada, kita bisa mengakses SBN. Selain itu, kita tidak perlu datang ke distributor dan mekanismenya adalah siapa cepat dia dapat.

Cara pembeliannya pun sangat mudah karena kita tinggal mendaftar di sistem elektronik MID’s dan membuat akun single investor identification serta rekening surat berharga. Sehabis itu, kita tinggal mengikuti petunjuk yang telah diberikan.

Sementara Yefta Surya dari Marketing Dircetor PT Esta Kapital Fintek, memperkenalkan investasi peer to peer. Investasi ini memang masih jarang terdengar, tapi juga menarik. Investasi ini mendorong kita untuk berinvestasi kepada orang lain, misalnya mereka ingin meminjam uang.

Tapi, kita tahu uangnya ini digunakan untuk apa, makanya ini jadi investasi yang cukup menarik. Ada tiga tahapan dalam proses peer to peer: fasilitasi, seleksi dan mitigasi. Jadi tidak usah khawatir akan salah meminjam karena ada proses yang berlaku.

Investasi peer to peer ini memiliki empat sifat:
Pertama adalah passive.
Maksud pastinya adalah ada pendapatan pasif yang datang ke kita jika kita berinvestasi.
Kedua adalah predictable.
Karena kita bisa memprediksi bagaimana hasil akhir jika kita berinvestasi ke usaha A.
Ketiga adalah purpose.
Investasi itu pasti punya tujuan, terlepas dari beragam motif orang, tujuan diperlukan supaya arah investasi dan juga niat kita selaras dengan tindakan kita.
Keempat adalah power.
Disini daya tariknya karena kita punya kuasa atas investasi yang kita berikan ke orang lain. Misal usaha si A kurang menggiurkan, kita bisa menarik kembali modal kita.

Terakhir adalah paparan dari Mba Frisca. Prediksi Indonesia peringkat empat dunia tahun 2050 adalah peluang bagi kita untuk beinvestasi dan nyatanya kita harus berinvestasi mulai sekarang. Investasi bisa mendatangkan pendapatan pasif berupa dividen.

Sekarang investasi juga dipermudah jadi kita tidak perlu khawatir juga soal itu. Sobat millennials juga bisa menjadikan saham sebagai mahar. Soal investasi apakah haram atau tidak sudah ada Fatwa MUI tentang penerapan prinsip syariah BEI. Tips agar kita bisa berinvestasi simple¸jangan berhutang dan sesuaikan dengan kemampuan finansial.

So, buat teman-teman yang masih ragu untuk mulai berinvestasi, yuk, kita mulai investasi. Instrumennya juga sudah banyak dan dengan 100.000 kita bisa mulai investasi reksadana. Tunggu apalagi, mari kita mulai berinvestasi!

Rizky Ridho Pratomo

Siblings Rumah Millennials Saya adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Bidang yang saya minati adalah Politik, Keamanan, Hubungan Internasional, Filsafat, Agama, Lingkungan, Pendidikan dan Pengembangan kepemudaan. Memiliki passion dalam menulis artikel dan membaca buku. Beberapa bulan lalu bergabung di Rumah Millennials dan menjadi Kepala Bidang Riset dan Pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close