Menjadi Pribadi Yang Berintegritas Ala John C. Maxwell

Jakarta – RumahMillennials.com | Halo sobat millennials! Yuk, kita ulik buku Becoming a Person of Influence karya John C. Maxwell dan Jim Jordan yang merupakan ahli kepemimpinan dan telah mendirikan beberapa organisasi untuk meningkatkan potensi kepemimpinan.

Dalam salah satu bagian dari buku ini mengulas tentang “Memiliki Integritas terhadap Orang Lain”. Jika kita ingin memiliki pengaruh untuk orang lain, kita harus memiliki integritas sebagai landasan fondasinya. So, jadi penting sekali karena integritas adalah kualitas yang paling dibutuhkan untuk sukses dalam berbagai hal.  

Integritas memungkinan orang lain untuk percaya dengan kamu. Hal itu dikarenakan, kepercayaan adalah faktor terpenting dalam hubungan pribadi maupun dalam lingkup profesional. Ketika orang lain sudah mempercayaimu, kamu bisa memberikan pengaruh lebih kepada orang itu. Inilah tali yang akan menyatukanmu untuk tetap menjalin hubungan dengan orang lain.

Kamu akan mendapatkan kepercayaan orang lain, jika mempunyai karakter yang kuat. Karakter ini dibentuk melalui hal – hal kecil dalam keseharianmu. Untuk membentuk karakter pun, diperlukan jangka waktu yang panjang dan konsisten. Pada akhirnya, kita dapat menyesuaikan tindakan dengan prinsip atau menyesuaikan prinsip dengan tindakan.

Dalam buku ini, ada beberapa cara untuk menjadi pribadi yang berintegritas. Diantaranya yaitu:

1. Berkomitmenlah Untuk Bersikap Jujur, Dapat Dipercaya, dan Sanggup Menjaga Rahasia

Ambilah keputusan untuk hidup dengan kode moral yang ketat, dan tetapkan hati untuk berpegang teguh padanya, apa pun yang terjadi. Bisa dimulai dari hal kecil menjadi orang yang dapat dipercaya. Sering nggak sih, kita menjadi tempat curhat temen kita? Nah, dengan menjaga dan menahan diri untuk membicarakan sesuatu yang menurut teman kita adalah rahasia adalah langkah awal untuk menjadi pribadi yang berintegritas, lho!

2. Putuskan di Depan Bahwa Integritas Kita Bukan Untuk Dijual

Jika ditawarkan dengan harga yang tinggi untuk merusak sebuah integritas, seperti melakukan tindakan penyelewengan hanya menguntungkan diri sendiri dan segelintir pihak, tetap katakan Tidak. Karena Integritas kita tidak ternilai harganya.

3. Perkara-Perkara Besar dibalik Perkara Kecil

Perkara kecil dapat membentuk atau menghancurkan. Jika kamu melanggar batas nilai, baik sekecil apapun, tetap saja kamu berada diluar batas. Kejujuran adalah kebiasaan yang tertanam makin dalam jika kita melakukan hal benar hari demi hari dan tahun demi tahun. Dengan terus melakukan apa yang benar dalam perkara-perkara kecil. Kita tidak akan kehilangan arah secara moral maupun etis. Jadi, jangan meremehkan hal kecil yang dapat merusak integritas kita, ya!

4. Setiap Hari, Lakukan Apa Yang Harus Kita Lakukan Sebelum Apa yang Ingin Kita Lakukan

Bagian besar dari integritas adalah menindaklanjuti tanggung jawab kita secara konsisten. Jika kamu tahu apa yang dirimu perjuangkan dan bertindak sesuai dengannya, orang lain dapat mempercayaimu. Kamu akan menjadi teladan karakter dan konsistensi untuk orang lain. Ini merupakan fondasi yang baik untuk menanamkan integritas.

Menjadi pribadi yang berintegritas memang perlu dibangun untuk menjadi jembatan menuju kesuksesan. Memanglah tidak mudah dan memerlukan waktu yang cukup panjang. Tapi kamu bisa membangun itu kok, dengan melakukan kebiasan – kebiasaan kecil yang baik dan konsisten. Dalam buku ini ada kalimat yang bisa mengingatkan kita agar terus berada di jalur yang konsisten

Banyak orang sukses sejenak karena apa yang mereka ketahui
Beberapa orang sukses sementara karena apa yang mereka lakukan; tetapi
Segelintir orang sukses selamanya karena jati diri mereka yang sesungguhnya

Annisa Mardhiyah Rahmadani

Member of Rumah Millennials Campus Network “Eager to learn something new and love volunteering”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close