Diaspora adalah Aset Bangsa

JAKARTA – RumahMillennials.com | Pada hari Sabtu 10 Agustsu 2019, kongres diaspora ke-5 diselenggarakan di Kota Kasablanka. Acara ini diawali dengan pembukaan, dari LSPR choir, deklarasi diaspora, sampai testimoni dari beberapa diaspora dari berbagai negara. Diaspora dari 90 negara berkumpul di satu tempat untuk berkontribusi bagi bangsa Indonesia. Turut pula hadir Gubernur DKI Jakarta, Pak Anies Baswedan,Wakil Menteri ESDM Archandra Tahar, dan juga Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

Retno Marsudi hadir sebagai keynote speech dalam kongres ini, menyampaikan banyak hal penting. Dalam kesempatan itu, Retno membocorkan sedikit hasil lawatan Presiden Joko Widodo ke Malaysia dan Singapura. Di Malaysia, Retno menyampaikan dua isu yang dibahas bersama Perdana Menteri Mahathir Muhammad; pembentukan community learning center di semenanjung Malaysia dan united stance melawan diskriminasi sawit.

Inti pesan yang ingin Retno, Presiden menyebutkan secara spesifik kata diaspora saat berbicara tentang visi Indonesia 5 tahun ke depan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia. Dia mengutip satu kalimat penting dari Jokowi yang akan kita lihat beberapa tahun ke depan “Pembangunan Sumber Daya Manusia menjadi kunci Indonesia ke depan”. Retno juga menyambung pentingnya dukungan bagi diaspora. “… diaspora bertalenta tinggi harus diberikan dukungan agar memberikan kontribusi besar bagi percepatan pembangunan Indonesia”, sambung Menlu.

Lalu, Retno menyampaikan ada tiga hal yang dimana diaspora bisa berkontribusi secara konkrit. Pertama, diaspora punya peran sebagai agen pembangunan. Update database adalah satu cara agar pemerintah Indonesia bisa tahu keahlian yang dimiliki oleh diaspora supaya mudah dalam pemetaaan talenta yang dibutuhkan. Data tersebut juga membantu dalam pengembangan vocational school karena skill-oriented education lebih penting dibandingkan gelar tanpa kemampuan. Menlu telah memberikan perintah kepada jajarannya untuk menyempurnakan database yang dimiliki. Kementerian Luar Negeri dan IDN Global juga sepakat unutk melakukan kolaborasi untuk menyempurnakan data diaspora yang dimiliki.

Diaspora juga bisa berkontribusi sebagai agen pembangunan ekonomi melalui investasi dan berbagai cara lainnya. Terakhir, diaspora berperan penting dalam menyebarkan identitas Indonesia. Diaspora bisa menyebarkan citra baik Indonesia sebagai negara yang toleran dan damai. Retno berharap, identitas ke-Indonesiaan yang dimiliki diaspora terus diperkokoh. Beliau juga menyampaikan bahwa kita bisa menjadi baik atau kita bisa membantu orang lain menjadi baik. Menjaga persatuan itu penting karena bersatu itu indah dan untuk kebaikan keluarga kita, bangsa Indonesia dan dunia kita.

Rizky Ridho Pratomo

Siblings Rumah Millennials Saya adalah mahasiswa tingkat akhir jurusan Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta. Bidang yang saya minati adalah Politik, Keamanan, Hubungan Internasional, Filsafat, Agama, Lingkungan, Pendidikan dan Pengembangan kepemudaan. Memiliki passion dalam menulis artikel dan membaca buku. Beberapa bulan lalu bergabung di Rumah Millennials dan menjadi Kepala Bidang Riset dan Pengembangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close