Mutiara Kamila: Mulai? Ya Mulai Aja

Mutiara Kamila: Mulai? Ya Mulai Aja

JAKARTA – RumahMillennials.com | “Kemauan harus dilandasi dengan tekad yang bulat dan harus berani dalam mengambil peluang yang ada.” salah satu kutipan dari Alm Bob Sadino ini, sepertinya benar terjadi pada masa kecil Mutiara Kamila Founder Thenblank. Kemauan yang tinggi untuk mengkonsumsi makanan ringan secara gratis, membuat Mutia sapaan akrabnya menjadi pebisnis cilik pada saat sekolah dasar.

“Pokoknya waktu itu aku mikir, gimana caranya makan chiki gratis. Jadi beli chiki hadiahnya aku jual untuk beli chiki lagi. Jadinyakan aku makan chiki gratis.” Ujar Mutia yang kami interview lewat telepon, Sabtu (8/9/2018).

Hingga beranjak dewasa Mutia masih setia dengan bisnis. Bermodalkan nekad, saat kelas 2 SMA Mutia memulai bisnis fashionnya. Tentu tidak mudah bagi seorang pelajar yang disibukkan dengan kegiatan di sekolah untuk memulai sebuah bisnis. Tapi semua itu dijalani karena memang Mutia senang berbisnis.

“Waktu itu aku mulainya enggak pakai perencanaan yang kuat. Aku mulai cuma bermodal nekad, karena enggak kepikiran juga antusiasnya bakalan sebesar ini. Jadi aku mulai ya mulai aja” ujar Mutia.

Mutia mensyukuri telah memulai bisnis lebih awal diusia muda. Bisnis yang dimulai pada saat persaingan masih sedikit adalah sebuah peluang, dan juga usia muda adalah usia produktif. Sering kali ketika akan memulai usaha, banyak hal yang dipertimbangkan.

Mulai dari modal dana harus besar, punya tim yang banyak, bagaimana jika usaha kita tidak diterima dipasaran dan masih banyak lagi. Harus kita sadari bahwa pertimbangan-pertimbangan seperti itulah yang ternyata akan menghambat kita untuk memulai sebuah usaha.

Jangan terus menunggu untuk merealisasikan semua ide yang kita punya. Jangan sampai menyesal jika orang lain mendahului dengan ide yang sama. Selain itu penting juga bagi yang akan memulai usaha, untuk sabar dan sadar bahwa semuanya harus dimulai pelan-pelan. Semua dimulai pelan-pelan dari hal yang kecil, sehingga tidak merasakan beban pada saat menjalaninya.

Menurut Mutia ide, keberanian dan konsistensi merupakan hal yang harus dimiliki anak muda dalam membangun usaha. Walaupun sudah 6 tahun berjalan, kosistensi masih menjadi pekerjaan rumah yang terus dijaga oleh Mutia bersama tim. Karena konsistensi inilah yang membuat hal-hal kecil berkembang menjadi lebih besar.(ninis)

Sumber Foto: IG @mutiarakamila

Master of Ceremony,
Journalist of RumahMillenials.com

Email : inurcahyanii(at)gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *