Perempuan Berdaya, Akan Jadi Penentu Kemajuan Bangsa

JAKARTA – RumahMillennials.com | Zaman now, perempuan bukan lagi sosok yang kerjaanya urus dapur, anak, dan suami aja di rumah. Banyak wanita – wanita di Indonesia yang sudah menempati posisi – posisi penting di masyarakat, bahkan lembaga pemerintah seperti Sri Mulyani (Menteri Keuangan), Retno Marsudi (Menteri Luar Negeri), dan Susi Pudjiastuti (Menteri Kelautan dan Perikanan).

Cewe – cewe generasi millennial juga udah banyak lho yang berprestasi dan berkontribusi untuk pemberdayaan masyarakat. Sebut saja Marsya Gusman (Miss Asia International 3rd Runner Up & Ketua Bidang Pariwisata Rumah Millennials) dan Marthella Rivera Sirait (Founder Koneksi Indonesia Inklusif & Ketua Bidang Pemberdayaan Penyandang Disabilitas Rumah Millennials).

Dua cewe cantik dan cerdas ini, berbagi cerita dan insight dalam acara sharing session dari Rumah Millennials M-Talks, bertajuk “Women Leader & Creative Industry 4.0” di Ruang dan Tempo, Palmerah Jakarta Selatan Sabtu 27 April lalu.

Bagi Marsya, semua perempuan itu cantik, hebat, dan cerdas jadi harus bersyukur dengan segala apa yang sudah diberikan oleh Tuhan. Dia mencontohkan dirinya saat masih SD dulu sering di-bully karena gemuk, terus akhirnya jadi tomboy biar dapet respect.

Meski begitu, Marsya gak puas sehingga dia memutuskan untuk belajar berbagai soft skill seperti public speaking dan mengikuti ajang – ajang beauty pageant seperti Miss Asia, Miss Internet 2017, dan Miss Earth.

Sebagai Miss Internet, dia pergi ke dinas – dinas, kampus, dan desa untuk mensosialisasikan seputar literasi digital dan memberikan workshop kepada ibu – ibu disana untuk berwirausaha lewat platform digital. Saat ini, Marsya menjadi founder @womenpedia & MATRIX media dimana dia memberdayakan perempuan dengan mengadakan acara workshop, talkshow, dan seminar seputar personal branding dan public speaking.

Sementara itu, Marthella tengah mendalami passionya sebagai pemberdaya untuk para penyandang disabilitas. Hal ini bermula saat dia menjadi pengajar muda di Maluku Tenggara Barat dalam program Indonesia Mengajar, Thela punya murid kelas 1 yang merupakan penyandang disabilitas.

Dari situ, hatinya tergerak untuk memberikan ruang berdaya bagi para penyandang disabilitas dengan membangun gerakan sosial bernaama “KonekIndonesia”. Tantangan yang Thela hadapi, justru datang dari para penyandang disabilitas itu sendiri karena Thela adalah orang normal sehingga kerap dicibir bahwa yang ia ingin menjual disabilitas untuk menaikan personal branding dan jualan.

Thela juga sering dinilai tak mengerti rasanya jadi disabilitas sehingga banyak yang meragukan empatinya. Meski begitu, Thela pantang menyerah karena jika dia mundur para penyandang disabilitas akan kehilangan ruang berdayanya. Dengan semangatnya itu, Thela berhasil mendaatkan kolaborator untuk KonekIndonesia dalam jumlah banyak hanya dalam waktu 5 bulan.

Dari cerita Marsya dan Thela, terbukti bahwa cewe – cewe millennial Indonesia akan memegang peran penting dalam kemajuan bangsa, Dengan keterbukaan informasi yang melimpah lewat platform – platform digital, apa yang dilakukan cewe – cewe millennial seperti Thela dan Marsya kelak akan menjadi penggerak untuk membawa Indonesia yang lebih baik.

Tahu kan pepatah “dibalik pria yang sukses, ada wanita yang hebat”. Gak mesti pasangan kok, bisa jadi sosok wanita itu adalah ibu kamu yang telah membesarkanmu. Itulah kekuatan seorang wanita jika mereka benar – benar berdaya.

Buat kamu para perempuan Indonesia, gak ada alesan lagi buat merasa minder dan insecure terhadap diri kamu. Kamu bisa ikut workshop yang diadaiin sama Marsya di @womenpedia atau ikut berdayakan para penyandang disabilitas bareng Thela. Dan buat kamu para lelaki millennial, wanita itu penentu kesuksesan kita lho.

Ada Ibu kamu yang selalu mendoakanmu tiap hari, kalo punya saudara perempuan mereka juga akan selalu ada buat dukung kamu, terus yang udah punya pasangan, kalo gak ada mereka terus siapa yang jadi mendorong kamu buat tetep semangat berkarya? Segitu kuatnya lho sob, the power of women empowerment.

Makanya, perempuan yang berdaya akan menjadi kunci sukses kemajuan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *