Hari Pahlawan Nasional: Para Pahlawan Yang Berjasa Dalam Peristiwa Pertempuran Surabaya

Halo, Sobat Millennials! Wah, gak kerasa yah kita udah ada di bulan November…

Sobat Millennials tahu gak sih kalau tanggal 10 November, diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional? Hari Pahlawan Nasional ini ditetapkan oleh Presiden Soekarno pada 10 November 1946, tepatnya setahun setelah peristiwa Pertempuran Surabaya.

Pertempuran Surabaya?

Hayoo, Sobat Millennials masih inget kannn kalau hari pahlawan ini diadakan sebagai bentuk dari peringatan atas Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945. Pertempuran ini terjadi di 4 titik, yaitu Jembatan Merah, Benteng Kedung Cowek, Gedung Internatio, dan Hotel Majapahit. Pertempuran ini juga menewaskan belasan ribu jiwa dan menggugurkan banyak pahlawan sehingga diperingati sebagai hari pahlawan nasional.

Ngomong-ngomong tentang pertempuran surabaya, sosok Bung Tomo atau Soetomo sering banget dikaitin sama peristiwa itu karena berhasil menggerakkan Arek-Arek Suroboyo. Tapi, Ssobat Millennials tahu gak, kalau masih ada pahlawan-pahlawan lain yang jasanya cukup banyak. Kira-kira siapa aja ya mereka?

1. Moestopo

Moestopo identik dengan semangat memberontaknya. Ia merupakan pembentuk BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang menolak Inggris saat mendarat di Surabaya.

2. Mayjend Sungkono

Seperti Bung Tomo, Sungkono juga turut andil dalam menggerakkan semangat pemuda Surabaya. Sungkono merupakan pemimpin BKR (Badan Keamanan Rakyat) yang juga memimpin pertempuran di berbagai kota.

3. HR Mohammad Mangoendiprodjo

Mohammad Mangoendiprodjo merupakan tokoh yang memimpin perang terbuka dalam melawan Sekutu selama 22 hari. Selain itu, ia juga salah satu tokoh yang menolak ultimatum dari Inggris atas tewasnya Mallaby.

4. Abdul Wahab

Yang terakhir ada Abdul Wahab. Beliau merupakan seorang fotografer yang mengabadikan Pertempuran Surabaya. Bahkan, Abdul Wahab keluar dari Surabaya demi mempertahankan roll film yang isinya foto-foto Pertempuran Surabaya.

Wah ternyata selain punya banyak cerita, Pertempuran Surabaya juga melahirkan banyak pahlawan ya! Pantes nih Hari Pahlawan Nasional diadakan dalam rangka memperingati Pertempuran Surabaya.

Gimana, Sobat Mileennials? Udah kenal kan sama pahlawan-pahlawan yang berperan dalam pertempuran Surabaya? Di hari pahlawan ini, siapa pahlawan yang paling diidolakan Sobat Millennials?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *