MISI 10: Budaya Indonesia Sebagai Identitas Diri Pemuda feat Karin Soerja

MISI 10: Budaya Indonesia Sebagai Identitas Diri Pemuda feat Karin Soerja

JAKARTA – RumahMillennials.com | Indonesia memang kaya akan budaya. Begitu beragamnya budaya dan suku Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Ada suku Batak, suku Gayo, suku Minang, suku Sunda, suku Dayak, suku Toraja, dan masih banyak lagi suku – suku yang ada di Indonesia. Seni budayanya pun bermacam – macam, ada tari tradisional, seni rupa, seni patung, seni desain batik, seni pertunjukan theatre, dan seni lukis.

Data tahun 2018 mencatat Indonesia memiliki sekitar 17 ribu pulau dan 714 suku dengan 1.100 lebih bahasa daerah. Bisa dibayangkan kan begitu beragamnya budaya Indonesia. Keberagaman budaya Indonesia itulah yang menjadikan identitas bangsa.

Namun, sayangnya kondisi budaya Indonesia saat ini seakan terlupakan oleh semakin majunya teknologi dan informasi. Banyak pemuda – pemudi Indonesia terutama mereka yang tinggal di kota metropolitan seperti Jakarta yang sudah tidak berminat lagi dengan seni budaya Indonesia.

Padahal, banyak media – media yang memberitakan tentang budaya Indonesia seperti Good News From Indonesia dan Galeri Indonesia Kaya di Grand Indonesia yang menampilkan budaya Indonesia dengan digital. Namun, tetap saja banyak pemuda – pemudi khususnya dari kota – kota besar yang masih banyak tidak tahu mengenai budaya Indonesia itu sendiri.

Diantara pemuda-pemudi kota besar seperti Jakarta yang bergaya hidup modern, ada salah satu pemudi yang mempunyai passion di bidang seni tari tradisional Indonesia. Dia adalah Karin ‘Kai’ Soerja. Profesi Karin saat ini menjadi penyiar radio di salah satu stasiun radio swasta dan juga sering menjadi public speaker di berbagai acara.

Karin juga merupakan Community Ambassador dari Rumah Millennials dan sudah menjadi bagian dari Rumah Millennials bahkan sebelum acara Grand Launching Juli 2017 lalu. Meskipun Karin sering berpindah – pindah negara dan menjadi penyiar radio, dia tetap konsisten dalam melestarikan dan mempromosikan budaya Indonesia lewat tarian tradisional. Karin merupakan salah satu pendiri dari sanggar Gema Citra Nusantara.

Di sesi Millennials berdiskuSI (MISI) kali ini, saya akan mengajak Karin untuk berdiskusi mengenai bagaimana Karin menjadikan budaya Indonesia sebagai identitas dirinya selama tinggal di luar negeri. Kita juga membahas soal millennials Indonesia terhadap budaya Indonesia. Check it out!

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *