Komunitas T.O.A Sukses Mengadakan Grand Launching Dan Workshop Public Speaking

Komunitas T.O.A Sukses Mengadakan Grand Launching Dan Workshop Public Speaking

JAKARTA – RumahMillennials.com | Komunitas Talking On Art atau biasa disingkat T.O.A secara resmi berdiri dengan mengadakan acara grand launching pada Rabu 18 Juli 2018. Acar grand launching T.O.A diselenggarakan di Go-Food Festival, Gelora Bung Karno (GBK) dengan menghadirkan berbagai penampilan musik dari mahasiswa Universitas Esa Unggul dan workshop public speaking yang diajarkan langsung oleh dosen fakultas ilmu komunikasi Universitas Esa Unggul, Bugi Satrio.

Komunitas T.O.A merupakan komunitas yang didirikan oleh alumni Mahasiswa Universitas Esa Unggul, Fachri Azhar beserta dengan mahasiswa Esa Unggul fakultas Komunikasi yang terdiri dari 14 finalis Esa Unggul PR festival 2017. T.O.A fokus dalam pengembangan skill public speaking untuk mahasiswa fakultas komunikasi Universitas Esa Unggul.

Founder T.O.A Mochamad Fachri Azhar S.Ikom menceritakan bagaimana awal tercetusnya komunitas T.O.A yang berawal dari ketidak sengajaan. “Ini semua berawal dari 2016, karena ketidak sengajaan saat saya dan dosen dari fakultas komunikasi, Ibu Euis Heryati berbicara mengenai kelas public speaking untuk mahasiswa. Akhirnya setelah dua tahun, ide ini bisa terealisasi” kata Fachri.

Fachri pula yang berinisiatif untuk mengajak mahasiswa Esa Unggul bersama – sama mendirikan komunitas T.O.A. Meskipun Fachri sudah jadi alumni, dia tetap pada pendiriannya untuk memberikan sebuah wadah bagi mahasiswa Esa Unggul untuk belajar lebih dalam mengenai public speaking.

Komunitas T.O.A sudah diresmikan oleh Esa Unggul, dan malam tadi (18/7/2018) adalah acara resmi grand launching komunitas T.O.A dengan penanda tanganan MOU oleh ketua jurusan public relation Universitas Esa Unggul, Ibu Euis Heryati dan Fachri Azhar.

Nantinya, akan ada acara gathering seminggu sekali untuk mengadakan workshop public speaking yang dipandu langsung oleh Fachri. T.O.A juga akan men-sosialisasikan program – program di acara ospek kampus setiap tahunnya. Ke depannya, T.O.A akan berkolaborasi dengan berbagai komunitas public speaking dan instansi public speaking lainnya untuk mendatangkan mentor – mentor yang sudah ahli di bidang public speaking.

Acara grand launching T.O.A juga menghadirkan Bugi Satrio, seorang dosen fakultas ilmu komunikasi yang sudah berpengalaman di bidang public speaking seperti TV host dan MC protokoler. Dalam workshopnya, Bugi memberikan pelatihan TV host kepada audience dengan menunjuk beberapa mahasiswa maju ke depan dan membimbing meraka untuk melakukan praktek langsung.

Tidak hanya itu, Bugi juga memberikan pelatihan khusus untuk menjadi MC protokoler dalam acara formal seperti acara kenegaraan. Terakhir, Bugi juga memberikan masukan dan evaluasi langsung kepada MC acara grand launching bagaimana mereka harus tampil sebagai MC acara. Bugi menekankan bahwa public speaking mempunyai empat segmen yaitu informatif, persuasive, edukatif, dan entertain.

Jadi, seorang public speaker harus bisa memposisikan dirinya sesuai dengan segmen yang dia tampilkan. Bugi juga mengingatkan gerakan tubuh 55% berpengaruh bagi seorang public speaker saat dia tampil. Maka dari itu, sebagai public speaker harus tahu gestur tubuh seperti apa yang harus ditampilkan oleh dia.

Dengan hadirnya komunitas T.O.A, Fachri berharap bisa memberikan dampat positif kepada mahasiswa Esa Unggul untuk bisa lebih baik dan percaya diri saat maju sebagai public speaker.(audi)

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials
The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *