16 Start Up Indonesia Terbaik 2017 versi Majalah Tempo

16 Start Up Indonesia Terbaik 2017 versi Majalah Tempo

RumahMillennials.com | Generasi millennials saat ini mempunyai common image yang kurang menyenangkan, diantaranya berpola pikir instan, tidak mau menjalani proses, individualis, bergaya hidup hedon dan beberapa bad common image lainnya. Namun sebenarnya tidak semua millennials seperti itu. Karena  saat ini tidak sedikit para millennilas yang sudah mempunyai karya dan mempunyai dampak positif di masyarakat.

Khusus untuk Indonesia, dalam kurun waktu 5 tahun terakhir, banyak bermunculan perusahaan rintisan (start up company) yang didirikan oleh para millennials dan menjawab berbagai persoalan dimasyarakat melalui teknologi diberbagai bidang sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam mengaksesnya. Mulai bidang keuangan, kesehatan, pendidikan, pertanian, perikanan dan bidang-bidang lainnya.

Diakhir tahun 2017, Majalah Tempo melakukan seleksi terhadap kurang lebih 83 usaha rintisan (start up) yang dikembangkan oleh para millennials dari bebagai bidang, untuk dipilih menjadi yang tebaik selama tahun 2017.

Ada beberapa aspek yang menjadi fokus penilaian, mulai dari aspek bisnis, hingga aspek dampak sosial dari keberadaan start up company tersebut dimasyarakat, dan beberapa aspek lainnya. Untuk memilih start up terbaik 2017 ini, Majalah Tempo bekerjasama dengan berbagai pihak.

Tim dewan juri yang dipilih oleh Majalah Tempo adalah orang-orang dan pihak-pihak yang mempunyai kompetensi mumpuni dibidangnya, yaitu Bp. Budi Setyarso yang merupakan Pemimpin Redaksi Koran Tempo, Vice President Digitaraya yaitu Nicole Yap, dimana Digitaraya ini adalah platform pengembangan talenta dibidang teknologi dan start up.

Dewan juri lainnya adalah Kepala Eksekutif 8Villages Sanny Gaddafi, Bp. Wahyu Widodo selaku Direktur Bisnis Suara Surabaya. Dan mewakili akademisi di jajaran dewan juri ada Bp. Hargo Utomo, selaku Direktur Pengembangan Bisnis dan Inkubasi UGM. Serta ada tim dari Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif dan tim dari Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan juga meibatkan Google Indonesia.

Pemilihan 16 start up terbaik 2017 versi Majalah Tempo ini diadakan sebagai bentuk dukungan kepada para millennials yang ingin berkarya melalui berbagai platform yang berbasis teknologi agar dapat terus berkembang sehingga diharapkan mereka mampu menjadi salah satu unicorn, yaitu start up company dengan valuasi asset diatas US$ 1 miliar. Setelah melakukan penyaringan terhadap 83 start up yang terpilih di Indonesia, berikut ini adalah 16 start up terbaik 2017 versi Majalah Tempo yang dibagi menjadi 4 kategori, yaitu :

Best Sustainable

  1. Riliv dari Surabaya (riliv.co/ & IG: @riliv)
  2. Reblood dari Surabaya (reblood.com & IG: @rebloodnow)
  3. Pijar dari Yogyakarta (pijarpsikologi.org & IG: @pijarpsikologi)
  4. Pasienia dari Yogyakarta (blog.pasienia.com & IG: @pasienia)
  5. Bahaso dari Jakarta (bahaso.com & IG: @bahasodotcom)

Best Social Impact

  1. Karapan dari Surabaya
  2. Garda Pangan dari Surabaya (IG: @gardapangan)
  3. Jahitin dari Surabaya (jahitin.com & IG: @jahitindotcom)
  4. Pasienia dari Yogyakarta (blog.pasienia.com & IG: @pasienia)
  5. Reblood dari Surabaya (reblood.com & IG: @rebloodnow)

Best New Comer

  1. Sampah Muda dari Semarang (sampahmuda.com/ & IG : @sampahmuda)
  2. Bizhare dari Surabaya (IG: @belajarinvestasibisnis)
  3. Shushi dari Denpasar
  4. Camp on Farm dari Bandung ( www.camponfarm.com/ & IG: @camponfarm)
  5. Lindungi Hutan dari Semarang ( www.lindungihutan.com & IG: @lindungihutan)

 Reader’s Choice

  1. Ruang Guru dari Jakarta ( IG: @ruangguru)
  2. Limakilo dari Jakarta ( limakilo.id & IG: @limakilo.id)
  3. Ahlijasa dari Jakarta ( bit.ly/AhlijasaAndroidApp & IG: @ahlijasa)

Penyerahan penghargaan ini sudah dilakukan pada tanggal 18 Desember 2017 di Surabaya sebagai salah satu kota yang mempunyai ekosistem yang baik untuk perkembangan start up di Indonesia. Acara ini juga dihadiri oleh walikota Surabaya, Ibu Tri Rismaharini, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa “Semua bisa dilakukan asal ada kemauan”.

Jadi buat kita sebagai generasi Millennials, yuk kita mulai berkarya sesuai bidang dan kompetensi kita agar dapat memberikan dampak positif di masyarakat. Dan akhirnya selamat buat para start up yang menjadi start up terbaik tahun 2017 versi Majalah Tempo. Oh iya, kita juga bisa kepoin 16 start up terbaik itu melalui social media juga lho. Salam Millennials yang selalu Berdaya, Berkarya dan Bermakna. (kama)

Dikutip dari : https://bisnis.tempo.co tanggal 19 Desember 2017
Image Source: crownbiz.com | idcloudhost.com

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *