[EVENT] Mental Health Fest 2018: Kesehatan Mental Bukanlah Hal Yang Tabu

[EVENT] Mental Health Fest 2018: Kesehatan Mental Bukanlah Hal Yang Tabu

JAKARTA – RumahMillennials.com | Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Jiwa Sedunia yang jatuh pada tanggal 10 Oktober nanti, Sehatmental.id menyelenggarakan Mental Health Fest 2018, sebuah acara sosial yang rutin diadakan setiap tahun. Acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan awareness masyarakat Indonesia akan pentingnya kesehatan mental serta mengedukasi masyarakat seputar berbagai aspek dalam ilmu psikologi.

Mental Health Fest 2018 atau yang kemudian disingkat menjadi MHF 2018 terbagi menjadi dua rangkaian acara besar, yaitu pre-event dan main event. Dengan estimasi jumlah peserta total sebanyak 1000 dan jumlah pembicara total sebanyak lebih dari 20, Mental Health Fest 2018 merupakan acara di bidang kesehatan mental terbesar di Jakarta (dan mungkin Indonesia).

Pre-event sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 29 & 30 September serta 6 & 7 Oktober 2018 di Sanggar Prativhi, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Pre-event sendiri terdiri atas 16 kelas dengan empat tema besar, yaitu discussion, sharing, self-development, dan workshop. Kelas-kelas ini diadakan untuk menjawab rasa ingin tahu masyarakat Indonesia akan isu-isu psikologis dan kesehatan mental yang hidup dalam masyarakat.

Kelas discussion membahas tentang kondisi mental tertentu secara ilmiah yang dihadiri oleh profesional dan narasumber yang mengalami kondisi mental tertentu. Kelas discussion terdiri dari 4 sesi yaitu Sex & Gender Talks, All About Anxiety, Revealing Addiction, dan Depression 101.

Kelas sharing membahas isu kesehatan mental yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dan dialami oleh siapa saja, terbagi menjadi 4 sesi yaitu Mental Health in Workplace, Mental Health in School, Mental Health in Relationship, dan Mental Health in Family.

Kelas workshop mengajarkan aktivitas yang menyenangkan yang dapat diterapkan setelah MHF 2018 sebagai salah satu cara mengatasi kondisi kesehatan mental. Ada 4 sesi workshop yaitu Writing for Healing, Watercolor Art Therapy, Speaking in Peace, dan Coping Through Audio-visual Medium.

Kelas self-development menekankan bahwa ilmu psikologi juga mencakup upaya pemenuhan potensi diri dan pengembangan diri individu, terdiri dari 4 sesi yaitu Stress Management, Body Positivity, Let’s Move On, dan Fulfilling Potential. Semua kelas dalam pre-event dikemas secara interaktif dan intensif, sehingga dapat menjadi solusi psikologis yang praktis.

Sementara itu, main event merupakan sebuah acara puncak sekaligus penutupan dari rangkaian acara MHF 2018 yang diadakan pada 13 Oktober 2018 di Kuningan City, Jakarta Selatan. Kegiatan ini terbuka untuk umum di mana para pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas yang ada, seperti mental check-up, counselling, talk show, exhibition, dan berbagai music performance dari bintang tanah air.

Exhibition ini dihadiri oleh komunitas dan organisasi yang bergerak di bidang kesehatan mental, serta klinik psikologi. Rangkaian main event merupakan acara yang menarik karena setelah pengunjung melakukan mental check-up dan counselling, pengunjung dapat menanyakan lebih lanjut informasi terkait layanan kesehatan mental yang ada di Jakarta pada sekitar 10 exhibition participants (EP). Para EP ini merupakan komunitas atau organisasi yang bergerak di bidang kesehatan mental serta klinik atau biro psikologi yang memiliki psikolog bersertifikasi.

Sehatmental.id berharap kesadaran akan pentingnya kesehatan mental tidak hanya meningkat selama Mental Health Fest 2018 berlangsung, namun juga di forum lain dan di masyarakat secara umum. Bukan rahasia lagi kalau masyarakat Indonesia minim pengetahuan tentang kesehatan mental, sehingga topik kesehatan mental masih dianggap tabu. Hal ini menyebabkan dampak yang lebih signifikan, yaitu masyarakat tidak mencari treatment yang tepat atau bahkan masih adanya pemasungan.

Informasi dan layanan kesehatan mental yang tersedia juga masih kurang jika dibandingkan dengan kebutuhan masyarakat. Namun, kita tidak dapat menyalahkan satu pihak. Masyarakat, mahasiswa, profesional, komunitas, perusahaan, dan pemerintah perlu berkolaborasi untuk meningkatkan kualitas hidup komunitas kesehatan mental Indonesia.

Untuk mengetahui acara ini lebih lanjut silakan kunjungi:
Website: https://mhfest.id/
Instagram: @sehatmental.id

Edu. Board Games Designer

Founder Demeira Nusantara
(Board Games Studio)
www.demeira.com
Follow @DemeiraPlay (IG/FB/Tw)

Inisiator Replay Indonesia
(SDGs Board Games Movement)
www.ReplayID.com
Follow @ReplayID (IG/FB/Tw)

Team Hore Redaksi RumahMillennials.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *