5 Langkah Jitu Ini Bisa Bikin Kamu Jadi Moderator Yang Mantap!

Bekasi – RumahMillennials.com | Satu peran yang sangat penting dalam kesuksesan sebuah sesi di rangkaian acara adalah moderator. Berbeda dengan Master of Ceremony (MC) yang bertugas memimpin seluruh acara dari awal sampai akhir, moderator hadir untuk memimpun dan mengatur salah satu sesi di sebuah acara seperti seminar, talkshow, dan debat.

Alur dalam sesi diskusi akan ditentukan dari keterampilan moderator. Nyaman atau tidaknya narasumber berbicara di panggung saat seminar atau talkshow juga ditentukan dari bagaimana komunikasi moderator. Bagaimana audience akan menikmati satu sesi diskusi itu juga ditentukan dari kecakapan moderator. Segitu pentingnya peran moderator, hingga tidak sembarang orang yang bisa dipercaya mengambil peran ini.

Untuk itu, Rumah Millennials bersama Speak Up Now berkolaborasi dalam mengadakan M-Talks bertajuk “Jadi Moderator? Enjoy Aja!”, via Zoom, Sabtu 17 Oktober 2020. Kali ini, Hanina Maulidha, Founder Speak Up Now akan berbagi pengalaman dan ilmunya tentang bagaimana mempersiapkan diri menjadi moderator yang cakap.

Menurut Nina, ada dua kekayaan yang akan dimiliki oleh seorang moderator yaitu pengetahuan dan network. Sebagai moderator tentu sebelum acara kamu harus riset tentang topik apa yang akan kamu pimpin. Tak jarang kamu akan belajar banyak hal baru, terlebih lagi untuk acara yang kamu tidak ada pengetahuannya sama sekali. Selain konten acaranya, kamu juga harus riset tentang siapa narasumbernya. Ini penting agar kamu mampu tampil percaya diri saat memimpin sesi diskusi dan pertanyaan yang kamu ajukan tepat sasaran.

Dengan memiliki pengetahuan, kamu juga akan percaya diri saat membangun network dengan narasumber. Moderator itu posisinya sama dengan pembicara di acara, hanya berbeda peran, maka dari itu jika narasumbernya adalah orang hebat dan terkenal, kamu bisa satu ruang VIP dengan mereka dan bisa membangun relasi yang lebih dekat.

Lalu apa saja yang harus dilakukan agar mantap memimpin diskusi saat sesi dimulai? 5 langkah jitu ini yang harus kamu perhataikan:

1. Building Rapport

Agar diskusi berjalan lancar, berkomunikasilah dengan narasumber terlebih dahulu sebelum sesi. Bisa dengan bertukar nomor HP, atau di hari acara sebelum naik panggung, kamu menyapa narasumber dengan ramah. Tanyakan bagaimana narasumber nanti akan menyampaikan materi sehingga kamu juga nyaman dalam memimpin diskusi nanti.

2. Positioning

Kalau di acara offline, moderator itu posisinya bisa ada di kanan, kiri, atau tengah tergantung bagaimana panitia mengaturnya. Perhatikan posisi duduk kamu jangan terlalu dekat atau jauh dari pembicara, pastikan kamu juga duduk dengan nyaman. Jika mau melipatkan kaki, arahkan ke arah yang berlawanan dalam lipatan kaki kamu, dan juga posisi tangan saat menunjuk pastikan ke arah pembicara.

Kalau online, bicaralah dengan kamera seakan – akan ada audience di hadapanmu, dan tetap grooming alias berdandan walaupun di rumah aja.

3. Bridging Each Segment

Teknik bridging diperlukan untuk menyambungkan dari satu narasumber ke narasumber lainnya, serta menyambungkan satu segmen ke segment lainnya. Kata terakhir dalam satu kalimat jadikan awalan saat kalimat awal.

4. Open & Close Question

Open question atau pertanyaan terbuka itu jawabannya bisa lebih luas dan biasanya lebih ke pertanyaan kenapa, bagaimana, dan apa. Sedangkan close question atau pertanyaan tertutup yang jawabannya ya atau tidak.

Sebagai moderator, kamu harus punya banyak open question agar alur pembicaraan bisa mengalir dengan baik. Selain riset, kamu harus fokus dengan apa yang dibicarakan narasumber, agar bisa mem-follow up pernyataan narasumber untuk dijadikan pertanyaan

5. Teknik penyampaian

Teknik penyampaian meliputi elemen opening, body, dan closing. Di bagian opening, sapa audience lalu jelaskan secara singkat konten acara kali ini, contohnya “Hai temen – temen! Gimana kabarnya? Semoga semuanya dalam keadaan baik – baik saja. Seneng banget saya bisa hadir sebagai moderator untuk sesi diskusi…….(tema diskusi)”.

Setelah itu, sampaikan secara singkat isi konten materi sebagai pembuka sesi acara di bagian body. Sebelum acara berakhir dan dikembalika ke MC, tutup sesi diskusi dengan kesimpulan secara singkat di bagian closing.

Itulah 5 langkah jitu untuk menjadi moderator. Sobat millennials bisa melatih kemampuan moderator dengan berbagai cara seperti banyak – banyak berdiskusi dengan orang – orang terdekat seputar isu yang lagi hangat, berlatih di depan kaca, dan mempelajari moderator di sebuah acara baik itu online maupun offline.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close