5 Tips Ini Bakal Bikin Kamu Tampil Percaya Diri Saat Berbicara Di Depan Kamera

Bekasi – RumahMillennials.com | Kalau kamu nonton TV atau konten di media digital seperti YouTube, suka terkagum – kagum sama pembawa acara atau hostnya? Udah cantik/ganteng, pinter, terus bawain acaranya asyik banget, dan percaya diri saat tampil di depan kamera. Mungkin kamu bermimpi menjadi seperti tv presenter favoritmu, yang bisa bawain acara dengan asyik, percaya diri, dan bisa membuat kagum mereka yang menonton.

“Bisa gak, ya?” Jelas bisa dong!

Pada M-Talks Public Speaking kali ini, Rumah Millennials menghadirkan Caesar Gunawan, seorang TV Presenter dan Radio Announcer, buat bagi – bagi ilmu dan pengalamannya soal “Catch Your Uniqueness When Speaking on Camera” atau tunjukan keunikanmu saat berbicara di depan kamera. Dipandu oleh anggota bidang public speaking Rumah Millennials Neisya Aulia sebagai moderator, acara ini berlangsung pada Minggu 30 Agustus 2020 via Zoom.

Dasar untuk menjadi seorang TV Presenter adalah menguasai seni berbicara di depan umum atau biasa disebut public speaking. Public Speaking adalah induk dari keterampilan dalam berbicara, jika menguasainya maka akan semakin baik pula keterampilan dalam bertutur di depan orang banyak. Salah satu profesi dalam karir di bidang public speaking adalah menjadi pembawa acara televisi.

Menurut Caesar, peluang untuk menjadi TV Presenter saat ini terbuka lebar terlebih lagi dengan adanya teknologi digital seperti media sosial dan perangkat smartphone yang memiliki kualitas kamera yang bagus. Dengan kamera smartphone, kamu bisa melatih dirimu untuk tampil percaya diri saat berbicara di depan kamera, atau tampil sebagai pembawa konten di media sosial seperti YouTube atau Instagram TV.

Akan tetapi, agar audience menyukai cara kamu membawakan konten sampai akhirnya mengantarkanmu menjadi TV Presenter, kamu harus menjadi unik dan otentik. Artinya, tunjukan ciri khasmu, yang membedakanmu dengan orang lain. Bagaimana caranya?

Caesar memberikan 5 good steps agar kamu bisa menjadi seorang TV Presenter yang percaya diri dan unik.

1. Memahami Keunikan Pada Diri Sendiri

Mereka yang tampil di TV, apapun acaranya memiliki keunikannya masing – masing. Yang harus kamu lakukan adalah mengenali dirimu lebih dalam agar kamu tahu apa keunikanmu, lalu terus mengembangkannya. Ciri khas dirimu datang dari dirimu sendiri, jadi kamu tidak perlu menjadi orang lain. Keunikan itu bisa menjadi muka yang khas, suara yang khas, cara membawakan acara yang lucu, dan masih banyak lagi. Kalau kamu yakin itu kekuatanmu, terus kembangkan dan latih.

2. Good Looking atau Good Performance

Pada kenyataanya, mereka yang tampil di depan televisi adalah yang mengesampingkan penampilan fisik. Beberapa dari mereka awalnya biasa saja, tidak terlalu cantik/ganteng, tetapi karena terus meningkatkan kualitas diri dan melakukan grooming yang tepat pada penampilannya seperti gaya rambut, pakaian, dan make-up, jadilah terlihat cantik/ganteng di depan kamera.

Tenang saja, tidak semua TV Presenter itu harus memiliki fisik yang rupawan, pembawa acara hiburan seperti komedi banyak juga yang biasa – biasa saja tapi tetap bisa menjadi TV Presenter. Jadi jangan minder dengan fisik kamu, yang terpenting kamu bisa meningkatkan kualitas fisik dan berdandan secara tepat.

3. Good Knowledge

Penting bagi kamu untuk memperluas wawasanmu dengan cara banyak membaca, berdiskusi, dan menonton. Saat kamu tampil jadi TV Presenter, masa iya saat ditanya oleh narasumber atau produser, kamu jawab tidak tahu?

Seorang TV Presenter juga harus tahu informasi seperti siapa yang diberitakan, apa yang diberitakan, dan tentang apa yang diberitakan. Tidak perlu rinci, tapi paling tidak gambaran besarnya kamu paham. Orang yang memiliki wawasan, jelas memiliki nilai lebih.

4. Good Personality

Kalau kamu kedapatan untuk mewawancarai seorang narasumber baik yang sudah direncanakan maupun tiba – tiba, jika kamu tidak memiliki persona yang baik, sulit bagimu membawakan wawancara dengan asyik di depan kamera.

Caesar mencontohkan saat wawancara penyanyi dan aktor Hollywood, Hailee Steinfeld. Saat itu, Hailee baru sampai di Jakarta pagi hari dan tampil di salah satu acara TV Swasta malam harinya. Caesar yang menjadi TV Presenter saat itu sedikit gugup karena Hailee ternyata pendiam dan duduk di pojokan tanpa interaksi. Untuk mencarikan suasana, Caesar menghamipir Hailee, memperkenalkan diri dan langsung bertanya “Gimana film kamu?”. Hailee sedikit terkejut, lalu memberi respon “Oh maksud kamu Bumble Bee?”.

Dari situlah tumbuh keakraban antara Caesar dan Hailee, mereka ngobrol seperti teman lama yang baru bertemu lagi. Chemistry ini terbawa sampai ke on air dan menghasilkan satu TV show yang luar biasa.

Seperti itulah contoh TV Presenter yang memiliki good personality.

5. Good Technique

Caesar melatih teknik public speaking secara otodidak, karena dia bukan lulusan broadcasting atau komunikasi, melainkan lulusan hukum. Sambil berlatih, dia terus mencoba berbagai macam peluang, dan terus mencoba walaupun gagal dalam casting.

Caesar juga belajar dari orang lain, dengan mengamati TV Presenter yang sudah ada. Tidak perlu menjadi orang lain, cukup amati yang menarik, tiru yang paling bagus, lalu modifikasi agar sesuai dengan gayamu.

Itulah 5 good steps dari Caesar Gunawan buat kamu yang berminat untuk menjadi seorang TV Presenter, atau menjadi host bagi kontenmu sendiri di media sosial. Berlatih, mencoba, ambil peluang, evaluasi, dan coba lagi terus sampai kamu benar – benar terbiasa berbicara di depan kamera. Dengan begitu, kamu semakin akrab dengan kamera dan tidak lagi merasa canggung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *