[Press Release] Najwa Shihab: Banyak Orang Salah Sangka, Passion Dikira Wangsit

Jakarta – RumahMillennials.com | Mencari peluang bisnis tentu bukan hal yang baru. Apalagi di kondisi dengan banyak keterbatasan seperti sekarang, memulai bisnis baru pastinya semakin menantang. Saat-saat seperti ini kita semua dituntut untuk mengeksplorasi kreativitas kita dalam beradaptasi agar bisa mendapatkan penghasilan di tengah situasi yang sulit saat ini.

Jurnalis senior sekaligus Co-Founder Narasi, Najwa Shihab, bercerita kepada Podkesmas soal pentingnya mencari peluang yang tepat buat memulai ide usaha dan banyak melakukan brainstorming. “Sampai pada satu titik, kita itu memang harus pinter-pinter nyari peluang, tapi bukan berarti dengan mudah berganti. Tapi juga jangan membatasi diri. Kita harus berangkat dari sesuatu yang kita pahami atau minimal kita cintai, karena dari situ, kita gak akan asal, bukan terjun sana-sini. Berangkat dari sesuatu yang kita tahu, kita penasaran banget, suatu problem yang bisa diselesaiin dengan cara ini nih. Jadi berangkat dari concern, gak bisa ujug-ujug, mau melakukan sesuatu yang gak ada awal mulanya.”

Najwa menambahkan, menemukan passion tidak semudah mencari wangsit tapi harus dilakukan dengan tekun. “Banyak orang yang suka salah sangka, passion kayak wangsit gitu. Padahal passion itu sebenarnya merawat ketertarikan pada hal kecil. Jadi kalo lo telaten, cari tahu, misalnya hal yang tadinya lo anggep gak biasa tapi lo suka, terus lo belajar banyak, lo baca, lo tanya orang. Jadi lo rawat ketertarikan itu sampai akhirnya jadi passion. Menurut gue ngikutin tren bukan berarti latah atau plek-ketiplek,” kata Najwa kepada Podkesmas di Playfest Series: Podcast Day.

Playfest series kembali hadir untuk ke-2 kalinya dengan tema ‘Podcast Day’. Mengangkat pilar “Ideas”, rangkaian Playfest kali ini diadakan dengan konsep podcast huddle dengan beberapa tema, antara lain Good Food or Good Mood?, Back in the Fundamentals, Make Local Great Again, dan Standing in the Gap. Menghadirkan para kreator podcast, audiens mendapat berbagai ide, inspirasi, juga pengalaman yang dibagikan langsung oleh para podcaster untuk melihat peluang dalam berbisnis dan berkarya di dunia kreatif. Playfest Series: Podcast Day merupakan kolaborasi antara Narasi dan Wirausaha Muda Mandiri yang digelar untuk mendorong tumbuhnya jiwa wirausaha anak muda di Indonesia.

Anka dan Esha, podcaster Obrolan BABIBU, menjelaskan berbagai peluang dari perspektif sepak terjang mereka sebagai podcaster. “Siapa sih yang sangka dunia podcast di Indonesia bisa amat sangat berkembang. Dari dua tahun lalu, kita masih ngeraba-raba podcast bakal kayak apa. Waktu kita bikin podcast tanpa mengharap apa-apa, sambil melihat peluang yang ada di depan sana.”

Bukan hanya membahas berbagai peluang bagi generasi muda, Playfest Series: Podcast Day juga mengulas tentang hal-hal esensial bisnis yang sukses. Sabda PS, Chief Education Officer Zenius Education, dalam sesi Back in the Fundamentals menceritakan pentingnya integritas dalam menjalani sebuah bisnis. “Yang paling menurut gue itu satu, para businessman itu kalau bisa understand the externalities of what they do. Harus bener-bener ngeh apa impact-nya terhadap masyarakat, sekitarnya. Preferensi gue pribadi, gue prefer bisnis yang punya integritas.” Sementara itu, Githa Nafeeza, Founder sekaligus CEO Hachi Group, mengungkapkan pentingnya media sosial dalam mengembangkan sebuah bisnis. “The power of social media. That’s the key, man. Rajin-rajin yang namanya posting di Instagram, terus juga lu ngiklan di Instagram. Itu geber di situ aja.”

Beberapa pengisi acara yang hadir antara lain: Podkesmas, KinosGina, Obrolan Babibu, Thirty Days Of Lunch, Najwa Shihab, Githa Nafeeza (Founder/CEO Hachi Group), dan Sabda PS (Chief Education Officer Zenius Education). Playfest Series merupakan rangkaian pre-event Playfest yang akan digelar pada 20 September 2020 mendatang. Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang digelar secara offline, kali ini Playfest hadir secara online. Meski berpindah platform, Playfest 2020 tetap mengusung semangat menjadi ekosistem kreatif dengan 3 pilar utama: ideas, art, dan entertainment. Pastikan untuk terus mengikuti informasi terbarunya di akun Instagram & Twitter @playfestnarasi, serta laman situs playfest.narasi.tv.

Tentang Narasi

Narasi adalah media berbasis digital dengan visi memberdayakan ruang untuk berpendapat, memperkaya perspektif, dan mendorong terciptanya gerakan untuk membentuk generasi yang lebih baik. Melalui pilar Konten, Komunitas dan Kolaborasi, Narasi mewujudkan visi tersebut dengan membuat konten-konten berbasis jurnalisme kreatif, manajemen komunitas, off-air event, juga kolaborasi dengan para kreator konten berbakat.

Audi Rahmantio

Journalist and Publication Coordinator at Rumah Millennials The man who love to share about interesting and unique story of Indonesia as well as youth development through youth organization community. Currently, Audi started his career as public speaker in radio and being freelance MC and Moderator for several events

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close