Tetap Relevan Dan Bertahan Dalam Menghadapi Tantangan Dan Cobaan Hidup Itu Mudah!

Bekasi – RumahMillennials.com | Setiap orang dilahirkan dengan alasan masing – masing sesuai dengan ketetapan Tuhan Yang Maha Esa. Tuhan tidak menciptakan manusia tanpa tujuan dan maksud tertentu, karena Dia adalah Tuhan Yang Maha Mengetahui lebih dari apapun dan siapapun di dunia ini. Manusialah yang memiliki tugas untuk mencari alasan mengapa Tuhan memilih dia untuk lahir di dunia ini, dan apa sebenarnya tujuan hidupnya.

Dengan menemukan tujuan hidup, kita akan menjalani hidup menuju arah yang lebih jelas. Menjalani suatu aktivitas seperti bekerja, belajar, dan berkontribusi ke masyarakat sesuai dengan tujuan hidup itu. Sehingga, apapun perubahan yang terjadi di dunia ini, hidup kita tetap relevan dengan berpegang pada tujuan dan alasan kita dihadirkan oleh Tuhan di dunia ini.

Membahas soal “How To Be Relevant As An Individual”, Rumah Millennials, Limitless Co, dan Terang Jakarta kembali berkolaborasi dengan mengadakan webinar #C-LevelTalk edisi kedua bersama Willy Saelan, Direktur Human Resouce Unilever Indonesia dan Rene Soehardono, Founder Limitless Co sebagai moderator pada Minggu 5 Juli 2020.

Seperti yang dijelaskan di atas, menemukan tujuan hidup penting agar kita menjalani keseharian dengan arah yang jelas sehingga tetap bisa relevan dengan segala perubahan dan tidak stress. Menurut Willy, menemukan visi dan misi hidup itu, perlu proses panjang dan setiap orang memiliki proses yang berbeda – beda. Tidak ada satu pun orang yang dari kecil secara otomatis sudah tahu apa visi, misi, dan tujuan hidupnya.

Wily sendiri memiliki tujuan menginspirasi orang lain, changing life in every turn, dan meninggalkan legacy di “garis finish”. Menginspirasi orang lain artinya apa saja yang Willy lakukan, ingin memberikan inspirasi pada orang lain yang melihat ataupun mendengarnya. Changing life in every turn, maksudnya apakah dengan melakukan suatu hal, ini bisa membuat hidup orang lebih baik. Terakhir meninggalkan legacy saat di “garis finish”, bagaimana Willy diingat oleh orang lain saat meninggal, dan legacy apa yang bisa ditinggalkan lalu diteruskan ke generasi selanjutnya.

Akan tetapi, terkadang tantangan dan cobaan hidup membuat kita menjadi stress dan kehilangan arah. Willy mengingatkan untuk tetap mensyukuri hal – hal kecil dalam hidup kita meskipun sedang dalam keadaan sulit. Contohnya, Willy bersyukur di tengah – tengah pandemi covid-19 selama 3 bulan terakhir ini, untuk pertama kalinya dia bisa buka puasa di rumah bersama keluarganya selama 30 hari di bulan Ramadhan kemarin, dan shalat Tarawih bersama. Ketika bersyukur dengan hal – hal kecil, semuanya akan datang pada waktu dan tempatnya.

Kemudian, untuk menemukan visi, misi, dan tujuan hidup, Willy memberikan tips agar membuka paradigma seluas – luasnya, karena bisa jadi ada sisi yang tidak kita ketahui atau terlewatkan. Setiap kali ada kejadian, daripada memberikan respon secara spontan, ambil jeda dulu baru bereaksi. Kemudian, buka paradigma, dan lihat hikmah di balik bencana ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *