Mau Kualitas Dirimu Lebih Baik? Tingkatkan Kemampuan Komunikasi!

Jakarta – RumahMillennials.com | Selama bulan Ramadhan, Rumah Millenials hadir untuk memberikan sharing session online. Sharing online ini telah dilaksanakan dari 28 April hingga 19 Mei 2020 dengan menghadirkan lebih dari 49 pembicara serta moderator. Bertajuk Ngobrol Bareng Ramadhan Siblings Rumah Millenials, kali ini menghadirkan pembicara handal yaitu Arih Budi Utomo yang merupakan Executive Director Tantowi Yahya Public Speaking School dan dipandu oleh Tri Novia selaku Ketua Bidang (Kabid) Public Speaking Rumah Millennials, yang berlangsung pada hari Sabtu (9/5/2020).

Menurut Arih, komunikasi sangatlah penting dalam menyampaikan pesan dalam kehidupan sehari-hari. Sebelum masuk ke topik utama, Arih memberikan kuesioner menggunakan aplikasi mentimeter yang bertujuan untuk mengetahui keluhan audience terhadap komunikasinya masing-masing. Melalui lima pertanyaan dari kuesioner, dapat disimpulkan bahwa permasalahan utama audience dalam menyampaikan informasi adalah tentang kepercayaan diri.

Arih menjelaskan pentingnya kepercayaan diri dalam berkomunikasi merupakan poin dasar dan utama sebelum menyampaikan informasi. Dengan percaya diri akan mampu memberikan power untuk tetap berani dalam menyampaikan informasi melalui komunikasi. Setelah kepercayaan diri dibangun, barulah kamu bisa menciptakan pola komunikasi yang baik. Ada tiga tips pola komunikasi yang dapat mempengaruhi serta meyakinkan orang lain yaitu pertama, tentukan tujuanmu dalam menyampaikan informasi tersebut secara detail. Kedua, buatlah intonasi suara serta gaya bahasa tubuh yang menunjukkan antusias ketika sedang berbicara, dan terakhir yaitu harus merasa memiliki keahlian tertentu agar terlihat elegan.

Dari pemaparan sharing online kali ini, tentunya kita sebagai generasi millennials harus terus berlatih untuk mampu percaya diri dan berani tampil berbicara di depan umum. Sebab kualitas seseorang akan dilihat dari kualitas komunikasinya. Jadi, yuk tingkatkan personal brandingmu melalui kemampuan public speaking!

Wulan Sari Puspita Ningrum

Sibling of Rumah Millenial & Geology's Student in Universitas Pertamina Interested with journalist, disaster management, and enviromental issues especially peatland fires

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RM Informations

Press Release
Future Destination
Community Ambassador (soon)
Next Event (soon)
RM Campus Network
RM Community (soon)
RM Contributor (soon)
RM Development (soon)
Archive

Press ESC to close