Belum Biasa Sama Work From Home? Begini Caranya Biar Kamu Tetap Produktif

Jakarta – RumahMillennials.com | Wabah Covid 19 memaksa para pekerja professional untuk work from home alias kerja di rumah. Hal ini sehubungan imbauan pemerintah agar masyarakat tetap di rumah, jangan keluar rumah kalau tidak mendesak, dan lakukan segala aktivitas di rumah seperti bekerja, belajar, dan beribadah.

Lalu bagaimana bisa produktif dan efektif saat work from home?

Sebenarnya work from home bukanlah hal baru. Pernah denger istilah kerja remote? Nah kurang lebih sama dengan work from home, yang intinya kerjanya gak di kantor tapi bisa dimana aja termasuk di rumah. Kerja remote ini populer semenjak perkembangan teknologi digital berkembang pesat dalam lima tahun terakhir, yang memungkinkan pekerja melakukan pekerjaannya dengan modal laptop, smartphone, dan internet.

Meski begitu, bagi sebagian besar orang yang biasa kerja di kantor, kerja remote seperti ini merupakan hal baru yang butuh adaptasi. Maka dari itu, Ranitya Nurlita selaku Ketua Bidang Lingkungan Hidup Rumah Millennials berbagi kiat bagaimana work from home dengan memanfaatkan teknologi terkini dalam sesi Millennials Enlightment atau Millea.

Lita yang merupakan salah satu karyawan dari perusahaan Thailand, sudah biasa dengan kerja remote dengan laptop, smartphone, dan internet cepat sebagai kantornya. Tidak hanya di rumah, Lita bisa bekerja dimanapun dan dalam keadaan apapun, seperti dia pernah bekerja saat di tengah – tengah penerbangan dari Barcelona menuju Jakarta, dia juga pernah kerja di pinggir sawah, dan pernah kerja saat berada di pinggir pantai. Selama ada laptopnya, dia bisa tetap bekerja dan berkoordinasi dengan timnya melalui sambungan internet. Sekarang, Lita bekerja dari rumahnya di kampung seiring imbauan untuk tetap di rumah akibat wabah virus corona.

Sebagai pekerja remote, Lita tetap memiliki jam kerja dengan durasi 8 jam per hari. Jadi saat masuk jam kantor dia harus stand by di depan laptop dan berkomitmen dengan pekerjaanya. Sebelum kerja, Lita sudah membuat to do list agar tahu apa yang harus dilakukan dalam satu hari sehingga bisa report di akhir minggu. Ini juga bisa dilakukan oleh kamu yang saat ini work from home yakni membuat to do list tentang apa saja yang ingin kamu kerjakan dalam satu hari ini agar bisa menjaga produktivitas kamu.

Kemudian, Lita sudah familiar dengan aplikasi dan software untuk membantunya dalam bekerja seperti memakai Trello, Zoho, LeanStack, Google Drive, Skype, dan Zoom. Untuk menyimpan data – data penting yang berhubungan dengan pekerjaan, Lita menggunakan Google Drive. Untuk meeting dalam jumlah banyak dengan kualitas video yang bagus, biasanya menggunakan Zoom. Aplikasi ini juga yang tengah populer saat ini karena sering dipakai untuk webinar selama karantina mandiri. Kamu bisa cari tahu lebih dalam tentang aplikasi – aplikasi tersebut, atau kamu juga bisa aplikasi lain yang lebih cocok untukmu. Intinya, banyak sekali aplikasi dan software yang bisa membantumu dalam bekerja di rumah, tinggal kamu pilih mana yang cocok.

Dengan work from home, beberapa keuntungan yang bisa kamu ambil yaitu kamu jadi lebih dekat dengan keluarga. Kalau biasanya kamu menghabiskan waktu sebagian besar di luar rumah, kini bisa lebih dekat dengan keluarga setelah selesai kerja, karena kamu gak habis waktu di jalan pulang-pergi kantor, dan gak ada lembur yang memaksamu pulang larut malam. Work from home juga melatihmu untuk mandiri dan disiplin terhadap diri sendiri, karena semuanya kamu yang atur untuk dirimu. Kalau kantormu mewajibkanmu stand by di jam – jam tertentu berarti kamu harus menyelesaikan aktivitas di rumah sebelum jam kantor dan bisa melanjutkannya setelah kerja. Jangan lupa komunikasikan kepada orang – orang di rumah kalau kamu sedang bekerja jadi tidak bisa diganggu.

Wabah covid 19 ini memang memaksa semua orang untuk berinovasi dalam bekerja dengan menggunakan teknologi terkini. Jika sebelumnya banyak yang meragukan akan produktivitas kerja remote kini semua dipaksa kerja remote sehingga ada kemungkinan budaya kerja setelah wabah ini selesai berubah.

Sobat millennials bisa dapat banyak tips – tips produktif selama di rumah dan bagaimana efektif selama work from home dengan menonton video – video di channel YouTube Rumah Millennials. Ketua – ketua bidang dan siblings Rumah Millennials masing – masing telah berbagi kiat – kiat bagaimana tetap produktif selama #dirumahaja, yang bisa menjadi referensimu.

2 Comments

  1. Benar, new normal mulai berlaku. Siap atau tidak, kita harus menyesuaikan diri. Tidak ada yang abadi kecuali perubahan. Terima kasih sharingnya, telah memberi semangat baru

    1. Audi Rahmantio
      Author

      Terima kasih juga sudah mau membaca, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *