Yuk Mulai Bangun Hidup Sehat Dengan Ganti Pola Makan 4 Sehat 5 Sempurna Menjadi Isi Piringku!

Jakarta – RumahMillennials.com | Dalam acara Nutricamp Annual Media Gathering oleh Nutrifood, Mochamad Aldis Rusliadi selaku Head of Health Committee Nutrifood, memberikan pemaparan materi dalam Nutriclass dengan tema “Discovery Trending Diet”, di restoran Bavarian Haus Puncak, Kabupaten Bogor Sabtu 27 Februari 2020.

Menurut Aldis, apapun yang jadi penyakit dalam tubuh, sebagian besar berasal dari makanan. Maka dari itu, penting sekali untuk memilah dan memilih makanan yang kita konsumsi. Di samping itu, penting juga melakukan medical check up agar kita mengetahui kondisi tubuh sehingga apabila terjadi sesuatu bisa langsung melakukan penanganan.

Aldis menganjurkan agar memulai hidup sehat dengan berkomitmen mengatur pola makan, mengikuti kosep ‘Isi Piringku’ yang juga diadaptasi oleh Kementrian Kesehatan menggantikan konsep 4 sehat 5 sempurna yang sudah tidak lagi relevan. Konsep ‘Isi Piringku’ sendiri, mengandung komposisi dalam satu piring terdapat karbohidrat yang sepertiga dari piring. Lalu buah – buahan, sayuran, dan lauk pauk. Kalau buah – buahan tidak ada, bisa diisi dengan sayuran setengah piring.

Selain itu, kita perlu membatasi asupan gula, garam, lemak per hari untuk makanan ringan. Lebih rincinya, gula 50 gram setara dengan 4 sendok makan gula, garam 5 gram setara dengan 1 sendok teh garam, minyak 67 gram setara dengan 5 sendok makan.

Bagi Sobat Millennials yang masih mahasiswa ataupun karyawan kantoran yang tinggal di indekos tapi mau hidup sehat dengan biaya murah, jadilah smart eater dengan memilih makanan yang lebih sehat dari biasanya. Misalnya kamu makan di warteg, kamu bisa isi piringmu dengan setengah nasi lalu sayuran seperti kangkung, urap, atau cap cay, kemudian lauknya bisa pakai ikan.

Meski begitu, buat sobat millennials yang hobi ngemil, tenang aja kamu tetap bisa ngemil bahkan disarankan. Kamu bisa menjadikan buah – buahan seperti kurma atau jeruk sebagai cemilan. Untuk gorengan, cukup konsumsi satu atau dua saja per hari.

Tantangan untuk memulai hidup sehat dari pola makan menurut Aldis adalah membangun kebiasaan dan kesadaran dalam mengubah mindset. Maka dari itu, disarankan agar mengubahnya secara pelan – pelan sehingga tubuh kita tidak kaget dan akan terbiasa bila dilakukan secara konsisten.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *